Connect with us

Kabar Kampar

Bahas PAD, Wakil Ketua DPRD Kampar : Maksimalkan PPJ Non PLN Bukan Masyarakat Ekonomi Rendah

Published

on

Wakil Ketua DPRD Kampar Fahmil ME

Bekawan.com -Wakil Ketua DPRD Kampar Fahmil ME memberikan solusi kongkrit kepada Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kampar dalam rangka menggali sumber pendapatan asli daerah.

Ia memaparkan Bapenda Kampar harus harus bekerja lebih aktif mengeksekusi tagihan pajak penerangan jalan non PLN, dengan begitu Politisi PKS berani menargetkan kenaikan diatas 10 Miliar rupiah penambahan pendapatan di sektor PPJ.

“Solusi kongkrit ini saya sampaikan juga saat membahas KUA-PPAS bersama Bapenda karena selama ini target yang di buat Bapenda bisa saja tercapai meski Bapenda tidak bekerja, hal ini disebabkan oleh kenaikan harga listrik dan penambahan pelanggan PLN. Jadi bisa saja kalau tahun sebelumnya hanya 30 Milyar kemudian di Tahun 2019 ini bisa mencapai hampir 60 milyar,” beber Fahmil, Kamis (7/11).

Untuk itu, Fahmil menilai target yang ditetapkan Bapenda untuk Tahun 2020 bekisar 57 Miliar harus ditingkatkan karena kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) dan banyaknya penambahan pelanggan PLN akan berakibat kepada kenaikan PAD otomatis dari Pajak Penerangan Jalan.

Ia juga membeberkan berdasarkan Perda No 9 Tahun 2011 tentang pajak penerangan jalan, Kabupaten Kampar menjadi kabupaten kota tertinggi dalam ppj pelanggan PLN umum, yakni 10%, jauh diatas Kota pekanbaru yang hanya bekisar di angka 6%. Sedangkan untuk pelanggan PLN industri pertàmbangan minyak bumi PPJ tarifnya hanya 3% dan penggunaan tenaga listrik yg di hasilkan sendiri tarifnya hanya 1,5%.

“Kalau kita mau meringankan beban masyarakat dengan taraf hidup rendah maka Perda PPJ bisa kita revisi sehingga yang daya 900 va ke bawah bisa kita kurangi pajaknya menjadi 5% atau kapan perlu di gratiskan dari tagihan listrik bulanan. Untuk meningkatkan pendapatan dari PPJ tersebut agar Bapenda bekerja menagih PPJ Non PLN sesuai aturan yang berlaku yaitu 1,5%,” usul Fahmil.

Ia juga berharap kepada Bupati Kampar melalui Bapenda untuk segera membuatkan surat pemberitahuan tanda pajak daerah SPTPD Kepada seluruh perusahaan yang punya pembangkit listrik sendiri di Kabupaten Kampar, agar mereka segera melunasi pajak penerangan jalan Non PLN.

“Selama ini pemerintah kurang jeli mencari PAD, peningkatan PAD dari tahun ke tahun tidak signifikan. Saya berharap berpihaklah kepada masyarakat yang berpenghasilan kehidupan lebih rendah, setidaknya kurangnya 5% dari tagihan atau bahkan mengratiskan sudah sangat membantu masyarakat ekonomi rendah,” ulas Fahmil.

“Masyarakat yang daya listriknya 450 Va dan 900 Va saja membayar pajaknya 10% dari tagihan listrik, kenapa yang perusahaan besar ditetapkan 1,5 % tidak di tagih?,” ungkap Fahmil mempertanyakan.

Continue Reading

Kabar Kampar

Gelar Rapat Persiapan Akhir, Registrasi Peserta Musorkab KONI Kampar hingga Pukul 3 Sore

Published

on

 

Bekawan.com – Panitia Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) KONI Kampar menggelar rapat akhir, Selasa (15/9/2020) siang.

Ketua OC Emil Budiono menghimbau pemilik suara atau peserta Musorkab untuk melakukan registrasi sesuai dengan waktu yang telah ditentukan yakni dari pukul 09.00 Wib hingga pukul 15.00 Wib pada hari Rabu 16 September 2020.

Sementara itu Ketua KONI Kampar Abdul Gafar menyebut persiapan panitia yang terdiri dari OC dan SC sudah rampung ia juga berharap Musorkab KONI berjalan lancar demi kejayaan olahraga di Kabupaten Kampar.

“Alhamdulillah segala persiapan baik OC maupun SC sudah rampung, ditengah pandemi ini kita juga menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaan Musorkab dengan memakai masker, jaga jarak, kita sediakan juga tempat cuci tangan dengan harapan Musorkab ini berjalan lancar,” harap Gafar.

Continue Reading

Kabar Kampar

Peletakan Batu Pertama Masjid Kejari Kampar dihadiri UAS

Published

on

Bekawan.com – Dihadiri Ustadz Prof.DR. Abdul Somad, Lc, MA, Kejaksaan Negeri Kampar menggelar acara peletakan batu pertama pembangunan masjid dilingkungan Kantor Kejari Kampar, Selasa (8/9/2020), turut hadir Kakan Kemenag Kampar DR. Alfian M.Ag, Kadis PUPR Afdal ST dan jajaran.

Ditemui usai menyampaikan tausiah, UAS menyebut Masjid Al-Hikmah akan menjadi legacy (warisan) yang kekal abadi sama seperti Masjid Demak peninggalan Kesultanan Demak dan Kerajaan Siak.

“Seperti Sultan Demak dengan Masjid Demaknya, kerajaan Siak dengan Masjid Sahabudin, ketika mereka masuk ke Pekanbaru mereka bangun Masjid Senapelan di Pasar bawah, dan Masjid Al-Hikmah Kejari Kampar ini juga akan menjadi Legacy (warisan) nantinya,” beber UAS.

Sementara itu Kajari Kampar Suhendri, SH, MH memaparkan bahwa pembangunan masjid dilandasi keinginan untuk sholat berjemaah setelah menunaikan kewajiban kerja dikantor.

“Jadi setelah kita bekerja melaksanakan tugas  dikantor yang megah ini, ada keinginan untuk berkeluh kesah, bersilahturahmi dan keinginan bersama untuk shalat berjamaah ditempat yang selayaknya, dan Alhamdulillah keinginan itu terwujud,” ungkap Suhendri.

Mantan Kasubag di Puspenkum Kejagung ini juga bercerita perihal nama masjid Al-Hikmah yang ternyata diambil dari salah satu nama yang diusulkan UAS.

“Pernah di suatu pertemuan yang santai dengan Ustadz saya minta tolong carikan nama untuk masjid kita ini, beliau sodorkan beberapa nama,  kita pilih Al-Hikmah,” papar
Mantan Koordinator Pidsus di Kejati Sumut ini.

Sementara itu Kemenag Kampar Alfian menyebut Masjid Al-Hikmah Kejari Kampar merupakan Masjid ke 38 di Bangkinang Kota. Sedangkan jumlah Mesjid di Kampar berjumlah 809 masjid dan 1036 mushollah.

Continue Reading

Kabar Kampar

Kapolres Kampar Berbagi Hasil Panen Ikan Program Jaga Kampung dengan Wartawan

Published

on

Bekawan.com – Kapolres Kampar AKBP Mohammad Kholid SIK meresmikan Panen Perdana Ternak Ikan Program Jaga Kampung yang dikelola Anggota Polres Kampar Ipda Alreflus, Senin siang (7/9/2020) pukul 11.00 Wib.

Lokasi Ternak Ikan Program Jaga Kampar yang dikelola Ipda Alreflus ini berada di Kawasan Sungai Sungsang Kelurahan Langgini Kecamatan Bangkinang Kota Kabupaten Kampar.

Kegiatan ini juga dihadiri Waka Polres Kampar Kompol Ricky Ricardo SIK, Kabag Ops AKP Rachmad Muchamad Salihi SIK MH, beberapa Pejabat Utama Polres Kampar lainnya serta puluhan wartawan Mitra Pers Polres Kampar dengan menerapkan protokol kesehatan.

Acara diawali Panen Ikan Perdana secara simbolis oleh Kapolres Kampar AKBP Mohammad Kholid SIK, dilanjutkan oleh Waka Polres Kompol Ricky Ricardo SIK dan Kabag Ops AKP Rachmad Muchamad Salihi SIK, MH.

Selanjutnya penyerahan secara simbolis hasil panen ikan oleh Kapolres Kampar kepada Ketua PWI Kabupaten Kampar Akhir Yani SE, dilanjutkan penyerahan secara simbolis oleh Waka Polres dan Kabag Ops kepada 2 orang Perwakilan Wartawan lainnya.

Selain berbagi ikan hasil program jaga kampung ini, Kapolres Kampar juga membagikan beras dan madu kepada puluhan wartawan yang hadir dan meliput kegiatan ini.

Saat jumpa pers dalam kegiatan panen ikan ini, Kapolres Kampar menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai implementasi program jaga kampung Polda Riau dan Program Kampung Tangguh Nusantara, program ini bertujuan untuk mendukung peningkatan ketahanan pangan pada masa Pandemi Covid-19.

“Kita berharap kegiatan ini dapat memotivasi masyarakat untuk ikut serta dalam upaya peningkatan ketahanan pangan, dan dapat berkontribusi untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujar Kapolres.

Pada kesempatan yang sama, Ipda Alreflus sebagai pengelola ternak ikan program jaga kampung ini menyampaikan, bahwa dirinya melakukan ternak ikan ini karena termotivasi program jaga kampung Polda Riau.

“Keberhasilan mengelola ternak ikan ini juga tidak terlepas dari dukungan Kapolres Kampar selaku atasan saya, harapan kami agar program ini makin berkembang dan dapat diikuti masyarakat luas,” ungkapnya.

Mengakhiri kegiatan peresmian Panen Perdana Ternak Ikan Program Jaga Kampung yang dikelola anggota Polres Kampar ini, dilaksanakan makan siang bersama di kawasan kolam ikan dengan menerapkan protokol kesehatan, kegiatan berakhir sekira pukul 12.15 Wib dan seluruh rangkaian acara berlangsung dengan lancar. (Rilis)

Continue Reading

Pos-pos Terbaru

Trending