Connect with us

Kabar Kampar

Tanpa Penolakan Warga, Tim Gugus Covid Kampar Makamkan PDP Covid-19 di Gunung Sahilan

Published

on

Bekawan.com – Tim Gugus Tugas Percepatan penanggulangan Covid-19 Kabupaten Kampar memakamkan seorang warga Gunung Sahilan dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Senin (27/4/2020).

Kadinkes Kampar Dedy Sambudi SKM.MKes yang ikut dalam prosesi pemakaman menyebut bahwa pasien berinisial R (51) berjenis laki-laki, Warga Kecamatan Gunung Sahilan ini dilakukan dengan protokol kesehatan berjalan lancar tanpa ada penolakan dari warga sekitar.

Petugas medis dari Tim gugus tugas Penanggulangan covid-19 Kampar melakukan persiapan pemakaman PDP di Gunung Sahilan.

“Alhamdulillah prosesi berjalan dengan lancar, tak ada hambatan dari warga sekitar. Dimakamkan di pemakaman umum. Sebelumnya pasien yang meninggal dunia ini sedianya dimakamkan oleh tim medis dari rumah sakit tempat korban dirawat, namun karena tadi malam hujan, kita juga kasihan melihat tim medis dari RS yang sudah terlalu lama menggunakan APD, makanya kita inisiatif untuk mengambil alih pemakamannya, dengan protokol kesehatan sebagaimana mestinya,” terang Dedy Senin sore.

Kadinkes Kampar Dedy Sambudi SKM MKes bersama rombongan memantau langsung pemakaman PDP covid-19 di Gunung Sahilan.

Kadinkes Kampar mengungkapkan bahwa pasien yang meninggal dunia sebelumnya di rawat disalah satu rumah sakit di Pekanbaru.

“Dirawat sekitar seminggu. Namun pasien ini meninggal dunia sedangkan swapnya masih belum keluar,” terang Dedy.

Lokasi pemakaman Pasien Dalam Pemantauan (PDP) yang meninggal dunia.

Berdasarkan data terakhir, Dedy Sambudi mengungkapkan hingga Senin (27/4/2020) sudah ada 9 pasien yang telah dimakamkan. Ia juga mengungkapkan bahwa saat ini Pemda Kampar tengah berinisiatif untuk menjadikan salah satu tanah Pemda untuk makam pasien covid 19.

“PDP yang telah meninggal dunia sekitar 9 orang. Kita tengah melakukan kajian tanah Pemda yang bisa kita jadikan makam untuk korban virus corona ini,” jelasnya.

Continue Reading

Kabar Kampar

Optimalkan Kinerja Pengawasan, Bawaslu Kampar Gelar Sosialisasi Bagi Panwaslu Kecamatan

Published

on

Ketua Bawaslu Kampar Syawir Abdullah diapit Kordiv Hukum Bawaslu Amin Hidayat dan Narasumber saat membuka sosialisasi. Foto: Zulfadli/Bekawan.com

Bekawan.com – Dalam rangka mengoptimalkan kinerja pengawasan di tingkat kecamatan pada pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 mendatang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kampar menggelar sosialisasi peraturan pengawasan Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024 bagi Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Kampar, Sabtu (26/11/2022).

Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 26 sampai 27 November 2024 di Labersa Grand Hotel ini dibuka oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Kampar, Syawir Abdullah.

Dalam sambutannya, Sawir menyampaikan bahwa Bawaslu merupakan lembaga berjenjang, mulai dari pengawasan ataupun instruksi dari pusat sampai ke tingkat yang paling bawah.

Syawir menyampaikan bahwa saat ini Panwaslu Kecamatan belum punya kemampuan dalam pengambilan keputusan, oleh karena itu Bawaslu Kampar memberikan pelatihan dan sosialisasi atau Bimtek kepada Panwaslu Kecamatan dengan tujuan agar Panwaslu Kecamatan dapat memahami aturan dalam Kepemiluan ini.

“Intinya dengan kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan pemahaman kepada Panwaslu Kecamatan dengan menghadirkan narasumber yang berkualitas,” tegasnya.

Syawir juga menegaskan tentang pelaksanaan pencegahan dan pengawasan merupakan tanggung jawab Pengawas Pemilu sebagai penyelenggara Pemilu.

Kegiatan sosialisasi peraturan pengawasan Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024 bagi Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Kampar ini juga menghadirkan dua orang narasumber yaitu Neil Antariksa, Anggota Bawaslu Provinsi Riau periode 2017-2022 dan Junaidi, SH, MH, Dosen Hukum Tata Negara Universitas Riau.

Sementara itu Amin Hidayat, Anggota Bawaslu Kampar selaku Kordiv Hukum dan Penyelesaian Sengketa menyebutkan tentang tugas-tugas pengawasan.

“Tugas kita dalam pengawasan saat ini cukup berat , tidak seperti tugas pengawasan Pemilu sebelumnya seperti pada tahapan kampanye Peserta Pemilu juga kampanye Capres dan Cawapres,” tegas Amin.

Amin juga mengharapkan agar Panwaslu Kecamatan agar saling berkoordinasi dalam hal tugas-tugas pengawasan pelaksanaan tahapan Pemilu tahun 2024.

Continue Reading

Kabar Kampar

Ketua MPD PKS Kampar H. Fahmil Dt. Sati Nan Tuo Apresiasi Lomba Baca Kitab Kuning

Published

on

Ketua MPD PKS  Kampar Fahmil SE, ME. foto : Aldi/Bekawan.com

Bekawan.com – Ketua Majelis Pertimbangan Majelis Pertimbangan Dewan (MPD) PKS Kampar. H. Fahmil SE ME, Dt. Sati Nan Tuo mengapresiasi Lomba Baca Kitab Kuning yang merupakan kegiatan tahunan Fraksi PKS Kampar, Fahmil berharap kegiatan tersebut menyemangati para Santri dan negeri ini untuk meningkatkan kwalitas ilmu, amal dan wawasan mereka, dengan meningkatkan minat baca.

“Kegiatan ini merupakan bentuk meneladani ulama-ulama pendiri bangsa, agar Santri generasi milenial bisa lebih berkontribusi dalam mencintai peradaban dan berkontribusi membangun negeri lebih baik lagi,” ungkap Fahml.

Pernyataan tersebut disampaikan Fahmil Dt. Sati Nan Tuo setelah pembukaan lomba baca kitab kuning yang dilaksanakan di Kantor DPD PKS Kampar Jl. Sudirman, Sabtu (26/11/2022).

Wakil Ketua DPRD Kampar ini menyebut pelaksanaan lomba baca kitab kuning yang digelar oleh Fraksi PKS ini bisa menyemangati para santri, sekaligus menjadi ajang silaturahmi antar pesantren dan santri, karena peserta lomba yang juga dikenal dengan kitab gundul ini datang dari beragam latar belakang pesantren yang berbeda-beda di Kabupaten Kampar.

Para peserta lomba baca kitab kuning. Foto : PKS/Bekawan.com

Fahmil juga berharap kegiatan yang diikuti 80 orang ini menjadi wasilah untuk mendekatkan para Santri milenial dengan Para Ulama dan Kitab klasik mereka, seperti Kitab Fathul Muin yang dilombakan, dan merupakan karya populer di Pesantren.

“Lomba ini memotivasi kita semua terkhusus para Santri bersemangat belajar, membaca dan berlomba dalam kebaikan, buktinya, lomba ini mendapat sambutan yang luar biasa dari kalangan pesantren, jumlah peserta terus bertambah setiap tahunnya. Latar belakang pesantren yang ikut juga semakin beragam,” ungkap Datuok Sati Nan Tuo.

Melalui kegiatan ini lanjutnya, menunjukkan bahwa PKS selaku partai politik Islam tidak hanya hadir menjelang pemilu, dan tidak hanya mengurusi masalah kekuasaan, tetapi juga selalu hadir menemui warga dengan berbagai kegiatan seperti lomba baca kitab kuning.

“Untuk meningkatkan kualitas berakhlak berilmu dan berwawasan luas bagi para santri. Agar mereka juga mempunyai wawasan kesejarahan, keummatan dan kebangsaan secara baik dan benar,” pungkas Fahmil.

Continue Reading

Kabar Kampar

DPKBP3A Kampar Terus Lakukan Pencegahan dan Pemulihan Terhadap Anak Korban Kekerasan

Published

on

Kepala DPPKBP3A Kampar Edi Afrizal. Foto : Aldi/Bekawan.com

Bekawan.com – Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Kampar terus berupaya untuk melakukan pencegahan dan pemulihan Kekerasan terhadap Anak di Kampar.

Salah satunya melalui program Pelopor dan Pelapor (2P) dan juga Forum Anak. Dimana, bagi anak anak yang tergabung dalam Forum anak bisa dapat berkreasi dan juga berkontribusi untuk membangun daerah.

“Adapun program Pelopor dan Pelapor (2P), tentunya bisa di wujudkan dalam pemenuhan dan perlindungan anak anak,
Kita berharap nanti, kepada anak anak yang tergabung dalam forum anak dapat berkreasi dan berkontribusi untuk membangun daerah ini,” kata Kadis PPKBP3A, Edi Afrizal saat dikonfirmasi diruang kerjanya, Selasa (25/11/2022).

Dalam keterangannya, Kadis Edi Afrizal menyebut saat sekarang anak anak banyak mendapat kekerasan, untuk itu perlu ditanggapi secepatnya, hal ini di wujudkan dalam pemulihan bagi anak yang mendapat kekerasan tersebut, salah satunya adalah Forum anak,” beber Edi Afrizal.

Ia juga berharap, dengan terpilihnya duta anak bisa ditingkatkan ketingkat Nasional dan Internasional.

“Dengan terpilihnya duta anak kali ini, hendaknya bisa kita tingkatkan ke tingkat nasional bahkan internasional dan juga mensosialisasikan program 2P,” ucap Edi.

Ia berharap kedepannya P2 dan forum anak bisa membawa anak Kampar kearah yang lebih baik lagi, sehingga bisa mengharumkan nama Kampar sampai ke tingkat nasional nantinya.

Continue Reading

Trending