Connect with us

Kabar Kampar

Persiapan Kampar Tuan Rumah HKIN, Pj Bupati Kampar Rapat Bersama KI Pusat

Published

on

Pj Bupati Kamsol rapat bersama KI Pusat terkiat persiapan Kampar sebagai Tuan rumah HKIN 2023. Foto : Dokpim/Bekawan.com

Bekawan.com – Dalam rangka mematangkan persiapan Kampar sebagai Tuan rumah penyelenggaraan Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HKIN), Pj Bupati Dr H.Kamsol MM menghadiri bersama Komisi Informasi (KI) Pusat di Jakarta, Senin (20/3/2023).

Dalam rapat, Pj Bupati Kampar mengungkapkan bahwa dirinya sangat mengapresiasi dengan di selenggarakannya Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HKIN) Tahun 2023 pusatkan di Hotel Labersa Kabupaten Kampar dengan tema menyambut Pemilu tahun 2024, “kemaren saya bersama ketua sudah bertemu dengan Sekretaris Jendral Kemendagri RI dan sudah menyampaikan ke Kemendagri RI dan mereka siap mengundang seluruh gubernur seluruh Indonesia, Bupati dan Walikota Se Indonesia,” ungkapnya.

Kamsol menambahkan berdasarkan laporan Ketua KI, jika ingin mengundang Presiden atau Menteri maka yang harus datang minimal skala acara bersifat nasional atau peserta harus nasional, tetapi kalau menghadirkan lokal saja contoh se Provinsi Riau yang datang minimal di bawah Menteri, Sekjen dan Dirjen.

“Dengan berjalannya waktu kita harus mempersiapkan SK menjelang acara Hari Keterbukaan Informasi (HKI) , kalau SK dari pusat maka kami akan membentuk tim, kami yang ada di Kabupaten Kampar siap menunggu arahan karna ini adalah acara dari pusat, strategi nasional harus berkoodinasi dengan Kementrian untuk pelaksaan kegiatan ini agar kegiatan ini berjalan dengan lancar,” tambah Kamsol.

Ketua Komisi Informasi Pusat Donni Yusgiatoro berterimakasih kepada Pj Bupati Kamsol karena Kabupaten Kampar sebagai tuan rumah di tahun 2023 atas pelaksanaan acara Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HKIN) tahun 2023.

Tujuan Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HKIN) untuk memperingati lahirnya undang-undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) yang disahkan pada 30 April 2008.

Undang-undang ini mulai diimplementasikan di Indonesia pada 30 April 2010, dengan adanya undang-undang KIP, masyarakat memiliki hak untuk mengakses informasi publik yang dikelola badan publik.

Badan publik merupakan lembaga negara dan badan lain yang fungsi dan tugasnya berkaitan dengan penyelenggaraan negara, atau organisasi non pemerintah yang sebagian atau seluruh dananya bersumber dari APBN atau APBD, sumbangan masyarakat, atau luar negeri, mari kita menjalankan berkomitmen kuat untuk menjalankan prinsip-prinsip keterbukaan dalam penyelenggaraan badan publik.

Lahirnya Undang –Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang ketebukaan Informasi Publik menandai adanya upaya dari Negara untuk memberikan pemenuhan Hak asasi manuasia dalam hal memperoleh Informasi Publik, untuk menandai itu pada Tanggal 30 April dijadikan sebagai Hari Keterbukaan Informasi Publik.

“Dengan adanya peringatan Hari Keterbukaan Informasi Nasional yang diharapkan dapat memperkuat komitmen pemerintah dan badan public dalam mewujudkan trasparansi dan keterbukaan akutanbilitasnya sehingga dalam setiap pelayanan informasi kepada masyarakat lebih response,cepat,tepat dan sederhana,” ungkap Ketua KI Pusat.

Ketebukaan Informasi Publik sebagai Hak Asasi, lanjunya merupakan aspek yang tidak terpisahkan dari demokrasi yang menjunjung kebebasan dan hak asasi manusia, dalam rangka pemenuhan hak individu atas informasi public merupakan aspek penting dari sebuah demokrasi, dengan adanya Pemeintahan yang tebuka dapat mempresentasikan sebuah Pemerintah yang jujur, akuntabel dan memperhatikan aspirasi masyarakatnya, masih adanya persoalan dalam implementasi ketebukaan inormasi di badan public akan berpengaruh langsung pada tujuan yang akan dicapai UU KIP.

Kemudian hal tesebut akan menentukan arus informasi public dan komunikasi pemerintah dengan masyarakay, keterbukaan informasi di Indonesia dimaniestasikan dalam UU Nomor 14 tahun 2008 tentang ketebukaan informasi tidak jauh bebeda dengan yang digunakan World Justice Project. Keterbukaan badan public pemerintah dapat di lihat dari tiga kategori yaitu bagaimana badan public mempublikasikan informasi, bagaimana badan public menyediakan informasi, bagaimana bentuk layanan badan public, baik informasi langsung maupun layanan pengaduan, keberatan dan banding.

Turut hadir pada kesempatan tersebut diantaranya Ketua Komisi Informasi Pusat Donni Yusgiatoro, Komisioner Handoko Agung Saputro, Plt Sekretaris KIP Nunik Purwanti, Kepala Badan Perencanaan, Pembangunan dan Pengembangan Daerah Ardi Mardiansyah.S.STP, MSi, Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian Yuricho Erfil.S.STP, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpiann Irwan AR dan seluruh anggota Komisi Informasi Pusat.

Kabar Kampar

Mati Lampu dari Sore hingga Larut Malam, Penelusuran PLN Tanpa Hasil?

Published

on

Kondisi jalannya sholat tarawih di salah satu Masjid di Kecamatan Bangkinang. Foto : Ari/Bekawan

Bekawan.com – Sejumlah Desa di Kecamatan Bangkinang mengalami pemadaman listrik tanpa tahu penyebabnya sejak Kamis (28/3/2024) sore sekitar pukul 16.40 Wib hingga larut malam.

Sejumlah desa yang mengalami gangguan kelistrikan wilayah kerja PT. PLN ULP Bangkinang berdasarkan informasi dari pihak PLN diantaranya Desa Suka Mulya, Sei Jernih, Pasir Sialang, Laboy Jaya, Bukit Sembilan, Bukit Payung, Muara Mahat, Sibuak, Kayu Aro, Sei Lembu, Batang Batindih, Majapahit, Sari Galuh, Petapahan Kampung, Rama Kanan, Rama Kiri, Pantai Cermin, PT Malindo, Petapahan, Petapahan Jaya, Rimba Beringin, Bukit Payung, Sukaramai, Kusau Makmur, Senamanenek, Terantam, Sei Agung, Batu Gajah, PTPN Terantam, PTPN Sei Kencana, PT MPL, PT Sewangi, Tunggal Yunus, Topas dan sekitarnya termasuk Desa Muara Uwai.

Dalam pernyataannya pihak PLN juga menyebut sejak pukul 16.45 pihaknya sedang melakukan penelusuran jaringan.

“Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Atas pengertian dan perhatiannya kami ucapkan Terimakasih,” tulis PLN.

Namun hingga pukul 23.30 Wib pihak PLN belum bisa memastikan penyebab gangguan listrik yang terjadi disejumlah desa tersebut.

Disisi lain gangguan listrik yang lebih dari 7 jam itu sangat disayangkan sejumlah karena berdampak terhadap sejumlah aktivitas di bulan ramadhan mulai dari berbuka puasa hingga sholat Isya dan Tarawih.

Seperti yang terpantau di Masjid Jami’ Desa Muara Uwai, sejumlah jemaah mengeluhkan pemadaman listrik yang membuat masjid tersebut nyaris tanpa penerangan.

Matinya listrik ditambah lagi tidak adanya genset membuat aktifitas sholat jemaah terganggu karena minim pencahayaan dan hawa Panas karena pendingin ruangan yang tidak bisa berfungsi.

“Angek, golap ntah apa yang tajadi di PLN ko,” ungkap salah seorang jemaah.

hingga berita ini diturunkan kondisi disejumlah desa tersebut masih mengalami gangguan listrik, tidak ada informasi lanjutan hasil dari penelusuran pihak PLN terhadap gangguan listrik yang terjadi di tengah kondisi cuaca tanpa hujan dan petir tersebut.

Continue Reading

Kabar Kampar

Pj. Hambali Buka Gerakan Pangan Murah di Kantor Bupati untuk Masyarakat

Published

on

Bekawan.com – Pj Bupati Kampar Hambali secara resmi membuka Gerakan Pangan Murah dalam rangka bulan suci Ramadhan dan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah yang dilaksanakan Komplek Kantor Bupati Kampar, Senin (25/3/2024).

Turut mendampingi Pj Bupati Kampar, Kadis Ketahanan Pangan Muhammad, Kadis Pertanian Nur Ilahi Ali, Kepala Bappeda Ardi Mardiansyah, serta Kadis Perkim Hanif.

Dalam arahannya Pj. Bupati Kampar Hambali, mengatakan Gerakan Pangan Murah ini bertujuan untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan selama bulan puasa dan menyambut Idul Fitri dengan lebih meriah.

“Pj. Bupati Kampar mengatakan selain itu bertujuan untuk menjaga stabilitas stok pangan di kabupaten kampar dan menekan inflasi di kabupaten kampar, gerakan pangan murah ini menargetkan untuk menyediakan berbagai bahan pangan pokok dengan harga terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat, hal ini karena komoditi harga bahan pokok semakin hari semakin tinggi,” paparnya.

Pj. Bupati Kampar juga menegaskan komitmennya untuk memastikan ketersediaan pangan yang cukup dan harga yang terjangkau untuk semua warga daerah.

Hambali mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung gerakan pangan murah ini dengan memanfaatkannya secara optimal dan diharapkan gerakan pangan murah ini dapat membantu.

Sebelumnya Muhammad mengatakan bahwa Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kampar berkolaborasi dengan Dinas Pertanian Kabupaten Kampar dalam rangka menjaga stabilitas stok pangan di Kabupaten Kampar.

Muhammad menjelaskan bahwa gerakan pangan murah ini sudah yang Ke Enam Kali di lakukan di Kabupaten Kampar, dan pada hari ini di lakukan di komplek kantor bupati kampar dengan target para ASN, THL dan masyarakat di sekitaran Kantor Bupati Kampar.

“Kedepan kebijakan program pasar murah ini akan kita lakukan Empat Kali lagi yakni di Desa Sai Galuh Kec Tapung pada tanggal 27 Maret 2024, Desa Koto Masjid Kec XIII Koto Kampar pada tanggal 28 Maret 2024, Desa Kebun Durian Kec Gunung Sahilan pada tanggal 02 April 2024 dan di Desa Pulau Biranda Kecamatan Kampar pada tanggal 04 April 2024,” ucap Muhammad.

Continue Reading

Kabar Kampar

Disperindagkop Riau dan Kampar Gelar Pasar Murah Di Air Tiris

Published

on

Asisten Ahmad Yuzar memberikan arahan saat membuka Pasar Murah di Air Tiris. Foto : Diskominfo Kampar

Bekawan com – Pj Bupati Kampar yang diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kampar Ahmad Yuzar membuka secara resmi Pasar Murah yang digelar oleh Dinas Perindagkop dan UKM Provinsi Riau bekerjasama dengan Dinas Perindagkop Kampar di halaman Kantor Camat Kampar, Sabtu (22/3/2024).

Didampingi oleh Kadis Perindagkop dan UKM Kampar Dendi Zulhari, Camat Kampar beserta Forkopimcam Kampar lainnya, Asisten I Setda Kampar menyampaikan apresiasi dan support dari Pemerintah Kabupaten Kampar terhadap Pemprov Riau karena pasar murah ini dilaksanakan untuk warga Kampar.

Selepas dibuka, warga langsung mengantri ntuk bisa membeli kebutuhan pangan dengan harga lebih murah dibanding harga di pasaran pada umumnya.

Dikatakan Ahmad Yuzar tujuan digelarnya Pasar Murah ini tak lain untuk merespon situasi perekonomian daerah dan sebagai bentuk kepedulian Pemerintah terhadap masyarakat terutama membantu warga kurang mampu agar dapat membeli sembako dengan harga yang terjangkau.

“Pasar murah ini juga bagian dari cara meningkatkan daya beli masyarakat dan pemberdayaan ekonomi lokal serta dalam rangka menekan Inflasi di Kabupaten Kampar,” tutur Ahmad Yuzar.

Lebih lanjut, Ahmad Yuzar juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Kampar dan masyarakat menyambut baik gelaran acara Pasar Murah. Hal tersebut dapat dilihat dari antusiasme warga yang rela berpanas-panasan dan antre demi dapat membeli sembako dengan harga yang lebih murah tersebut, dan ini dapat membantu memperbaiki perekonomian masyarakat serta Inflasi dapat berangsur teratasi.

“Bisa dilihat, minyak goreng, beras, telor, tepung, dan gula pasir diberi harga yang yang relatif cukup murah dari harga di pasaran saat ini. Dan tampak masyarakat antusias dalam hal ini,” ungkap Ahmad Yuzar. (Cr1)

 

 

 

 

 

 

 

Continue Reading

Trending