Connect with us

Kabar Rohil

Polsek Bangko Lakukan Pendinginan di Lahan Terbakar Seluas 35 Hektar

Published

on

Bekawan.com – Jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Bangko terus melakukan pendinginan di lahan terbakar yang terletak di Desa Labuhan Tangga Besar, Kecamatan Bangko. Pasalnya, api yang semula sudah padam, terbakar kembali pasca kencangnya angin yang terjadi Minggu (22/9/2019) malam.

Demikian disampaikan Kapolsek Bangko, Kompol Sasli Rais SH melalui Kasi Humasnya, Bripka Puji Anton Nugroho, Senin (23/9) di Bagansiapiapi. “Total lahan yang terbakar di wilayah hukumnya sampai saat ini tercatat seluas 35 haktar,” bebernya.

Dari 35 hektare itu sebutnya, 33 hektar sudah padam total. Sementara 2 hektar lagi masih sedang ditangani dengan kekuatan jumlah personel yang ada, yang terdiri dari Polsek Bangko, Polres Rohil, Koramil Bangko, Batalyon 123 Rajawali Medan, Camat, Datuk Penghulu, dan masyarakat.

Kendala yang dihadapi di lapangan sebut Kapolsek terbatasnya sumber air, lahan gambut, dan ditambah hembusan angin yang kencang. Api yang semula sudah padam, dikarenakan hembusan angin kencang akan naik kembali. Selain itu, kebanyakan lahan yang terbakar adalah lahan perkebunan sawit warga yang ditinggalkan dan tidak diurus.

“Untuk alat yang digunakan memadamkan api menggunakan mesin dari pemerintah dan milik masyarakat. Untuk pelaku karlahut tegasnya sudah diamankan satu 1 orang yang saat ini sedang diproses. Selain itu, di lahan yang terbakar juga sudah kita pasang garis polisi,” pungkasnya.
( Ibnusena)

Continue Reading

Kabar Rohil

Balon Bupati Rohil Nasrudin Hasan Mendaftar ke – PDI P

Published

on

Nasruddin Hasan menjawab pertanyaan sejumlah awak media usai mengantarkan berkas di PDI P Rohil.

Bekawan.com – Bakal Calon Bupati Rokan Hilir Nasruddin Hasan mendaftarkan diri ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) Jumat (20/9/2019).

Ia terlihat mengantar berkas ke Kantor DPC PDI P Rohil yang beralamat  di Jl. Kecamatan Batu 4, Kepenghuluan Bagan Punak Meranti, Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir.

Didampingi keluarga besarnya, Mantan Ketua DPRD Rohil periode 2014-2019 ini berniat maju memimpin Rohil demi perbaikan ekonomi masyarakat di Negeri Seribu Kubah tersebut.

“Tekat saya maju sebagai Bupati Rohil semata untuk meningkatkan taraf perekonomian masyarakat Rohil khususnya,” beber Nasruddin usai menyerahkan berkas pendaftaran dirinya.

Selain itu, pembangunan merata sektor Perkebunan, pertanian, perikanan serta kesehatan juga menjadi misi utama pencalonan Nasruddin Hasan.

“DDengan upaya membangun sektor, perkebunan, perikanan, pertanian serta kesehatan saya berharap ini akan menjadi faktor mensejahterakan masyarakat,” tambahnya.

Berkas pendaftaran Nasruddin diterima oleh panitia penjaringan Cabup-Cawabup PDI P Putera Kasibu beserta beberapa kader partai berlambang kepala Banteng tersebut. (Ibnusena).

Continue Reading

Kabar Rohil

Dandim 0321/Rohil Ingatkan Masyarakat Tidak Bakar Lahan

Published

on

Bekawan.com – Dandim 0321/Rohil, Letkol Inf. Didik Efendi SIP menghimbau masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar. Pasalnya, selain merugikan kesehatan banyak orang, juga merugikan negara ratusan triliun untuk memadamkan titik-titik api tersebut. 

“Beberapa waktu yang lalu saya menghadiri undangan dari Presiden RI di Istana Negara membahas masalah bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di Provinsi Riau. Dalam rapat itu presiden mengintruksikan kalau bencana tahunan itu menjadi tanggungjawab kita bersama,” kata Didik Efendi akhir pekan kemarin di kantornya. 

Ia mengatakan kalau presiden menekankan kepada semua pihak terkait, baik itu pemerintah, TNI/Polri untuk menitikberatkan pada kegiatan pencegahan dengan mensosialisasikan bahaya Karhutla kepada masyarakat.

Kemudian stakeholder terkait juga harus cepat tanggap agar titik api yang semula kecil tidak menjalar ke lahan yang lain. Apabila pejabat pemerintah, TNI/Polri, sebut Didik dianggap tidak mau melaksanakan tugasnya maka akan dicopot dari jabatannya. 

“Dan Alhamdulillah intruksi itu sudah ditindaklanjuti oleh instansi yang hadir di instana negara kemarin. Karlahut ini banyak merugikan banyak orang. Bahkan negara sudah dirugikan sebesar 221 triliun rupiah,” terangnya. 

Dilanjutkan Didik, Korem 031/Wirabima juga sudah mengintruksikan agar masing-masing Kabupaten/kota membentuk Subsatgas pencegahan Karhutla dengan cara melaksanakan kegiatan sosialisasi agar masyarakat membuka lahan tidak dengan cara membakar.  

Dijelaskannya lagi, luas lahan yang terbakar di Rokan Hilir sampai saat ini sekitar 1.152 Hektar. Hal ini terjadi penurunan dari tahun 2018 lalu yang luasnya 1.640 Hektar. Akan tetapi banyak kasusnya meningkat dari tahun lalu. 

“Tahun lalu kasus karhutla sebanyak 24 kasus, sementara tahun ini sebanyak 29 kasus. Akan tetapi luas lahan terbakar terjadi penurunan,” ucap Didik.

(Ibnusena )

Continue Reading

Kabar Rohil

Kapolres Rohil Lepas Pawai Obor HUT RI ke-74

Published

on

Bekawan.com – Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Rokan Hilir AKBP Sigit Adiwuryanto SIK.MH, secara resmi melepas pawai obor dalam menyambut peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 Tahun 2019, bertempat dihalaman kantor BPKAD jalan merdeka Bagansiapiapi, Jumat (16/8/2019) malam.

Acara pelepasan diawali dengan penyalaan api obor yang dilakukan oleh Kapolres Rohil AKBP Sigit Adiwuryanto SIK.MH, kepada 4 orang peserta pawai dari unsur Polri, TNI, Satpol-PP, Dishub.

Peserta Pawai Obor.

“Pawai obor dalam rangka memperingati hari ulan tahun (HUT)
Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia, jumat tanggal 16 Agustus tahun 2019 tingkat kabupaten Rokan Hilir, dengan ini secara resmi saya berangkatkan,” ujar Kapolres.

Dalam acara tersebut, dihadiri Wakil Bupati Rohil Drs.H Jamiludin SAg, Ketua DPRD Rohil H Nasruddin Hasan, Setda Rohil Drs.H Surya Arfan MSi, Kepala Kejaksaan Negeri Bagansiapiapi, Dandim 0321/Rohil, Kepala Pengadilan Tinggi, Kepala Cabang Rutan Bagansiapiapi, Danlanal Dumai, Brimob, unsur Forkopimda, Ketua KPU dan Kepala Bawaslu, tokoh agama, serta para tamu udangan lainnya.

Pawai obor dalam rangka peringati HUT Kemerdekaan RI ke-74 ini diikuti oleh ratusan peserta yang berasal dari TNI, Polri, pegawai di lingkup Pemkab Rokan Hilir, para pelajar, anggota pramuka dan organisasi lainnya.

(Ibnusena )

Continue Reading

Trending