Connect with us

Kabar Asik

Ular Piton Raksasa Hebohkan Warga Gunung Bungsu, Kampar-Riau

Published

on

Bekawan– Warga Desa Gunung Bungsu Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau dihebohkan dengan penemuan Ular Piton Raksasa di Salah Satu kebun Karet warga, Senin (1/4/2019).

Keberadaan ular tersebut awalnya diketahui oleh Yatim, salah seorang warga yang merupakan Pemilik kebun karet tempat ular itu berada, karena takut akhirnya ia memutuskan untuk meminta bantuan ke warga lainnya.

“Yatim memutuskan untuk meminta bantuan kepada Tocin, Anto raden dan Sariaman untuk menangkap ular tersebut, setelah memakan waktu hampir 2 jam akhirnya ular itupun bisa di tangkap,” ungkap salah seorang saksi mata, Sadri kepada Bekawan.com.

Akhirnya Ular Piton sepanjang 9 meter dan berdiameter sebesar galon tersebut dimasukkan warga kedalam karung.

Menurut Sadri, penemuan ular piton dengan ukuran besar tidak pertama kali ditemukan, sebelumnya warga juga banyak melihat ular sekitar lahan karet warga. (Aldi Irpan).

Tonton di Youtube Bekawan.com

Akun Youtube Bekawan.com

Continue Reading

Kabar Asik

Kolaborasi Bawaslu, Kejaksaan dan Kepolisian dalam Sentra Gakkumdu demi Pilkada Jurdil

Published

on

Ketua Bawaslu Kampar Syawir Abdullah didampingi Kajari dan Kapolres Kampar. Foto : Humas Bawaslu Kampar.

Bekawan.com – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto mengimbau Bawaslu, Kejaksaan, dan Kepolisian untuk berkolaborasi dan bersinergi dalam melakukan pencegahan dan pengawasan untuk meminimalisir terjadinya tindak pidana Pilkada.

“Jika dari 3 unsur ini sudah memiliki persepsi yang sama, dari Bawaslu, dari Kepolisian, dari Kejaksaan maka bisa dipastikan bahwa penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2024 bisa berjalan dengan jujur dan adil,” kata Menko Hadi saat membuka Forum Kolaborasi Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) di Medan, Sumatera Utara, Selasa (9/7/2024),

Acara yang juga dihadiri Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Kampar seperti Ketua Bawaslu Syawir Abdullah, Kordiv PP Miki AB, Staf Bawaslu Kampar Bella Apriliani ini bertujuan untuk mendukung pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024.

Pada kesempatan tersebut Menko Polhukam mengungkapkan bahwa meskipun tidak mudah menyamakan persepsi, namun apabila Gakkumdu sudah memiliki tujuan pencegahan maka permasalahan-permasalahan yang akan terjadi dapat diantisipasi dan dimitigasi.

Ia pun menegaskan bahwa Forum Sentra Gakkumdu sangat diperlukan untuk menyamakan pola pikir sehingga memiliki pola tindak dari unsur Bawaslu, Kejaksaan, dan Kepolisian dalam memitigasi potensi-potensi konflik.

“Forum seperti ini langka, oleh sebab itu ini penting sekali kita laksanakan untuk berkumpul bersama dalam rangka memitigasi. Menyamakan 3 persepsi ini adalah hal yang harus kita laksanakan sehingga kita bisa melaksanakan tugas negara ini dengan sebaik-baiknya,” kata Hadi.

Ia berharap Gakkumdu dapat mengenali karakteristik potensi kerawanan masing-masing daerah dan menemukan mekanisme pencegahan serta pengawasan yang tepat di setiap daerah.

Dalam forum tersebut, narasumber dari Polri, Kejaksaan Agung, dan Bawaslu memberikan paparan mengenai pentingnya kolaborasi dan sinergi antar lembaga dalam mewujudkan pemilihan kepala daerah yang jujur dan adil. Sesi ini diikuti dengan diskusi dan tanya jawab yang interaktif antara narasumber dan peserta. (Rilis/Bella Apriliani)

Continue Reading

Kabar Asik

Dilepas Pj. Bupati, Pawai Obor dan Mobil Hias Semarakkan Takbiran di Kampar

Published

on

Pj. Bupati Hambali melepas pawai takbiran Idul Adha.

Bekawan.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar menggelar pawai takbir mobil hias keliling Pada malam takbir Hari Raya Idul Adha 1445 H tahun 2024 M yang dilepas Pj. Bupati Kampar Hambali, Ahad (16/6/2024) malam di Jalan Prof. M Yamin depan Balai Bupati Kampar.

Nampak hadir dalam acara ini Pj. Sekda Ahmad Yuzar, Pj. Ketua TP-PKK Kampar Ricana Djayanti Hambali, Forkopimda Kampar, para Asisten, Staf Ahli dan kepala Dinas.

Pawai Obor tingkat Kabupaten Kampar ini tidak hanya dimeriahkan oleh mobil hias dari setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tapi juga diikuti peserta pawai obor yang dilakukan oleh anak-anak sekolah.

Pj Bupati Kampar Hambali dalam arahannya menyampaikan selamat hari raya Idul Adha 1445 H, mohon maaf lahir dan batin, dan menyebut bahwa pawai takbiran merupakan tradisi dalam menyambut kemenangan.

“Pawai takbiran sendiri mengajarkan kita untuk menghormati perbedaan, menjaga persatuan, dan untuk menyebarkan cinta dan kasih sayang kepada sesama, sebuah tradisi yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita dalam setiap menyambut hari kemenangan,” sebut Hambali.

Ia juga menghimbau agar semua pengguna jalan khususnya peserta pawai untuk berhati-hati dan utamakan keselamatan, pada pawai kali ini mengambil rute, Bundaran Balai Bupati Jl. M Yamin, kemudian berbalik arah menuju jalan Dt. Tabano – Jalan Sudirman – Jalan Sisingamangaraja dan finis kembali di Bundaran depan Rumah Dinas Bupati Kampar.(Ade)

 

 

 

 

 

 

Continue Reading

Kabar Asik

Ketua PAPDESI Riau : Mantan Asintel Kejati Mbah Jo Berpeluang Jadi Cawagubri

Published

on

Moment Mbah Jo masih aktif menjabat sebagai Asintel Kejati Riau dalam sebuah acara.

 

Bekawan.com – Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (PAPDESI) Riau Syofian Datuok Majosati menilai sosok Mantan Asintel Kejati Riau Rahardjo Budi Kisnanto alias Mbah Jo sangat berpeluang digandeng para Bacalon Gubernur Riau.

Hal tersebut diutarakannya saat dimintai pasangannya perihal Pilgubri Riau 2024, Kades Pulau Gadang ini memaparkan pandangannya dengan sejumlah alasan, termasuk soal keterwakilan suku dan sepak terjang Budi Kisnanto semasa menjabat Asintel Kejati Riau.

“Ini merupakan pandangan politik saya selaku Ketua DPD PAPDESI Riau, alasannya karena setelah Melayu, suku Jawa menempati populasi yang terbanyak di Riau baik yang tersebar di Riau daratan maupun di Riau pesisir,” paparnya, baru-baru ini di Bangkinang kota.

Ia memaparkan bahwa populasi Suku Jawa di Riau menempati posisi kedua dengan jumlah 1 juta lebih atau dengan persentase 25 persen setelah suku melayu yang berjumlah 2 juta lebih dengan persentase 37,4 persen, berdasarkan data sensus penduduk di Tahun 2020.

Selain faktor jumlah populasi, pria yang meraih penghargaan Desa Anti Korupsi tahun 2023 dari KPK RI ini juga menilai Mantan Asintel Kejati Riau yang akrab di sapa dengan Mbah jo ini dikenal sangat dekat dengan komunitas suku Jawa di Riau.

“Hampir seluruh organisasi etnis Jawa di Riau kenal baik dengan beliau dan selalu jadi penasehat, selain hal itu Mbah jo sangat dekat juga dengan para kepala desa di Riau, banyak kepala desa dibantu beliau dalam hal penyuluhan hukum maupun dalam bentuk lain nya,” pungkas Majosati.

Dari sejumlah fakta tersebut, Syofian Majosati menilai sosok jo menjadi pilihan yang sangat tepat untuk dipinang sebagai Kandidat Wakil Gubernur Riau baik oleh Parpol maupun oleh para Bacalon Gubernur Riau.

Continue Reading

Trending