Connect with us

Hiburan

Kondisi Candi Muara Takus kian Memprihatinkan

Published

on

Bekawan.com – Kondisi Candi Muara Takus yang merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang terletak di Desa Muara Takus Kecamatan XIII Koto Kampar, #Kabupaten #Kampar, #Riau kian memprihatinkan.

Bangunan penunjang situs Purbakala berbentuk candi satu-satunya di Provinsi Riau ini terlihat mengalami kerusakan diberbagai sudut, parahnya lagi keadaan ini semakin di perburuk oleh banyaknya ternak yang berkeliaran di kawasan perkarangan Candi Muara Takus.

Beberapa ekor kerbau terlihat berkeliaran di kawasan candi, bahkan menjadi penghuni bangunan seperti pusat jajanan oleh-oleh yang tak terurus.

Hampir 30 ekor kerbau setiap harinya menjadi “pengunjung” tetap di candi yang pembangunannya masih menuai perdebatan para ahli sejarah ini.

Salah seorang pengunjung, Azmi mengatakan bahwa keberadaan ternak di kawasan Candi Muara Takus sangat di sayangkan, namun menurutnya keberadaan hewan kerbau ini sebetulnya bisa menjadi salah satu daya tarik tersendiri apabila dapat di manfaatkan dengan baik dan dikelola dengan baik.

“Sebetulnya apabila pengelola Candi Muara Takus dapat bekerja sama dengan peternak, tentu nya hal yang selama ini mengganggu bisa berubah menjadi daya tarik, ditambah lagi hal itu tidak akan menimbulkan kerugian kepada salah satu pihak,” ungkapnya Jumat (29/5/2020).

Salah satu sudut kawasan Candi Muara Takus.

Selain mengganggu kenyamanan pengunjung, kotoran kerbau yang banyak terdapat di sepanjang jalan utama di kawasan komplek Candi juga sangat merusak pandangan mata.

Menyikapi hal ini, Kepala Bidang (Kabid) bagian pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar David Mahendra mengadakan rapat di Aula Kantor Desa Muara Takus dalam rangka membahas nasib Candi Muara Takus ke kedepannya, Jumat (29/5/2020).

Kabid David Mahendra memberi arahan dalam rapat membahas tempat wisata Candi Muara Takus.

Dalam kesempatan ini, Kabid Dinas pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar yang baru beberapa waktu yang lalu di lantik pun mengajak dan mengingatkan masyarakat desa Muara Takus untuk meningkatkan kesadaran dan pelayanan mengingat persaingan pariwisata di kabupaten Kampar yang semakin ketat.

“Sehingga apabila hal ini di biarkan maka candi Muara Takus akan terlupakan karena tidak memiliki daya tarik baru untuk menarik wisawatan. Candi Muara Takus memang sudah di kenal Nasional dan mendunia tapi hari ini minat pengunjung semakin turun karena tidak adanya daya tarik baru yang di tawarkan Candi Muara Takus,” ungkapnya.

Dalam rapat tersebut David juga mengajak masyarakat Desa Muara Takus memanfaatkan lahan disekitar kawasan candi untuk membuat dan mengembangkan tempat wisata baru sebagai penunjang agar Candi Muara Takus dapat bersaing di tengah bermunculan nya objek wisata baru di Kabupaten Kampar.

Continue Reading

Hiburan

Raih Suara Terbanyak, Komedian Komeng: Saya Lagi Ngopi di Senayan

Published

on

Komedian Komeng. Foto : IG_komengoriginal

Bekawan.com – Fenomena ikutnya Komedian Komeng di Pemilihan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Dapil Jawa Barat cukup menyita perhatian publik, mulai dari foto dirinya yang unik hingga meraih suara terbanyak.

Selain fenomena “suprise” karena tidak terdengar berkampanye, kemudian muncul di surat suara dengan foto unik, pemilik nama lengkap Alfiansyah Bustami ini juga berhasil mengocok perut netizen usai dugaan screenshot WA-nya dengan komedian Cing Abdel, dalam tangkapan layar obrolan Aplikasi WhatsApp itu, Abdel mengucapkan selamat atas banyaknya warganet yang ngaku milih Komeng.

Penampakan foto Komeng di surat suara DPD Dapil Jabar.

“Buset, gw nanya Twitter banyak yg milih lo pak, semoga beneran masuk Senayan, amin ,” tulis Abdel di pesan WA-nya ke Komeng.

Pesan itu langsung dibalas Komeng, “ini ane udah di Senayan Pa, Didaerah Patal, ngopi, Biar deket klo ada panggilan,” jawabnya.

Sontak postingan Cing Abdel di akun IG nya mendapatkan banyak komentar netizen. “Komeng menang, gedung DPR makin lawak,” komen galih mung*ar*n.

*Gimana guys.. bisa bayangkan gak gimana nanti tindak tanduk Komeng saat rapat di Senayan??!😅😅

Continue Reading

Hiburan

Lembah Harau, Lembah Indah yang Dulunya Diyakini Hamparan Laut

Published

on

Potret lembah Harau. Foto : Menparegraf
Continue Reading

Hiburan

Gelar HPN di Kampar Kiri Hulu, PWI Kampar Perkenalkan Bumi Perkemahan Ujung Bukit

Published

on

Bumi Perkemahan Ujung Bukit TBS. Foto : Ar/Bekawan.com

Bekawan.com – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kampar menggelar Peringatan HPN tingkat Kabupaten di Desa Tanjung Belit Selatan, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Sabtu (18/3/2023).

Di Hari Pers Nasional (HPN) 2023 ini, PWI Kampar ikut andil dalam memperkenalkan kawasan bumi perkemahan baru di Serantau Kampar yakni, Bumi Perkemahan Ujung Bukit Desa Tanjung Balet Selatan (TBS).

Ketua PWI Kampar Akhir Yani mengungkapkan komitmen PWI untuk menjadi motor penggerak publikasi wisata di Kabupaten Kampar, ia menyebut dipilihnya Kampar Kiri Hulu sebagai tempat penyelenggaraan HPN tingkat Kabupaten juga tak lepas dari berbagai pertimbangan termasuk aspek pariwisata.

“Jadi terimakasih kepada panitia HPN tingkat Kabupaten Kampar yang telah mempersiapkan acara, spesial nya untuk Pak Kades Tanjung Belit Selatan dan Pak Camat serta masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Kampar Kiri Hulu, Firdaus, S.Pd berharap kehadiran PWI Kampar dapat membantu memperkenalkan dan mengembangkan tempat wisata di daerahnya.

“Tanpa adanya media yang mempublikasikan, ini tidak bisa tidak bisa berkembang, karena masyarakat luas harus tahu disini ada bumi perkemahan, untuk itu kami berharap kerjasama yang baik antara PWI dan pengelola Pemerintahan desa semoga terus bisa bersinergi,” harapnya.

Continue Reading

Trending