Connect with us

Kabar Kampar

Tempati Gedung Baru, Dinkes Kampar Paparkan Sejumlah Program Unggulan

Published

on

Dedy Sambudi, SKM.M.Kes

Bekawan.com -Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar menempati gedung baru, Sejak hari ini, Senin 6 Januari 2020. Gedung yang sebelumnya merupakan bangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangkinang dan BNK Kampar ini terletak di Jl. A. Rachman Saleh, No 1 Bangkinang Kota.

Usai menggelar yasinan dan doa bersama dalam rangka menempati gedung baru, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar Dedy Sambudi SKM.M.Kes mengunggkapkan sejumlah program prioritas didinasnya tahun 2020.

Acara yasinan yang digelar Dinkes Kampar sempena perpindahan gedung baru.

Diantaranya mem-BLUD-kan seluruh Puskesmas di Kabupaten Kampar dimulai pada bulan Mei mendatang, sehingga di APBD Perubahan 2020 seluruh Puskesmas sudah menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) seperti Rumah Sakit, dengan harapan Puskesmas memperoleh kemudahan dalam mengelolah keuangan mengatasi keluhan masyarakat dalam pelayanan kesehatan.

“Di Tahun 2020 Dinkes Kampar juga akan melounching Public Servis Center seperti 911, dengan meintegrasikan Ambulance disetiap desa, sehingga masyarakat dimudahkan dalam mendapatkan layanan rujukan. Dengan menghubungi call center, petugas akan menjemput warga yang membutuhkan rujukan ke rumah sakit yang ditentukan oleh pasien,” bebernya.

Yang ketiga, lanjut Kadis, pihaknya akan memaksimalkan Program Agreditasi Puskesmas. saat ini disampaikan Kadis sebanyak 10 Puskesmas di Kampar re-agreditasi, untuk itu dinasnya menargetkan 2 Puskesmas menjadi agreditasi Paripurna.

“Dinas Kesehatan Kampar juga akan melonching Mobil Unit Layanan Gigi Keliling, yang akan dilounching sekitar bulan Juni. Mobil ini akan menjadi satu-satunya di Provinsi Riau dan diharapkan menjadi percontohan di Indonesia,” paparnya.

Dinkes Kampar juga akan melounching Mobil Unit Pemeriksaan Penyakit Tidak Menular, mobil ini akan keliling Kabupaten Kampar untuk melakukan pelayanan pengecekan gula dara, kolesterol, tensi, asam urat, dan potensi dini penyakit tidak menular.

“Kita juga akan membuka poli Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) disetiap Puskesmas untuk membebaskan Kampar dari pasung,” pungkasnya.

Continue Reading

Kabar Kampar

Tak Kunjung Dapat Perawatan, Warga Air Tiris Penderita Tumor Memprihatinkan

Published

on

Bekawan.com – Pak Rusdianto (45) hanya terbaring lemah mengerang menahan sakit, penyakit yang diduga tumor membuat pipi kanannya terlihat bengkak dan bolong.

Menurut Ernita (46), sang suami sudah 3 bulan terbaring lemah tanpa bisa memakan sesuap nasi, jangankan untuk mengunyah makanan, untuk berbicara saja suaminya harus lewat perantara buku dan pulpen.

Ernita mengungkapkan penyakit yang diderita suaminya bermula saat ada bentol di wajah dan sariawan. Usai operasi ringan pertama, kondisi pipi suami semakin membengkak.

“Awalnya dipipi apak tuh ado macam bentol jerawat dan sariawan, namun la tigo bulan belakangan iko, apak ko kondisinyo samakin loma, la duo satonga bulan ndak hanyo minum ayu didio (air tajin,red),” terangnya saat dikunjungi Wakil Ketua DPRD Kampar Repol, S.Ag, Rabu (1/4/2020) siang.

Kehadiran Sekretaris Golkar Kampar ini ke rumah warga yang berlokasi di Kelurahan Air Tiris Kecamatan Kampar untuk melihat perkembangan Rusdianto usai diperiksa disalah satu rumah sakit di Pekanbaru beberapa waktu lalu.

“Setelah Pak Repol bantu ka umah sakit, kami la cek darah dan sudah lakukan rontgen serta scan, tapi belum dioperasi pak, kami ndak ado biaya lagi ka Pokanbau pak, untuok ngambiok hasil rontgen dan scan tuh pak,” ungkapnya.

Usai diskusi dengan Kades Tibun agar berkenan mengantarkan warga kurang mampu ini menggunakan ambulance desa, akhirnya besok pagi (Kamis, 2 April 2020) keinginan untuk berobat Pak Rusdianto ini akhirnya bisa terwujud.

Continue Reading

Kabar Kampar

Senin Hearing, Rabu Repol Tinjau Lahan Di Mentulik

Published

on

Wakil Ketua DPRD Kampar Repol S.Ag didamlongi Camat berdialog dengan Kelompok Tani Mulia Sejahtera.

Bekawan.com – Usai menggelar hearing dengan Kelompok Tani yang lahannya berlokasi di Desa Mentulik Kecamatan Kampar Kiri terkait dugaan adanya oknum yang memanen sawit tanpa izin, Wakil Ketua DPRD Kampar Repol, S.Ag langsung meninjau lokasi lahan yang berpolemik di Desa Mentulik Kecamatan Kampar Kiri Hilir, Rabu (1/4/2020).

Setelah diskusi ringan di Kantor Camat Kampar Kiri Hilir, Repol didampingi Kadis PMD Febrinaldi, Camat Salman Jamaluddin, Kapolsek AKP Handono Sujaryanto dan Danramil langsung meninjau lokasi.

Politisi Golkar Repol didampingi Kadis PMD febrinaldi meninjau lahan kelompok tani.

Dengan menempuh perjalanan sekitar 15 Km dan 300 meter, Wakil Ketua DPRD Kampar Repol S.Ag dan rombongan disambut puluhan warga Kelompok Tani Mulia Sejahtera.

Salah seorang kelompok tani Kaharman menuturkan ada beberapa orang yang memanen buah sawit mereka,”hal ini sudah tindangan kesewenang-wenangan, karena sekian lama kami disini tidak ada gesekan masyarakat, karena kejadian itu terus berulang tanggal 12 Maret temui kelompok itu, katanya kalau mau selesai hubungi saja oknum Kades,” terangnya.

Repol. S.Ag bersama kelompok tani dan OPD dan Korkopincam duduk bersama.

Sementara itu, Kadis PMD mengungkapkan bahwa pihaknya turun untuk memastikan dugaan keterlibatan unsur aparatur pemerintah desa, berdasarkan UU No 6 Tahun 2014 terkait tugas dan larangan, apakah ada oknum Kades yang terlibat dalam kegiatan yang diduga melanggar hukum tersebut.

Repol dalam arahannya meminta pengurus kelompok tani memberikan bukti kepemilikan lahan kepada Dinas Perkebunan agar bisa diinventarisir, ia juga berharap semua pihak bisa menahan diri agar suasana tetap kondusif.

“Kalau bagi kami, selama itu merupakan tugas dan kewenangan kami, karena kami melihat ini merupakan kewajiban kami makanya kami datang ke sini, seperti Pak Kapolsek, Pak Camat, Pak Danramil dan yang lain. Saya pribadi siap membantu bapak-ibu, silahkan hubungi saya, mohon juga kepada Pak Camat untuk menyampaikan ke kades agar menjaga suasana kondusif,” pungkas Repol didampingi Kabid Idrus dari Disbunnakkeswan. Himbauan yang sama juga disampaikan Danramil dan Kapolsek agar warga menahan diri apalagi dalam suasana wabah corona ini.

Continue Reading

Kabar Kampar

Tanggapi Usulan Fahmil ME Terkait Corona, Sekwan : Kita Rapatkan dengan Pimpinan

Published

on

Sekwan Kampar Ramlah. MSi

Bekawan.com -Sekretaris Dewan Ramlah MSi menanggapi usulan Wakil Ketua DPRD Kampar Fahmil ME perihal penanganan wabah virus corona (covid 19) agar DPRD Kampar merasionalisasikan anggaran perjalanan dinas dan dana reses untuk alihkan ke dana penanggulangan bencana covid 19.

Menanggapi itu, Sekwan mengungkapkan bahwa kedepan DPRD Kampar akan melakukan rapat pimpinan DPRD dan Alat Kelengkapan Dewan (ADP)   serta Banggar.

“Kita bahas dengan pimpinan,Nanti hasil rapatnya kita sampaikan ke rekan-rekan wartawan, namun kalau seandainya langsung dibelikan  ke sembako tidak ada aturannya, itu nanti di dinas sosial misalnya,” terang Ramlah.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD Kampar Fahmil ME meminta internal DPRD Kampar agar merasionalisasi anggaran perjalanan dinas dan dana reses untuk alihkan ke dana penanggulangan bencana covid 19.

“Anggaran yang ada di DPRD Kampar agar di rasionalisasikan, dana yang bisa dialokasikan untuk kepentingan tersebut penanggulangan wabah corona ini. Kapan perlu dana reses anggota dewan dan perjalanan dinas di alihkan untuk kepentingan melawan covid 19 ini,” beber Fahmil, Jumat (27/3/2020) lalu.

Politisi senior Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menambahkan bahwa para pahlawan kesehatan sangat membutuhkan bantuan seperti para dokter,  perawat dan tim medis lainnya bahkan cleaning service dan Satpam adalah pejuang terdepan kita dalam perang melawan covid 19, begitu juga masyarakat yang membutuhkan masker dan hand sanitizer.

“Bahkan jika wabah ini berlarut-larut, tentu akan berdampak kepada perekonomian dan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, maka jangan ditunda-tunda sesegera mungkin lakukan hal kebijakan untuk kepentingan masyarakat kita,” pinta Fahmil.

Continue Reading

Pos-pos Terbaru

Trending