Connect with us

Kabar Kampar

Pura-pura Tak Waras, Mantan Pj Kades Di Kampar Divonis 3,6 Tahun Penjara

Published

on

Terdakwa saat mengikuti sidang secara daring. Foto :  Bekawan.com

Bekawan.com – Hakim Pengadilan Negeri (PN) Tipikor Pekanbaru menjatuhkan vonis terhadap Edi Hatisman terdakwa Pj Kades Mentulik Kecamatan Kampar Kiri Tengah Kabupaten Kampar dengan hukuman 3 tahun dan 6 bulan penjara, Jumat (8/4/2022). Hal ini disampaikan Kajari Kampar Arif Budiman melalui Kasi Intel Silfanus Rotua Simanullang.

“Dalam amar putusannya hakim menyatakan terdakwa secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana yang diatur dalam Pasal 3 jo Pasal 18  Undang – Undang  Nomor 20 tahun 2021 jo Undang – Undang Tipikor Nomor 31 tahun 1999,” ujar Silfanus.

Selain Pidana penjara terdakwa juga dikenakan denda 100 juta rupiah subsider 3 bulan kurungan. Terdakwa juga dihukum dengan membayar uang pengganti sebesar 207,5 juta rupiah subsider 1 tahun dan 3 bulan penjara.

Atas putusan Hakim PN Tipikor Pekanbaru tersebut, Jaksa Penuntut Umum (JPU) mengambil sikap pikir – pikir untuk langkah hukum selanjutnya.

Sidang ini dipimpin oleh Hakim Ketua Yuli Arta Puja Yotama, Hakim Anggota : Yelmi, dan Adrian hutagalung, sedangkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) K.Ario Utomo dan Haris Jasmana.

Sebelumnya, dalam tuntutan  yang dibacakan JPU, Edi Harisman terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau orang lain yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara. JPU Kejari Kampar menuntut Edi Harisman dengan Pidana Penjara selama 5 tahun penjara.

“Terdakwa diancam pidana dalam pasal 2 ayat (1) jo pasal 18 Undang – Undang RI Nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang Undang RI Nomor 20 tahun 2001 tentang perubahan atas Undang – Undang RI Nomor 31 tahun 1999,” tambah Silfanus.

Perkara ini berawal pada tahun 2015 APBDes Desa Mentulik sebesar Rp. 1.123.911.536 yang di dalamnya terdapat  tambahan dana bantuan Provinsi (Bankeu) yang diperuntukkan untuk pembangunan fisik desa sebesar Rp. 500 Juta Rupiah.

Dana tersebut yang masuk ke rekening Desa Mantulik pada tanggal 28 Desember 2015 (berdasarkan rekening koran Giro periode 1/1/2015 – 31/12/2015.

Pada waktu itu, EH menjabat Pj Kades Mentulik sejak 15 Oktober 2015 sampai 26 Januari 2016 berdasarkan Surat Keputusan Bupati Kampar Nomor 141/BMPD/575 tentang Pengangkatan Penjabat Kepala Desa Mentulik Kecamatan Kampar kiri Hilir tanggal 15 Oktober 2015.

Dan Surat Keputusan Bupati Kampar Nomor 141/BMPD/76 tanggal 16 Januari 2016 tentang  mengaktifkan dan pengangkatan kembali.

Dana Bankeu tersebut dicairkan beberapa kali oleh Pj Kades Mentulik  EH pada tanggal 30 Desember 2015 sebesar Rp250 juta.

Pada tanggal 5 Januari 2016 sebesar Rp.52.500.00 juta, pada tanggal 26 Januari 2016 sebesar Rp. 50 juta, pada tanggal 1 Februari 2016 sebesar Rp.50 juta sebanyak dua kali penarikan tunai dengan cek masing-masing Rp. 25 juta, pada tanggal 15 Februari 2016 sebesar Rp. 40 juta, dana tersebut dikuasai Pj Kades untuk kepentingan pribadi.

Continue Reading

Kabar Kampar

Sekda Yusri : Tahun Depan Pemkab Kampar Rekrut PPPK di Berbagai Sektor

Published

on

Sekda Yusri saat temu ramah dengan para guru. Foto: Diskominfo/Bekawan.com

Bekawan.com – Usai mengikuti rangkaian Upacara Peringatan Hari Guru bersama Penjabat Bupati Kampar, Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Drs. Yusri, M,Si menggelar temu ramah yang ditaja Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga.

Temu ramah tersebut digelar di Aula Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Kampar dan diikuti Kepala Dinas Dispora Muhammad Yasir, Sekretaris Dispora M. Aidil serta Pengurus Cabang (PC) di 21 Kecamatan se-kabupaten Kampar, Senin (28/11/2022).

Dalam keterangannya usai menggelar temu ramah bersama guru-guru, Sekdakab Kampar itu menyampaikan bahwa tahun depan, dijadwalkan Pemerintah daerah akan merekrut Tenaga PPPK diberbagai sektor, seperti Tenaga kesehatan, Guru dan teknis jika diperlukan juga merekrut dari disiplin ilmu lainnya.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar dijadwalkan tahun 2023 Pemerintah daerah akan merekrut Tenaga PPPK diberbagai sektor, ada Tenaga kesehatan, guru, teknis, tergantung Dinas yang akan mengajukan formasi kepada Pemerintah daerah,” ujarnya.

Disisi lain, Sekda menyampaikan bahwa pemerintah daerah akan memprioritaskan nasib tenaga honorer di Kabupaten Kampar, sehingga ada perbaikan bagi tenaga honorer dilingkungan Pemerintah daerah Kabupaten Kampar.

Yusri juga mengungkapkan bahwa dari data umur para Tenaga Honorer ada yang berusia di atas 50, ini yang dipikirkan Pemerintah daerah dalam upaya mensejahterakan tenaga honorer.

“Kita tetap berjuang agar nasib tenaga Honorer dapat diperbaiki, Insya Allah niat baik kita Pemerintah daerah semoga dapat terwujud,” ucapnya.

Selanjutnya Sekda juga mengatakan apapun hasilnya nanti, yang penting Pemerintah daerah sudah berupaya dan berusaha, mengenai anggaran untuk perekrutan tenaga PPPK, Pemerintah pusat telah menyalurkan anggaran untuk itu.

“Untuk perekrutan tenaga PPPK dibuka untuk seluruh bidang, tergantung apa yang dibutuhkan Pemerintah daerah Kabupaten Kampar, Dinas-dinas juga akan mengajukan formasi yang dibutuhkan,” papar Sekda.

Continue Reading

Kabar Kampar

Optimalkan Kinerja Pengawasan, Bawaslu Kampar Gelar Sosialisasi Bagi Panwaslu Kecamatan

Published

on

Ketua Bawaslu Kampar Syawir Abdullah diapit Kordiv Hukum Bawaslu Amin Hidayat dan Narasumber saat membuka sosialisasi. Foto: Zulfadli/Bekawan.com

Bekawan.com – Dalam rangka mengoptimalkan kinerja pengawasan di tingkat kecamatan pada pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 mendatang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kampar menggelar sosialisasi peraturan pengawasan Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024 bagi Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Kampar, Sabtu (26/11/2022).

Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 26 sampai 27 November 2024 di Labersa Grand Hotel ini dibuka oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Kampar, Syawir Abdullah.

Dalam sambutannya, Sawir menyampaikan bahwa Bawaslu merupakan lembaga berjenjang, mulai dari pengawasan ataupun instruksi dari pusat sampai ke tingkat yang paling bawah.

Syawir menyampaikan bahwa saat ini Panwaslu Kecamatan belum punya kemampuan dalam pengambilan keputusan, oleh karena itu Bawaslu Kampar memberikan pelatihan dan sosialisasi atau Bimtek kepada Panwaslu Kecamatan dengan tujuan agar Panwaslu Kecamatan dapat memahami aturan dalam Kepemiluan ini.

“Intinya dengan kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan pemahaman kepada Panwaslu Kecamatan dengan menghadirkan narasumber yang berkualitas,” tegasnya.

Syawir juga menegaskan tentang pelaksanaan pencegahan dan pengawasan merupakan tanggung jawab Pengawas Pemilu sebagai penyelenggara Pemilu.

Kegiatan sosialisasi peraturan pengawasan Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024 bagi Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Kampar ini juga menghadirkan dua orang narasumber yaitu Neil Antariksa, Anggota Bawaslu Provinsi Riau periode 2017-2022 dan Junaidi, SH, MH, Dosen Hukum Tata Negara Universitas Riau.

Sementara itu Amin Hidayat, Anggota Bawaslu Kampar selaku Kordiv Hukum dan Penyelesaian Sengketa menyebutkan tentang tugas-tugas pengawasan.

“Tugas kita dalam pengawasan saat ini cukup berat , tidak seperti tugas pengawasan Pemilu sebelumnya seperti pada tahapan kampanye Peserta Pemilu juga kampanye Capres dan Cawapres,” tegas Amin.

Amin juga mengharapkan agar Panwaslu Kecamatan agar saling berkoordinasi dalam hal tugas-tugas pengawasan pelaksanaan tahapan Pemilu tahun 2024.

Continue Reading

Kabar Kampar

Ketua MPD PKS Kampar H. Fahmil Dt. Sati Nan Tuo Apresiasi Lomba Baca Kitab Kuning

Published

on

Ketua MPD PKS  Kampar Fahmil SE, ME. foto : Aldi/Bekawan.com

Bekawan.com – Ketua Majelis Pertimbangan Majelis Pertimbangan Dewan (MPD) PKS Kampar. H. Fahmil SE ME, Dt. Sati Nan Tuo mengapresiasi Lomba Baca Kitab Kuning yang merupakan kegiatan tahunan Fraksi PKS Kampar, Fahmil berharap kegiatan tersebut menyemangati para Santri dan negeri ini untuk meningkatkan kwalitas ilmu, amal dan wawasan mereka, dengan meningkatkan minat baca.

“Kegiatan ini merupakan bentuk meneladani ulama-ulama pendiri bangsa, agar Santri generasi milenial bisa lebih berkontribusi dalam mencintai peradaban dan berkontribusi membangun negeri lebih baik lagi,” ungkap Fahml.

Pernyataan tersebut disampaikan Fahmil Dt. Sati Nan Tuo setelah pembukaan lomba baca kitab kuning yang dilaksanakan di Kantor DPD PKS Kampar Jl. Sudirman, Sabtu (26/11/2022).

Wakil Ketua DPRD Kampar ini menyebut pelaksanaan lomba baca kitab kuning yang digelar oleh Fraksi PKS ini bisa menyemangati para santri, sekaligus menjadi ajang silaturahmi antar pesantren dan santri, karena peserta lomba yang juga dikenal dengan kitab gundul ini datang dari beragam latar belakang pesantren yang berbeda-beda di Kabupaten Kampar.

Para peserta lomba baca kitab kuning. Foto : PKS/Bekawan.com

Fahmil juga berharap kegiatan yang diikuti 80 orang ini menjadi wasilah untuk mendekatkan para Santri milenial dengan Para Ulama dan Kitab klasik mereka, seperti Kitab Fathul Muin yang dilombakan, dan merupakan karya populer di Pesantren.

“Lomba ini memotivasi kita semua terkhusus para Santri bersemangat belajar, membaca dan berlomba dalam kebaikan, buktinya, lomba ini mendapat sambutan yang luar biasa dari kalangan pesantren, jumlah peserta terus bertambah setiap tahunnya. Latar belakang pesantren yang ikut juga semakin beragam,” ungkap Datuok Sati Nan Tuo.

Melalui kegiatan ini lanjutnya, menunjukkan bahwa PKS selaku partai politik Islam tidak hanya hadir menjelang pemilu, dan tidak hanya mengurusi masalah kekuasaan, tetapi juga selalu hadir menemui warga dengan berbagai kegiatan seperti lomba baca kitab kuning.

“Untuk meningkatkan kualitas berakhlak berilmu dan berwawasan luas bagi para santri. Agar mereka juga mempunyai wawasan kesejarahan, keummatan dan kebangsaan secara baik dan benar,” pungkas Fahmil.

Continue Reading

Trending