Connect with us

Kabar Kampar

Wabup Husni Apresiasi Jon Erizal Anggota MPR Asal Riau Lewat Loka Karya

Published

on

Wabup Siak Husni Merza mengapresiasi Anggota MPR RI asal Riau Jon Erizal. Foto : Dis/Bekawan.com

 

Bekawan.com – Wakil Bupati Siak Husni Merza mengapresiasi Anggota MPR RI asal Riau Jon Erizal yang telah memfasilitasi program kegiatan aspirasi langsung kepada masyarakat melalui kegiatan loka karya meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat kampung/desa dengan mengutamakan good governance.

“Kami atas nama Pemkab Siak mengapresiasi pak Jon sebagai wakil kami yang duduk di MPR. Memberikan ilmu kepada warga kami. Kegiatan ini wadah dalam meningkatkan wawasan melalui kegiatan lokakarya ini agar bisa mengali dan mendapatkan ilmu dan motivasi untuk di aplikasikan pada masyarakat kampungnya”, ujar Husni, saat membuka kegiatan itu, di Pekanbaru, Senin (21/11/2022).

Dalam kegiatan ini Wakil Bupati Siak Husni Merza juga memaparkan tentang program yang saat ini sedang berjalan di Kabupaten siak, baik dari segi pendidikan,serta menjelaskan tentang capaian pelaksanaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk pemberdayaan masyarakat kampung/desa, dan inovasi pelayanan kepada masyarakat kampung secara langsung dan bergulir setiap hari jumat pekan-pekan dengan nama Program Bujang Kampung.

“Salah satu program yang langsung menyentuh masyarakat saat ini kami lakukan adalah Bupati Ngantor dan bekerja di kampung. Di situ ada sejumlah pelayanan administrasi kami yang bisa warga dapatkan. Alhamdulillah manfaat nya sangat di rasakan masyarakat yang ada di kampung,” tambah Husni.

Anggota MPR RI dapil Riau Jon Erizal mengatakan, kegiatan ini merupakan apresiasinya melalui aspirasi langsung dari masyarakat dengan melalui kegiatan lokakarya untuk meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat kampung/desa dengan mengutamakan good governance.

“Tentunya kami sangat berharap apa yang kami bawa langsung dari pusat ke daerah ini bisa membantu dan sebagai upaya kita bersama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Upaya peningkatan melalui progam Bada Usaha Kampung (BUMKAM) kedepannya bisa meningkat dan terangkat ekonomi masyarakat semakin maju berkembang, karena ini sesuai dengan program Bujang kampung yang terus bergulir oleh Bupati Alfedri dan Wakilnya Husni Merza ini demi kemajuan kabupaten Siak,” ungkap Jon Erizal.

Ia apresiasi perangkat kampung telah bekerja dengan sungguh-sungguh dan sepenuh hati, untuk dapat membawa masyarakat kampung terus berupaya meningkatkan daya dan upaya bersama untuk menekan angka kemiskinan serta meningkatnya mutu pendidikan di tingkat tapak di kabupaten Siak ini secara ke seluruh anggota bahkan se-Provinsi Riau juga hendaknya.

Acara itu di ikuti peserta berasal perangkat kampung/desa se-kecamatan Tualang, Koto Gasib dan Sungai Mandau, acara selain di hadir langsung Ketua Fraksi PAN MPR RI juga turut hadir Wakil Ketua I DPRD Siak Fairus.

Continue Reading

Kabar Kampar

Kampar Akan Tampilkan Kekayaan Budaya dan Produk Unggulan di MTQ Riau 2024

Published

on

Plh. Sekda Ahmad Yuzar memimpin rapat persiapan Kampar dalam mengikuti agenda MTQ Riau.

Bekawan.com – Pj Bupati Kabupaten Kampar, Hambali diwakili Plh. Setda Kampar Ahmad Yuzar memimpin rapat persiapan stand bazar dalam rangka keikutsertaan kafilah Kabupaten Kampar pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Riau ke-42 tahun 2024, yang akan diselenggarakan di Kota Dumai, Kamis (18/4/2024).

Plh. Setda Kampar Ahmad Yuzar menekankan pentingnya persiapan yang matang untuk memastikan keikutsertaan kafilah Kabupaten Kampar menjadi sukses dan juga meminta menampilkan potensi dan kekayaan budaya serta produk unggulan Kabupaten Kampar melalui stand bazar yang akan disiapkan.

Rapat persiapan ini dihadiri oleh Pj Ketua TP PKK Kampar sekaligus Ketua Dekranasda Kampar Ricana Djayanti Hambali beserta kepala dinas terkait kegiatan tersebut.

Adapun langkah-langkah konkret yang dibahas dalam rapat antara lain adalah penentuan konsep stand, pemilihan produk unggulan yang akan ditampilkan, serta perencanaan strategis untuk menarik minat pengunjung.

“Ada dua rangkaian yang harus dipersiapkan minggu pagi pada tanggal 21 nanti, pertama Pawai mobil hias, Yang kedua Stand bazar. Untuk mobil hias perlu dipersiapkan dengan matang karena Kampar mendapatkan urutan pertama dalam pawai mobil hias, dan stand bazar Kampar mendapatkan nomor tenda 12 dan untuk persiapan stand bazar sudah 70%,” ujar Yuzar.

Plh. Setda Kampar juga menyampaikan apresiasi atas semangat dan kerja keras seluruh pihak yang terlibat dalam persiapan acara ini, serta berharap agar kegiatan ini dapat menjadi momentum untuk memperkenalkan potensi dan keindahan Kabupaten Kampar kepada masyarakat Provinsi Riau.

Diharapkan dengan persiapan yang matang dan kerja sama yang solid dari semua pihak, keikutsertaan kafilah Kabupaten Kampar pada MTQ Provinsi Riau ke-42 akan menjadi sukses dan memberikan dampak positif bagi promosi pariwisata serta perekonomian Kabupaten Kampar. (Ade)

 

 

 

 

 

 

 

Continue Reading

Kabar Kampar

Pj. Bupati Hambali Dampingi Pj Gubri Ziarah Kubur di Desa Sipungguk 

Published

on

Pj. Bupati Hambali bersama PJ Gubri ikuti tradisi Aghi Ghayo Onam di Sepungguk.

Bekawan.com – Penjabat Bupati Kampar Hambali mendampingi Pj Gubernur Riau SF. Hariyanto ziarah kubur di Dusun I Teratak Desa Sipungguk Kecamatan Salo Mesjid An Nur, Rabu (17/4/2024).

Hadir mendampingi Pj. Bupati Kampar diantaranya Plh. Sekretaris Daerah kabupaten Kampar Ahmad Yuzar, S, sos, MT, Kabiro Kesra Setda Provinsi Riau, seluruh Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Provinsi Riau dns Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar.

Kegiatan itu digelar di Taman Makam Dusun I Teratak Desa Sipungguk Kecamatan Salo, usai melaksanakan ziarah kubur, Pj. Gubernur dan Pj. Bupati Kampar melakukan Sholat Dzuhur di Mesjid Al Nur Desa Sipungguk.

Dalam sambutannya Pj. Bupati Kampar menyampaikan ungkapan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemerintah Daerah Provinsi Riau melalui Penjabat Gubernur Riau SF. Hariyanto karena telah menunjuk Mesjid An Nur dusun I Teratak Desa Sipungguk sebagai penutup rangkaian ziarah Kubur Pemda Kampar.

Hambali juga menjelaskan ziarah kubur merupakan tradisi yang telah lama dilaksanakan masyarakat Kabupaten Kampar, Ia berharap adanya perhatian Pemerintah Provinsi Riau untuk menjadikan Iven ini sebagai salah satu Iven pariwisata di Provinsi Riau.

Disisi lain Hambali mengatakan makna dari ziarah kubur selain sebagai pengingat kita manusia akan kematian, juga sebagai ajang silaturahmi antara masyarakat yang telah merantau jauh dan pulang ke Kampar untuk melakukan ziarah kubur.

“Selain sebagai pengingat ajal, ziarah kubur juga sebagai sarana putera puteri daerah yang jauh merantau untuk pulang Kampung berziarah sekaligus bersilaturahmi,” ungkap Hambali.

Hambali juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada pengurus Mesjid dan masyarakat Dusun I Teratak Desa Sipungguk yang telah menyempatkan untuk berkumpul, bersilaturahmi untuk melaksanakan rangkaian ziarah kubur ini.

Sementara itu Penjabat Gubernur Riau FS. Hariyanto dalam arahannya menyampaikan bahwa ziarah kubur merupakan tradisi keagamaan yang telah lama ada di Kabupaten Kampar, untuk itu ia memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada masyarakat Kabupaten Kampar.

FS. Hariyanto juga mengungkapkan, tradisi Ziarah kubur merupakan amalan yang baik, disamping sebagai sarana mengingat akan kematian, karena yang hidup pasti mati, juga sebagai salah satu tradisi lebaran yang selalu dilaksanakan masyarakat Kabupaten Kampar.

“Pemerintah Provinsi Riau sangat mendukung kegiatan ini, karena kegiatan ini merupakan salah satu bentuk memperkokoh tali silaturahmi antar sesama masyarakat Kabupaten Kampar, Ia berharap tradisi lebaran enam atau ziarah kubur tetap dilaksanakan setiap tahunnya,” terang Pj. Gubri. (Ade)

Continue Reading

Kabar Kampar

Penjabat Bupati Kampar Lepas Kegiatan Ziarah Kubur di Desa Uwai

Published

on

Pj. Bupati Hambali ziarah kubur di Makam Pahlawan Datuok Tabano. Foto : Kominfo

Bekawan.com – Penjabat Bupati Kampar, Hambali SE, MH melepas kegiatan ziarah kubur di Desa Uwai Kecamatan Bangkinang, Rabu (17/4/2024), hadir mendampingi Pj. Bupati Kampar diantaranya Plh. Sekretaris Daerah Ahmad Yuzar, S, Sos, MT, Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar, Camat Bangkinang Darusmar, Kepala Desa Muara Uwai Edi Akmal serta para peziarah kubur di Desa Muara Uwai.

Dalam sambutannya Penjabat Bupati Kampar, Hambali menyampaikan kegiatan ziarah kubur yang diselenggarakan di Kecamatan Bangkinang sebagai ajang berkumpul untuk mengenang para leluhur dan mendoakan keselamatan mereka serta sebagai ajang silaturahmi.

“Kegiatan ziarah kubur ini merupakan warisan budaya yang harus tetap dijaga dan dilestarikan, melalui ziarah kubur, kita dapat mengenang jasa para leluhur serta mempererat tali silaturahmi antar sesama masyarakat,” ujarnya.

Disisi lain Hambali menjelaskan pentingnya melestarikan dan menjalankan tradisi ziarah kubur sebagai salah satu Iven wisata yang mengangkat pariwisata di Kabupaten Kampar, ia berharap momen ini menjadi pemersatu dan memperkokoh tali silaturahmi antar masyarakat.

“Dengan Iven ziarah kubur dapat memperkokoh tali silaturahmi antar sesama masyarakat, tokoh masyarakat, pemerintah daerah dan unsur lainnya, semoga Iven ziarah kubur ini dapat dipertahankan,” harap Hambali.

Sementara itu Kades Muara Uwai Edi Akmal berharap perhatian dari Pemerintah Daerah untuk merenovasi pagar kuburan Datuk Tabano yang memerlukan pembangunan yang lebih layak lagi. (Ade)

Continue Reading

Trending