Connect with us

Kabar Kampar

Tutup Pelatihan UMKM, Repol: Jadilah Tuan Rumah di Tempat Sendiri

Published

on

WAKIL KETUA DPRD Kampar Repol memamerkan salah satu produk UMKM saat menutup pelatihan Pecking yang digelar GOW. Foto : Aldi/Bekawan.com

Bekawan.com – Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kampar Repol menutup secara resmi Kegiatan Pelatihan Pengemasan (Packing) Bagi Usaha Kecil dan Menengah Tahun 2023 yang di taja oleh Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Kampar yang diselenggarakan dari tanggal 23 s/d 24 Mei 2023 di Aula Stanum, Bangkinang Kota. Dalam arahannya, Repol menegaskan bahwa sudah saatnya Produk UMKM Kampar menjadi Penguasa di tempatnya sendiri.

“Mari jadikan GOW sebagai wadah yang membantu, khususnya wanita Kampar dalam berkembang di bidang sosial, politik dan ekonomi. Praktekkan ilmu yang di dapat selama pelatihan untuk meningkatkan kualitas UMKM kita, jangan mau menjadi tamu di tempat kita sendiri. Oleh sebab itu kualitas UMKM harus di tingkatkan sehingga mampu bersaing dengan brand lain, sudah saatnya UMKM Kampar menjadi Tuan Rumah di tempat sendiri sebelum akhirnya menjamah ke daerah lain,” tegasnya.

Kemudian, Ketua DPD Golkar Kabupaten Kampar ini juga mengapresiasi kegiatan ini karena dapat meningkatkan kualitas produk UMKM di Kampar, “terimakasih Kepada GOW Kabupaten Kampar yang sudah mentaja kegiatan ini, ada beberapa faktor yang mendasari kesuksesan kegiatan ini, yang pertama karena kegiatannya langsung praktek, yang ke-dua karena pesertanya ibu-ibu yang direkomendasikan oleh organisasinya masing-masing yang sudah pasti memiliki usaha,” jelasnya lagi.

Di sisi lain, Ketua Umum GOW Kabupaten Kampar Erni Haerani Repol dalam sambutannya berharap agar pelatihan ini membawa dampak positif bagi GOW Kabupaten Kampar.

“Aplikasikan semua ilmu yang sudah ibu-ibu dapat selama dua hari ini, agar kegiatan ibu meninggalkan rumah bahkan bisnis tidak sia-sia dan APBD yang dikeluarkan Pemda Kampar untuk melakukan pelatihan ini juga tidak sia-sia,” pungkasnya.

Kabar Kampar

Syofian Majosati Raih Penghargaan Bergengsi, Layak Sandang Gelar NL.P

Published

on

Kades Puga Syofian Majosati menerima piala dan piagam. Foto : Ar/Bekawan.com

Bekawan.com -Kepala Desa Pulau Gadang Kecamatan XIII Koto Kampar Syofian, SH, MH meraih ajang bergengsi Paralegal Justice Award tahun 2023, penghargaan ini diterima Syofian di ajang Anugerah Paralegal Justice Award 2023 yang digelar di Discovery Hotel, Ancol Jakarta, Kamis (1/6/2023) malam.

Penghargaan diterima Kades Puga ini karena dinilai berperan sebagai Non Litigation Peacemaker atau Juru Perdamaian desa/kelurahan, berkat capaian ini, Kepala Desa Pulau Gadang dianugerahi PIN lencana Non Litigation Peacemaker (NL.P), Jubah NLP, Sertifikat PJA serta berhak menyandang gelar non akademik Non Litigation Peacemaker (NL.P) yang disematkan dibelakang nama.

Capaian ini semakin sempurna karena Desa Pulau Gadang dinobatkan sebagai penerima penghargaan Anubhawa Sasana Desa/Kelurahan Jagadita 2023 yang merupakan pemberian prestasi terbaik dalam membina dan mengembangkan Desa/Kelurahan Sadar Hukum dan mendukung pengembangan Investasi dan pariwisata.

Dalam malam Anugerah Paralegal Justice Award 2023, yang dibuka oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly menekankan peran penting kepala desa dan lurah dalam penyelesaian perkara atau sengketa antar warga di wilayahnya.

Paralegal Justice Award ini merupakan kerja bersama antara Kemenkumham, Mahkamah Agung (MA) serta didukung oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dan Kemendagri.

Kades Puga Syofian bersama peraih penghargaan lainnya foto bersama. Foto : Ar/Bekawan.com

Berkat prestasinya, sejumlah tokoh memberikan ucapan selamat kepada Kades Pulau Gadang, seperti Pj. Bupati hingga Camat XIII Koto Kampar Zulfikar.

Pj Bupati Kampar Firdaus menyebut, prestasi yang diraih Kades Pulau Gadang sebagai bukti bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) Kampar mempuni dan tidak kalah dengan SDM dari daerah lain. Ia juga berharap kedepan, lebih banyak lagi prestasi dari SDM Kampar.

“Selamat untuk Kades Pulau Gadang, Pak Syofian, semoga langkah dan capaian beliau juga menginspirasi SDM Kampar yang memang tidak kalah dari daerah lain,” ungkap Firdaus.

Ucapan selamat juga diungkapkan Camat XIII Koto Kampar Zulfikar, kepada awak media, Camat menilai, apa yang diraih oleh Pria yang juga menjabat Ketua Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Papdesi) Riau ini sebagai prestasi yang luar biasa.

“Tentu kita berbangga hati dan mengucapkan selamat dan terimakasih karena telah mengharumkan nama XIII Koto Kampar dan Kampar bahkan Riau di ajang nasional,” pungkasnya.

Sementara itu, Kades Pulau Gadang, Syofian mengucapkan terimakasih Bupati Kampar, Camat dan Kades se Kampar yang telah mensupport Pulau Gadang, ia juga berterimakasih kepada Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar, MSi atas bantuan biaya keberangkatan ke lokasi acara di Jakarta.

Continue Reading

Kabar Kampar

Zainul Aziz Terpilih Secara Aklamasi Nakhodai Percasi Kampar

Published

on

Ketua Percasi Kampar terpilih Zainul Aziz memberikan sambutan usai terpilih secara aklamasi. Foto : Rls/Bekawan.com

Bekawan.com – Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PERCASI) Kabupaten Kampar mengelar Musyawarah Kabupaten (MUSKAB) di Aula Koni Kabupaten Kampar, Senin 29 Mei 2023. Zainul Aziz Terpilih secara aklamasi dalam Muskab Percasi periode 2023-2027 tersebut.

Kegiatan ini dihadiri langsung Ketua umum KONI Kampar M Yasir, Ketua Bidang Pembinaan Atlit Pengprov Percasi Riau Sudirman, Sekretaris Percasi Pekanbaru Erwinsyah dan anggota dan pengurus Percasi kecamatan dan klub-klub catur di Kabupaten Kampar.

Sebelum membuka secara resmi Muskab Percasi kabupaten Kampar 2023-2027, Pengprov Percasi Riau Sudirman mengingatkan kepada kepengurusan baru yang akan terbentuk untuk menyatukan komitmen demi memajukan Percasi kabupaten Kampar ke depannya.

“Dengan mengucapkan bismallah, acara Muskab Percasi 2023-2027 resmi saya buka,” ucap Sudirman.

Sementara itu ketua umum KONI kabupaten Kampar Drs. M. Yasir dalam arahannya mengingatkan pengurus yang baru untuk bersatu dalam memajukan Percasi kabupaten Kampar yang lebih baik.

“Mari kita sama-sama kompak, jangan ada pengurus satu dengan yang lain saling terpecah, kita harus bersatu demi memajukan percasi Kabupaten Kampar ke depannya,” pinta Yasir.

Muskab Percasi berjalan lancar. Karena calon ketua hanya ada satu orang yaitu Zainul Aziz yang mendapat dukungan dari mayoritas pemilik suara.

Dalam sambutannya, pria yang sudah menyandang gerlar Wasit Nasional (WN) di catur ini mengucapkan terimakasih, atas amanah yang baru ini. “Mohon masukan dan kerjasamanya untuk memajukan Percasi kabupaten Kampar kedepannya,”ujarnya.

“Ini adalah tantangan berat bagi kita semua, untuk memajukan catur dikabupaten kampar,” Ini harus diurus secara bersama, Tidak bisa secara sendiri”, tegas Zainul. (Rilis)

Continue Reading

Kabar Kampar

Usai Dilantik, Ketua PMI Kampar Hendri Paparkan Sejumlah Program

Published

on

Ketua dan Pengurus PMI Kampar foto bersama tamu undangan yang hadir usai pelantikan. Foto : Ar/Bekawan.com

Bekawan.com – Ketua Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kampar Hendri mengungkapkan sejumlah program yang akan dilakukan jajarannya usai dilantik, Senin (29/5/2023) di Aula Rumah Dinas Bupati Kampar.

Kepada Bekawan.com, Hendri menjelaskan ada sejumlah program yang akan menjadi perhatiannya terutama peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) hingga memaksimalkan sarana prasarana yang ada sehingga ketersediaan darah juga bisa maksimal.

“Unit Transfusi Darah (UTD) kita sudah berjalan bagus, tapi setelah kita tengok didalam, kita kewalahan dalam pengolahan plasma darah, fungsinya untuk trombosit atau sel darah putih, alat kita ada, tapi SDM kita yang menjadi kendala, sehingga kedepannya kita adakan pelatihan bagaimana plasma dara bisa kita kelola dengan baik,” paparnya.

Ketua PMI Kampar Hendri, SH, MH. Foto : Ar/Bekawan.com

Terkait sarana prasarana, Hendri menyoroti kondisi kulkas tempat penyimpanan darah (freezer) yang dimiliki Markas PMI Kampar yang menurutnya hanya bisa menyimpan stok darah selama 3 bulan, dengan kapasitas yang terhitung kecil.

“Artinya In nya banyak, out nya sedikit, pasti darah terbuang. Pekanbaru bisa 7000 kantong sebulan, Kampar hanya 300 sampai 400, jadi kalau pengen banyak freezer kita perkuat sehingga bisa nyimpan banyak dan lama,” ungkap Hendri.

Ketua PMI Kampar juga menyinggung soal program hemodialisis atau cuci darah, ia memaparkan bahwa PMI dibolehkan membentuk klinik dalam penanganan pencucian darah, “ini akan coba kita audiensikan dengan Pak Pj selaku pelindung, bagaimana solusinya,” pungkas Hendri.

Sementara itu, Bupati Kampar Firdaus diwakili Staf Ahli Bupati Bidang SDM dan Kemasyarakatan Riadel Fitri menyambut baik pelantikan pengurus PMI Kampar, ia berharap PMI dapat meningkatkan pelayanan dan melakukan inovasi agar bisa memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

“Pemda Kampar mengucapkan selamat atas dilantiknya Pengurus PMI Kampar, kita harapkan PMI meningkatkan kinerja dalam melayani masyarakat, karena PMI bukan hanya soal darah, tapi juga kegiatan sosial kemanusiaan, kebencanaan, baik di Kabupaten maupun kecamatan,” ungkapnya.

Staf Ahli Bupati/Plh Kadiskes Kampar Riadel Fitri. Foto : Ar/Bekawan.com

Ia juga berharap, PMI Kampar bisa berinovasi sehingga ada trobosan baru untuk meningkatkan pelayanan terkait cuci darah, transfusi darah, “karena dirumah sakit, fasilitas untuk cuci darah juga terbatas, mengingat banyaknya pasien yang membutuhkan penanganan tersebut, bisa juga ditangani oleh PMI,” harapnya.

Continue Reading

Trending