Connect with us

Kabar

Ditengah PSBB, H. Zukri Minta Pemprov dan Pemkab Cepat Validasi Data dan Salurkan Bantuan

Published

on

Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau H. Zukri

Bekawan.com – Menanggapi Surat Keputusan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Provinsi Riau untuk Wilayah Kabupaten Kampar, Pelalawan, Siak, Bengkalis dan Dumai, Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau H. Zukri Minta Pemerintah Provinsi Riau hingga Kabupaten/Kota untuk cepat dalam Validasi data masyarakat yang terdampak Covid-19.

“Walaupun SK Kemekes ini baru keluar, kita minta Pemprov Riau hingga Kabupaten kota segera Validasi data masyarakat yang terdampak Covid-19,” tegas H. Zukri.

H. Zukri juga meminta Pemprov dan Pemkab/Pemkot segera memastikan pencairan untuk Bantuan Lansung Tunai (BLT) dan Sembako untuk Masyarakat.

“Ok lah PSBB ini diberlakukan, namun harus dipastikan BLT dan Sembako untuk Masyarakat segera cair dan disalurkan, dampak Ekonomi masyarakat ditengah PSBB ini harus di pikirkan segera,” lanjut Zukri.

Sebelumnya Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Riau sudah berkeliling dan mengedukasi Bahaya dan Pencegahan Covid-19 ditengah masyarakat.

pada kesempatan itu H. Zukri Berhasil membagikan 5000 lebih paket Sembako, 300 Paket makanan perhari, ribuan masker dan Hand Sanitizer untuk masyarakat dalam bentuk upaya lawan covid-19 di Riau, dan sudah memasuki Hari ke 15 H. Zukri turun ke desa-desa.

Continue Reading

Kabar Rohil

Persoalan Konflik Budidaya Kerang, Dinas Perikanan Rohil : Itu Kewenangan Provinsi

Published

on

Bekawan.com – Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) mengaku kalau pihaknya tidak memiliki kewenangan terhadap pengelolaan ruang laut. Pasalnya, pengelolaan terhadap laut itu wewenangnya DKP Provinsi Riau.

“Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintah daerah pada lampiran Y, kelautan pesisir dan pulau terkecil, pengelolaan ruang laut di atas 12 mil dan strategis nasional itu wewenang Pusat. Sedangkan pengelolaan ruang laut sampai dengan 12 mil di luar minyak dan gas bumi wewenangnya Provinsi,” kata Kadiskan Rohil, M Amin SPi MSi, Senin (6/7/2020) di kantor nya.

Amin mengatakan jika Diskan kabupaten sifatnya hanya pemberdayaan nelayan. Misalnya dari yang tidak punya modal diberikan modal. Baik itu berupa bantuan boat, bibit ikan maupun bibit kerang. “Yang jelas dari dulu para nelayan sudah kita berikan pembinaan,” ucapnya.

Untuk budidaya kerang sebutnya Diskan Rohil janya sebatas Pemberdayaan. Dimana beberapa tahun terakhir telah melakukan pembinaan kepada kelompok penambak kerang. Ia juga menerangkan, pembinaan kelompok penambak kerang telah dilakukan pihaknya sejak Rohil masih memiliki wewenang pengawasan laut.

Diakuinya, selama ini memang sering terjadi konflik antara kelompok budidaya dan pembudidaya kerang maupun dengan para nelayan.

Namun sebutnya, untuk permasalahan konflik, pihaknya tidak memiliki wewenang dalam penanganannya. Dinas Perikanan katanya, hanya sebatas pemberdayaan. Sehingga, ia sangat mendukung dengan adanya penertiban yang akan dilakukan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Riau.

“Kita hanya sebatas koordinasi dengan Pusat dan Provinsi karena kebijakan laut itu kewenangan Provinsi dan Pusat sesuai dengan UU Nomor 23 pada lampiran y,” terangnya.

Amin juga menambahkan, dari keterangan yang ia terima, Dinas Perikanan Provinsi akan ke Kabupaten Rohil pada Rabu (8/7/2020) mendatang untuk membahas permasalahan konflik budidaya kerang.(ibnusina) adv.

Continue Reading

Kabar Kampar

Tiga Minggu Usai Canangkan Ocu Mapan, Bupati Catur Panen Perdana

Published

on

Bupati Catur didampingi Istri dan Kepala DKP Cokroaminoto memanen bayam.

Bekawan.com – Pencanangan Program Optimalisasi Cara Untuk Mandiri Pangan (Ocu Mapan) tingkat Kabupaten Kampar oleh Bupati Catur 11 Juni lalu telah membuahkan hasil, hal ini terlihat saat Bupati panen sayur perdana dilokasi pencanangan, Rabu (1/7/2020) pagi.

Didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Kampar Hj. Muslimawati Catur dan Kepala DKP Ir. Cokroaminoto memanen sayur bayam di lokasi percontohan Ocu Mapan di Kelurahan Langgini Kecamatan Bangkinang.

Kepala DKP Ir. Cokroaminoto memaparkan ke Bupati Catur sejumlah tanaman sayur yang ditanam Kelompok Wanita Tani (KWT) Melati.

“Apa yang kami semai 21 hari yang lalu ternyata membuahkan hasil yang baik, jadi jika kita menyemai sesuatu dengan niat yang baik dan Insha Allah bisa bermanfaat paling tidak bisa memenuhi kebutuhan konsumsi rumah tangga masing-masing, dan ini hasil dari program Ocu Mapan yang nantinya bisa mencukupi asupan gizi dan tidak terlepas dengan sayur mayur, ” ujar Catur disela-sela memanen bayam.

Bupati Kampar juga memaparkan dengan mengkonsumsi sayur mayur tentu imunitas tubuh akan semakin baik, yang menjadikan kekebalan tubuh meningkat, ia menambahkan jika hasil panen ini berlebih masyarakat dapat menjualnya untuk membeli bahan-bahan pokok untuk keperluan lainnya, sehingga ekonomi masyarakat juga dapat terbantu.

Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto memperlihatkan sayur bayam yang ia panen.

Ketua TP PKK Kabupaten Kampar Muslimawati berharap Kelompok Wanita Tani (KWT) Melati di kelurahan Langgini menjadi contoh untuk kecamatan dan desa-desa lain.

“Ocu Mapan ini juga sebagai motivasi bagi ibu-ibu dan bapak-bapak berkoordinasi dan bergandeng tangan  dengan PKK di Pokja III,” ucap Muslimawati.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) memaparkan kedepan program Ocu Mapan Kedepan akan berkembang dalam hal teknologi penerapannya, dengan menggunakan vertikal garden maupun hidroponik.

Continue Reading

Kabar Kampar

Kapolres Kampar dan Pejabat Utama Ikuti Upacara Virtual Hari Bhayangkara ke-74

Published

on

Bekawan.com – Kapolres Kampar AKBP Mohammad Kholid SIK dan sejumlah Pejabat Utama Polres Kampar, Rabu pagi (1/7/2020) mulai pukul 08.30 Wib, mengikuti Upacara Virtual Hari Bhayangkara ke-74 di Aula Sanika Satyawada Polres Kampar melalui tayangan live streaming dari Istana Negara.

Upacara Virtual Hari Bhayangkara ke-74 ini dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo, dan diikuti secara serentak melalui live streaming oleh seluruh Satker Polri mulai dari tingkat Mabes Polri, Polda dan Polres seluruh Indonesia.

Rangkaian upacara diawali menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, kemudian Mengheningkan Cipta dan Pengucapan Tribrata.

Selanjutnya penyerahan Tanda Kehormatan Bintang Bhayangkara Nararya oleh Presiden RI kepada beberapa Personel Polri yang dinilai berjasa besar dengan keberanian, kebijaksanaan dan ketabahan luar biasa melampaui kewajiban yang disumbangkan untuk kemajuan dan pengembangan kepolisian serta tidak pernah cacat selama bertugas di Kepolisian.

Penghargaan ini diberikan kepada :

  1. Komandan Pasukan Gegana Korp Brimob Polri Brigjen Reza Arif Dewanto.
  2. Analis Kebijakan Madya Bareskrim Polri, Kombes Indarto
  3. Kaur Bin Ops Polres Metro Bekasi Kota, AKP Ely Setyowati.
  4. Bintara Yanum Denma Korp Brimob Polri, Aipda Entis Sutardi.

Dalam amanatnya Presiden RI menyampaikan ucapan selamat Hari Bhayangkara ke-74 kepada seluruh Personel Kepolisian.

Pada kesempatan ini Presiden RI juga memberikan instruksi kepada seluruh anggota Polri, yaitu :

  1. Pegang teguh serta amalkan nilai-nilai luhur Tribrata dan Catur Prasetya dalam setiap pelaksanaan tugas, jaga kehormatan dan kepercayaan serta kebanggaan sebagai anggota Polri.
  2. Terus lakukan reformasi diri secara total membangun sistem dan tata kelola yang partisipatif, transparan dan akuntabel serta bangun kultur kerja Polri yang profesional modern dan tepercaya.
  3. Terus mantapkan soliditas internal, memperkuat sinergi dengan TNI dan seluruh elemen pemerintah maupun masyarakat untuk menghadapi tantangan yang semakin kompleks. 
  4. Terus terapkan strategi proaktif serta tindakan persuasif dan humanis dalam menangani masalah sosial yang terjadi di tengah masyarakat.
  5. Terus tingkatkan pelayanan publik yang modern dan profesional, lakukan penanganan hukum secara transparan dan berkeadilan sehingga Polri semakin dipercaya masyarakat.
  6. Terus jaga kedisiplinan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan agar masyarakat produktif dan aman dari COVID-19.
  7. Ikut mendukung proses pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan Polri dengan penuh tanggung jawab.

Upacara Virtual Hari Bhayangkara ke-74 ini diahiri dengan Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Upacara selesai pada pukul 09.00 wib dan dilanjutkan acara syukuran, seluruh rangkaian acara berlangsung dengan khidmat dan lancar.

Continue Reading

Pos-pos Terbaru

Trending