Connect with us

Kabar Kampar

Kepala DKP Cokro Aminoto Sosialisasi Ocu Mapan di Radio

Published

on

Bekawan.com – Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kampar Ir H Cokroaminoto MM, melakukan sosialisasikan Program Optimalisasi Cara Untuk Mandiri Pangan (Ocu Mapan) di Radio RAMA FM 96,3 MHz, Rabu (8/7/2020).

Dalam acara tersebut Cokroaminoto mengupas tentang Program Ocu Mapan yang salah satu tujuannya untuk penanggulangan inflasi daerah dan menguatkan ekonomi masyarakat yang mandiri, terutama dari segi penguatan pangan keluarga.

“Ocu Mapan diambil dari istilah kita (Kampar,red), Ocu itu adalah sebutan atau panggilan di masyarakat Kampar. Mapan itu adalah situasi atau kondisi suatu keluarga yang sudah dapat memenuhi kebutuhan sendirinya, baik itu kebutuhan pokok, sehari-hari ataupun kebutuhan ekonominya, bahaso ocunya ughang baghado atau ughang kayo,” jelas Cokro.

Program Ocu Mapan, lanjut Cokro adalah bagaimana usaha untuk mengoptimalisasi potensi yang dimiliki oleh Masyarakat Kampar seperti potensi lahan, bisa berupa lahan pekarangan rumah, sekitar pekarangan, lahan kering, lahan sawah atau lahan kebun lainnya. Kemudian lahan perikanan, berupa kolam ikan serta juga lahan untuk beternak.

“Kita juga berusaha dalam mengoptimalisasi Sumber Daya Manusia (SDM), mengingat 800 ribu lebih masyarakat Kampar, yang bekerja di sektor pertanian sekitar 60%, mulai dari petani, Peternak, dan Perikanan. Kemudian SDM Aparatur Pemerintahan mulai dari dinas terkait, Camat, BPD, Kepala Desa dan Penyuluh Pertanian dilapangan, untuk terus meningkatkan atau mengoptimalkan kinerjanya demi kesejahteraan Masyarakat kita,” bebernya.

Mantan Kadis Lingkungan Hidup ini juga menjabarkan bahwa optimalisasi juga dilakukan dalam hal pemanfaatan teknologi, “sebagaimana kita ketahui dan kita maklumi, saat ini tersedia teknologi pertanian tepat guna, mulai dari teknologi benih yang banyak jenisnya dan berkualitas, kemudian pupuk begitu juga, cara bercocok tanam begitu juga, menanam dengan teknologi hidroponik misalnya dan lain sebagainya,” jelas Cokro.

“Bilamana ketiga hal ini kita lakukan optimalisasinya, Insyaallah akan terwujud MAPAN itu, yaitu “Mandiri Pangan”. Baik dalam bentuk sayur-sayuran, buah-buahan, palawija, jagung, kacang tanah, ikan, daging, telur dan lain sebagainya. Dan kita tidak akan mengeluarkan uang belanja lagi untuk kepasar dalam memenuhi kebutuhan pangan kita. Untuk itu mari kita sukseskan program Ocu Mapan ini,  salam Ocu  Mapan , mapan., mapan.., mapan…Yes,” pungkas Cokroaminoto.

Continue Reading

Kabar Kampar

Peduli Belajar Online, Golkar Kampar Sediakan Tempat Belajar dan Wi-fi Gratis

Published

on

Bekawan.com -Sebagai bentuk keprihatinan dan kepedulian terhadap kegiatan belajar dalam jaringan (Daring) atau online, Partai Golkar Kampar membuat terobosan dengan menyulap Gedung Sekretariat DPD II Golkar Kampar sebagai tempat belajar dengan dilengkapi fasilitas wi-fi gratis.

Ketua DPD II Golkar Kampar terpilih Repol S.Ag    mengungkapkan terobosan yang diberi nama Rumah Belajar Partai Golkar akan dilounching Senin 17 Agustus 2020 mendatang.

“InsyaAllah launching hari Senin 17 Agustus 2020,
Mulai efektif belajar hari selasa 18 agustus,” ungkap Repol Rabu (12/8/2020) malam.

Wakil Ketua DPRD Kampar ini mengajak kepada pelajar khususnya untuk wilayah Bangkinang Kota dan sekitarnya yang kesulitan belajar online atau membutuhkan jaringan internet untuk dapat memanfaatkan Rumah Belajar Golkar.

“Bagi anak-anak kami yang kesulitan belajar Daring, silahkan manfaatkan Rumah Belajar Golkar, rumah belajar untuk semua, di Jl. A.Yani Bangkinang Kota,” ajak Repol.

Continue Reading

Kabar Kampar

Kepala DKP Kampar Sosialisasi Ocu Mapan di Desa Gunung Bungsu

Published

on

 

Bekawan.com – Program Optimalisasi Cara untuk Mandiri Pangan atau yang lebih dikenal dengan singkatan Ocu Mapan, terus disosialisasikan secara langsung oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Ir. Cokroaminoto hingga ke desa-desa.

Seperti yang terlihat Selasa (11/8/2020), Kepala DKP bersama rombongan melakukan sosialisasi sekaligus pembentukan pembinaan kelompok wanita tani Desa Gunung Bungsu Kecamatan XIII Koto Kampar di Aula Kantor Desa Gunung Bungsu.

Dalam sambutannya, Cokroaminoto mengajak masyarakat untuk merubah image masyarakat ocu yang selama ini dianggap memiliki sifat pemalas menjadi masyarakat yang mandiri pangan, “Jan panjang tulang usuok juo, mari sama-sama kita ubah image orang ocu yang dianggap pemalas menjadi masyarakat peduli pangan,” ajak Cokro memotivasi masyarakat yang hadir.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Gunung Bungsu Ns. Dedi Putra, S.Kep mengatakan dirinya dan jajaran bersama PKK, mengaku siap untuk menjalankan salah satu program unggulan Pemda Kampar tersebut.

“Kami sangat siap melakukan Program Ocu Mapan ini, didukung dengan ketersediaan lahan yang masih banyak dan ditambah dengan kerjasama pemerintahan Desa dengan PKK, kami siap menjadikan Desa Gunung Bungsu sebagai Desa Ocu Mapannya Kabupaten Kampar,” ungkap Kades yang akrab disapa Ade ini.

Kades Gunung Bungsu juga mengatakan harapannya kepada pihak terkait agar selalu memberikan bimbingan dan dukungan untuk kemajuan kelompok wanita tani di Desa Gunung Bungsu. “Harapan kami kepada pihak terkait untuk selalu memberikan bimbingan dan dukungan kepada kami demi majunya kelompok wanita tani di Desa Gunung Bungsu ini, sehingga mampu mendongkrak perekonomian pangan keluarga,” harapnya. (Aldi Irpan)

Continue Reading

Kabar Kampar

Didukung 17 PK, Repol Mendaftar sebagai Balon Ketua Golkar Kampar

Published

on

Bekawan.com -Sekretaris DPD II Partai Golkar Repol, S.Ag resmi mendaftar sebagai Bakal Calon Ketua DPD II Golkar Kampar periode 2020-2025, Repol dan puluhan simpatisan mengantar anak jatidiri Kampar ini ke Kantor DPD II Golkar, Jl. A. Yani Bangkinang Kota, Selasa (4/8/2020).

Dengan menaiki sebuah bus, Wakil Ketua DPRD Kampar ini disambut panitia, Ketua SC Pengarah Yuli Hendra Wakil Ketua Marwan dan Sekretaris Syafriadi.

Panitia menyatakan, berdasarkan pemeriksaan item persyaratan, semua berkas yang dibawa oleh Repol telah lengkap dan berhak maju sebagai Bakal Calon Ketua Partai Golkar Kampar pada Musda X yang digelar  8 hingga 9 Agustus 2020 di Hotel Labersa, Kabupaten Kampar. Kader loyal Golkar ini mendapatkan dukungan 18 dari 27 hak suara. 17 Pimpinan Kecamatan (PK) dan 1 Wantim.

Dalam konferensi Persnya, Repol mengungkapkan bahwa dirinya telah melengkapi persyaratan untuk menjadi Bakal Calon Ketua DPD II Golkar, ia juga mengajak pemilik suara yang belum menjatuhkan pilihan dirinya agar bersama-sama membangun Golkar kedepan.

“Alhamdulillah siang ini kita resmi mendaftarkan diri sebagai Bakal Calon Ketua DPD II Golkar Kampar dengan melengkapi semua persyaratan mulai dari KTP kartu anggota Partai Golkar, sertifikat, 2 kita serahkan satu sertifikat pelatihan kedua sertifikat ToT,” ungkapnya.

Repol mengungkapkan bahwa kedatangan dirinya untuk mendaftarkan diri sebagai Bacalon Ketua Golkar dihantar langsung oleh 17 PK dari 21 Pengurus Kecamatan (PK) yang ada di Kabupaten Kampar.

“Terimakasih kepada Pimpinan Kecamatan atas dukungan yang penuh dengan komitmen dan konsistensinya kepada saya, saya tidak bisa menjanjikan apa-apa, tapi jika saya terpilih menjadi Ketua Golkar Kampar saya akan gunakan tenaga pikiran serta potensi yang saya miliki untuk membesarkan Partai Golkar diseluruh wilayah Kabupaten Kampar,” ungkap Repol diiringi tepuk tangan PK yang hadir.

Sementara itu, Ketua SC Pengarah Yuli Hendra  memaparkan, sebelum Repol, S.Ag, Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto terlebih dahulu mendaftarkan sebagai Bakal Calon Ketua DPD II Golkar, pengantaran berkas Catur diwakilkan kepada Taufik Syarkawi dan Eka Sumahamid.

“Dari verifikasi awal berkas Pak Repol dinyatakan lengkap, sedangkan dari Pak Catur masih ada yang kurang, namun kita tunggu sampai pukul 4 sore ini,” papar Yuli  Akmal.

Continue Reading

Pos-pos Terbaru

Trending