Connect with us

Kawan Ngopi

KPID Riau bersama Bupati Talkshow di LPPL Radio Swara Kampar

Published

on

Bekawan.com – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Riau menggelar talkshow bersama Bupati Kampar H Catur Susanto SH di Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Swara Kampar 103,8 FM, Kamis (3/10).

Hadir dalam gelar wicara ini Ketua KPID Riau Falzan Surahman S.Si, Kepala Bidang Kelembagaan KPID Riau M.Asrar Rais, SE, MM, Kadis Kominfo Arizon SE, Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik H. Nurlis dan sejumlah Staf Diskominfo Kampar.

Bupati Kampar H. Catur Susanto SH didampingi Kadiskominfo Arizon SE foto bersama KPID Riau usai Talkshow.

Dalam Talkshow yang mengangkat tema “Wujudkan Penyiaran Sehat, Adil dan Sejahtera” ini, Ketua KPID Riau menjelaskan sejumlah kerjasama yang dilakukan KPID dalam mewujudkan penyiaran sehat, adil dan sejahtera yang juga tertuang dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS).

“Terimakasih atas komitmen dari Bupati Kampar, berkat komitmen Bupati tersebut Radio Swara Kampar telah mengantongi izin, Kami juga komit akan memberikan kemudahan terhadap tekad dan kuat dalam mendapatkan izin Radio seperti Radio Komunitas Rimbang Baling, ini berkat dukungan dari Bupati Kampar,” kata Falzan.

Ia juga berharap LPPL Swara Kampar menjadi media penyebar informasi yang akurat dan berimbang, sehingga bisa memberantas hoaxs (berita bohong) ditengah-tengah masyarakat.

Sementara itu, Bupati Kampar menyebutkan dirinya terus melakukan pemantauan terhadap perkembangan Kabupaten Kampar melalui Radio Swara Kampar.

Bupati juga berharap KPID Riau selalu memantau LPPL Radio Swara Kampar sehingga menjadi LPPL yang berkualitas, ia juga berharap LPPL menjadi penyalur informasi bagi masyarakat sehingga Radio Swara Kampar ini mendapat tempat di hati masyarakat Kampar.

“Dengan program-program yang berkualitas, Swara Kampar akan menjadi media informasi yang akurat serta media hiburan yang edukatif bagi masyarakat Kabupaten Kampar,” pungkas bupati.

Continue Reading

Kawan Ngopi

Selama 32 Tahun Menunggu, Warga Sinama Nenek dan PTPN V teken Perjanjian Kerjasama

Published

on

Bekawan.com – Warga Desa Sinama Nenek melalui Koperasi Nenek Eno menandatangani perjanjian kerjasama dengan PT. Perkebunan Nusantara V (PTPN V) tentang pengelolaan kebun kelapa sawit dan karet di Ruang Rapat Lantai III Kantor Bupati Kampar, Rabu (16/10).


Perjanjian kerjasama pengembalian lahan eks. PTPN V ini ditandatangani oleh Ketua Koperasi Nenek Eno KH.Muhammad Alwi Arifin, Sekretaris Kurnia Sejahtera, Bendahara Harpin S.sos dengan Direktur Utama PTPN V Jatmiko Krisna Santosa, dengan saksi-saksi Kadisbunnak Keswan Ir. Bustan dan Kadis Perdagangan, Koperasi dan UMK Zamzami Hasan SE, MSi mengetahui Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto SH.

Bupati Kampar H. Catur bersalaman dengan Dirut PTPN V Jatmiko.


Direktur Utama PTPN V Jatmiko Krisna Sentosa memaparkan bahwa perjanjian kerjasama antara pihaknya dan Warga Sinama Nenek menjadi hari yang istimewa sejak rapat terbatas dengan Presiden Ir. H. Joko Widodo tentang penyelesaian atas lokasi pengembalian lahan kebun eks PT. Perkebunan Nusantara V seluas 2.800 Ha.


“Hari ini pula berangkat dari keinginan bersama baik dari PTPN V dan masyarakat Sinama Nenek untuk bekerjasama, seluas 2.800 hektar lahan kebun sudah kami serahkan ke negara dan negara sudah menyerahkan ke masyarakat Sinama Nenek. Insyallah kami sampaikan  sepenuh hati akan bekerjasama sehingga 5 tahun kedepan dapat bapak peroleh hasil yang  maksimal,” terang Dirut ptpn V.

Bupati Kampar teken perjanjian kerjasama.


Berdasarkan paparan Kakanwil BPN Riau, pihaknya telah membuat 1.835 sertifikat melalui Program Tora dari luas lahan 2.800 hektar. Ia juga berharap PTPN V dan koperasi bisa menjaga ketertiban masing-masing.

Sementara itu, Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto SH membeberkan proses panjang yang sudah dilalui dalam menyelesaikan sengketa lahan PTPN V dan Sinama Nenek. dan berharap perjanjian kerjasama akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sinama Nenek.

Ketua Koperasi menandatangani perjanjian kerjasama.


“Saya masih ingat waktu itu Pak Presiden menghampiri saya menyampaikan bahwa ada masyarakat yang menjumpai beliau, kemudian Pak Presiden meminta waktu 2 bulan, tahu-tahu 2 minggu Pak Presiden mengundang kami ke istana untuk rapat terbatas terkait penyelesaian ini.  Mudah-mudahan ini menjadi jawaban menuju masyarakat Sinama Nenek yang sejahtera dimasa yang akan datang,” jelas Bupati Kampar.

Kadisbunnak Keswan Ir. Bustan meneken perjanjian sebagai saksi.


Harapan yang sama juga diungkapkan Kadisbunnak Keswan Ir. Bustan, ia berharap setelah penandatanganan perjanjian, terwujudnya kerjasama yang baik antara koperasi dengan perusahaan.


“Sehingga tidak ada persoalan dikemudian hari. Pemerintah juga akan melakukan pendampingan terhadap koperasi,” harap Bustan.

Continue Reading

Kawan Ngopi

Prajurit Yonif 132/BS Pamtas RI-RDTL Pasang Pipa Air Bersih

Published

on

Bekawan.com – Prajurit TNI dari Yonif 132/BS Pos Nilulat bersama masyarakat melaksanakan kegiatan karya bakti pemasangan pipa air bersih di Desa Nilulat Kecamatan Bikomi Nilulat Kabupaten Timor Tengah Utara Provinsi Nusa Tenggara Timur, Selasa (15/10/2019).

Keberadaan Prajurit TNI dari Yonif 132/BS menghadirkan suasana berbeda bagi masyarakat di desa Nilulat. Danpos Nilulat, Sertu Priwanda Ginting menyebut Karya bakti ini merupakan implementasi dalam mempercepat pembangunan, khususnya dibidang infrastruktur umum.

Prajurit TNI 132/BS Pamtas RI-RDTL memasang pipa air dibantu warga.

“Kegiatan yang dilakukan ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat untuk memperoleh air bersih dengan mudah dan nyaman. Selain itu, kegiatan ini meningkatkan nilai gotong royong di masyarakat khususnya dengan TNI,” ujar Sertu Priwanda.

Pemasangan pipa air bersih ini di ambil dari DAM air (Penampungan Air), dalam pengerjaannya, Personil TNI dan masyarakat menggunakan alat seadanya dalam pemasangan pipa air bersih.

Kegiatan karya bhakti ini disambut gembira masyarakat, salah satu warga Andreas Lake menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh Prajurit TNI yang ikut serta dalam pemasangan pipa air bersih ini.

“Terutama ucapan terimakasih karena Prajurit TNI selalu membantu kesulitan masyarakat di Desa Nilulat,” beber Andreas.

Continue Reading

Kawan Ngopi

Ini Harapan Apdesi Kampar Usai Bimtek Kades di Yogyakarta

Published

on

Bekawan.com – Usai melakukan Bimbingan Teknis di Yogyakarta akhir September lalu, Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kampar berharap Kades fokus membina masyarakat melalui 5 aset desa yang akan digali secara maksimal dan optimal.

“Ada 5 aset desa yang akan kita gali secara maksimal dan optimal yakni SDA, SDM, aset sosial, aset infrastruktur dan aset finansial, dengan tergalinya 5 aset tersebut pasti berdampak positif terhadap kehidupan desa tersebut,” ungkap Ketua Apdesi Kampar Jonnedi, Kamis (3/10/2019).

Narasumber Bimtek Apdesi.

Berdasarkan hasil Bimtek, Para kepala desa tidak hanya mendapatkan ilmu dari diatur dalam Permendagri No. 20 Tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan desa yang ditandatangani Menteri Dalam Negri Thahjo Kumolo tapi juga bisa melihat langsung pengelolaan Desa Ponggok, desa wisata terbaik di Indonesia untuk kategori pemberdayaan masyarakat.

“Untuk menambah pengalaman seluruh kepala desa mereka diajak mengunjungi Desa Ponggok, yang berada di Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah,” ungkap Kades Batu Langkah Kecil ini.

Kades asal Kampar mengikuti acara Bimtek.

Menurutnya apa yang telah disaksikan di Desa ponggok di Jawa Tengah itu telah menambah pengalaman dalam memajukan desa, “selaku kepala desa kita butuh bimbingan agar tidak salah dalam menjalankan roda pemerintahan, apalagi terkait dana desa,” paparnya didampingi Kades Pulau Jambu Muhammad Rayan.

Direktur lembaga CERIS Minsar Wedi sebagai penyelenggara menghadirkan narasumber yang dianggap kredibel diantaranya Subdit beserta Staf Subdit Fasilitasi Penataan Kewenangan Desa, Kementerian Dalam Negeri Yogyakarta Drs. Sautma Sihombing, M.Si, dan Irsan, SH, M.Si, Ph.D, Dari Balai Pemdes Kemendagri, Yogyakarta Drs Sigit widijatmoko, M. Si. Dan Kepala Desa Ponggok Junaedhi Mulyono, SH.

Para Kades tengah mengikuti Bimtek.

“Kepala desa terpilih bukan seluruhnya paham aturan desa yang terus berkembang, namun mereka terpilih karena ketokohan, pandai berpolitik, menjadi tauladan ditengah masyarakat namun disitulah pembekalan terhadap regulasi dipertajam pemahamannya kepada kepala desa,” jelasnya.

Continue Reading

Trending