Connect with us

Kabar Asik

Giring Fitrah, Kenalkan Tradisi Kampar Lewat Musik Hingga Ke Eropa

Published

on

Bekawan.com – Banyak cara yang bisa dilakukan untuk melestarikan budaya dan tradisi daerah, salah satunya melalui musik, dari segelintir orang yang peduli akan kelestarian budaya daerah, ada sosok Giring Fitrah.

Ia kelahiran Padang Tatap Kuok ini berhasil memperkenalkan budaya Kampar hingga ke Eropa dan sejumlah negara lainnya bersama grup musiknya Riau Rhythm.

Pria yang mengisi posisi Vokal di Riau Rhythm ini bercerita bagaimana bule yang meneteskan air mata karena larut dalam sebuah lagu berbahasa Ocu berjudul Suara Jiwa, bagaimana Culture Shocknya anak Jati Kampar melihat “Perangai” warga di berbagai belahan dunia yang ia temui.

Obrolan menarik ini bisa anda dengarkan dan nikmati dalam video berikut ini. Selamat menonton

 

Continue Reading

Hiburan

Raih Suara Terbanyak, Komedian Komeng: Saya Lagi Ngopi di Senayan

Published

on

Komedian Komeng. Foto : IG_komengoriginal

Bekawan.com – Fenomena ikutnya Komedian Komeng di Pemilihan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Dapil Jawa Barat cukup menyita perhatian publik, mulai dari foto dirinya yang unik hingga meraih suara terbanyak.

Selain fenomena “suprise” karena tidak terdengar berkampanye, kemudian muncul di surat suara dengan foto unik, pemilik nama lengkap Alfiansyah Bustami ini juga berhasil mengocok perut netizen usai dugaan screenshot WA-nya dengan komedian Cing Abdel, dalam tangkapan layar obrolan Aplikasi WhatsApp itu, Abdel mengucapkan selamat atas banyaknya warganet yang ngaku milih Komeng.

Penampakan foto Komeng di surat suara DPD Dapil Jabar.

“Buset, gw nanya Twitter banyak yg milih lo pak, semoga beneran masuk Senayan, amin ,” tulis Abdel di pesan WA-nya ke Komeng.

Pesan itu langsung dibalas Komeng, “ini ane udah di Senayan Pa, Didaerah Patal, ngopi, Biar deket klo ada panggilan,” jawabnya.

Sontak postingan Cing Abdel di akun IG nya mendapatkan banyak komentar netizen. “Komeng menang, gedung DPR makin lawak,” komen galih mung*ar*n.

*Gimana guys.. bisa bayangkan gak gimana nanti tindak tanduk Komeng saat rapat di Senayan??!😅😅

Continue Reading

Kabar Asik

KBPA Luncurkan Buku Digital Profil Perjalanan Organisasi Pensiunan Kejaksaan

Published

on

Bekawan.com – Keluarga Besar Purna Adhyaksa (KBPA) meluncurkan Buku Digital Profil Perjalanan Organisasi Pensiunan Kejaksaan dalam bentuk ebook atau buku digital.

Buku Digital dengan jumlah halaman 210 itu, disusun oleh Setia Untung Arimuladi, Wakil Jaksa Agung RI Periode 2020-2022. Buku Digital dengan judul Perekat Silaturahmi, Makin Tua Makin Bahagia ini mengulas sejarah KBPA sejak 1966 hingga saat ini, ebook ini sejatinya untuk memudahkan bagi pengguna android atau handphone maupun komputer atau laptop.

Dengan kata pengantar dari Ketua Umum KBPA Nur Rachmad, mantan Jaksa Agung Muda Pidana Umum, dan Jamdatun, Buku Digital itu berisi sejarah berdirinya KBPA sejak 21 Desember 1966 sebagai ulang tahunnya, dan telah di luncurkan.

Buku profil KBPA diluncurkan pada ulang tahunnya ke 57 dihadapan Jaksa Agung Prof. ST. Burhanuddin serta para purnawirawan Kejaksaan.

KBPA awalnya bernama Persatuan Purnawirawan Kejaksaan RI (PERNAJA), kemudian bersulih nama menjadi Persatuan Purnakaryawan Kejaksaan RI dengan akronim yang tetap sama yaitu PERNAJA. Selanjutnya, pada Kongres Ke VI PERNAJA tanggal 16 – 18 April 2007, berubah nama menjadi Keluarga Besar Purna Adhyaksa (KBPA).

Selain itu, Buku Digital ini mengupas masa bakti kepengurusan, yang sebelumnya satu periode lima tahun sekali.

Namun, pada masa kepengurusan kali ini berlaku selama empat tahun, jika dihitung masa bakti kepengurusan PERNAJA, sejak berdiri sampai saat ini sudah berjalan 10 periode. Masa bakti periode pertama, tahun 1967-1972.

Perjalanan sejarah pengurusan organisasi para pensiunan pegawai Kejaksaan ini, awalnya dimulai sejak tahun 1967 hingga sekarang. Wadah ini telah banyak memberikan makna bagi Institusi Kejaksaan. Perjalanan wadah ini merupakan bukti legitimasi KBPA.

Kerennya buku profil ini diberi judul ”Profil KBPA: Perekat Silaturahmi, Makin Tua-Makin Bahagia”. Untuk mendukung kegiatan KBPA juga dibuat media informasi bernama rehatkopi.id. Media tersebut untuk mendukung dan mempublikasikan aktivitas KBPA.

Selain peluncuran website, juga diluncurkan media sosial yakni Instagram, Facebook dan Youtube, dengan tagline ”Perekat Silaturahmi, Makin Tua-Makin Bahagia”.

Bagi pensiunan Kejaksaan maupun jaksa aktif ingin mengetahui lebih dekat tentang KBPA bisa klik Buku Digital tersebut web Rehatkopi.id

 

Continue Reading

Kabar Asik

Hari Ini, Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar Dibuka Gratis

Published

on

Bekawan.com – Tol Pekanbaru-XIII Koto Kampar dibuka mulai Pukul 08.00-16.00 Wib hari ini, Ahad (24/12/2023) sampai tanggal 3 Januari 2024 pukul 17.00 WIB. Pengelola mulai memfungsikan jalan tol Pekanbaru-XIII Koto Kampar, setelah keluarnya keputusan resmi dari regulator HK menambah 1 ruas fungsional baru di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yakni ruas Jalan Tol Bangkinang Tahap 1 (Bangkinang – Tanjung Alai) dengan panjang 24,7 km.

Pembukaan ruas tol di XIII Koto Kampar ini, dalam rangka mendukung kelancaran mobilitas masyarakat pada masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo, mengatakan sebelumnya perusahaan telah memberikan keterangan resmi terkait 2 ruas jalan tol fungsional, dengan penambahan ini maka terdapat total 3 ruas yang dibuka secara khusus di JTTS.

“Hal ini diharapkan dapat mendukung konektivitas masyarakat dari Provinsi Riau menuju Sumatra Barat maupun sebaliknya. Selama fungsional, jalan tol ini masih belum bertarif atau gratis, namun kami tetap menghimbau pengguna jalan tol yang akan melintas untuk tetap menyiapkan kartu UE dan melakukan tapping kartu,” ujar Tjahjo, Sabtu (23/12/2023) seperti dikutip mediacenter.riau.co.id.

Dijelaskan Tjahjo, dengan kehadiran ruas jalan tol ini maka masyarakat dapat menghemat waktu tempuh dari Bangkinang menuju Tanjung Alai, yang semula sekitar 40 menit menjadi hanya 20 menit saja.

Selain itu, akses ke berbagai tempat wisata juga akan semakin mudah, seperti wisatawan dari Bangkinang, maupun Pekanbaru yang ingin menuju kawasan wisata alam di XIII Koto Kampar atau bagi masyarakat yang ingin berwisata kuliner ke daerah Kampar, menikmati Sate Lidah dan Kapiek Tak Bertulang sambil menyeruput Dadio. (MC Riau)

Continue Reading

Trending