Connect with us

Kabar Asik

Tertinggi sepanjang sejarah. BSP Hasilkan Laba Bersih 381 Miliar Rupiah 

Published

on

Rapat Umum Pemegang Saham Bumi Siak Pusako. Foto : Ar/Bekawan.com

Bekawan.com – PT. Bumi Siak Pusako mencatatkan kinerja positif dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPS-T) PT.BSP. Sepanjang tahun 2022, realisasi produksi minyak mencapai 3 juta barel dan pada akhir tahun 2022 laporan PT.BSP telah di audit oleh KAP Tanubrata Sutanto Fahmi Bambang dan rekan dengan membukukan laba bersih pada tahun buku 2022 sebesar 381 Miliar Rupiah dan mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian atau WTP. Dan opini WTP ini berhasil dipertahankan oleh manajemen selama BSP berdiri sejak 2021.

Capaian tersebut menandakan PT.BSP sebagai BUMD mampu memberikan kontribusi yang positif khususnya kepada seluruh shareholders dan secara umum kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

RUPS-T BSP dilaksanakan pada senin, 29 Mei 2023 dihadiri Komisaris BSP, Hendrisan, Direktur BSP Iskandar dan seluruh Pemegang Saham PT.BSP, Bupati Siak, Alfedri, Gubernur Riau diwakili Kepala Bappenda Provinsi Riau, Syarial Abdi, Bupati Pelalawan, H.Zukri, Pj.Bupati Kampar Muhammad Firdaus dan Walikota Pekanbaru diwakili Asissten 2, Ingot Ahmad beserta jajaran Managemen PT.BSP.

Dalam paparannya, Iskandar menyampaikan strateginya dan program kerja yang telah terealisasi selama tahun 2022. Secara umum capaian target berdasarkan Work Program & Budget (WP&B) 2022 sudah terealisasi, pengeboran 15 sumur eksplorasi dan 1 sumur eksplorasi terlaksana 100 % ini membuktikan BSP tetap komit melakukan operasinya dalam upaya meningkatkan produksi dan menekan laju penurunan produksi di Wilayah Kerja (WK) Coastal Plain Pekanbaru (CPP). tantangan operasional dan kedala di lapangan akan menjadi lesson learn untuk tetap menjadi perbaikan kedepannya dan senantiasa meminimalkan resiko operasi di lapangan. Upaya menekan biaya operasi guna melakukan efisiensi menjadi hal utama yang akan terus di tingkatkan, inovasi dan pengambilan keputusan yang cepat dan tepat sesuai regulasi sebagai penguatan kepatuhan terhadap Good Corporate Governance (GCG) terus di perhatikan. Ia menjelaskan bahwa perusahaan terus berinvestasi dalam kegiatan eksplorasi dan pengembangan.

“Komitmen BSP dalam mencari cadangan baru telah berhasil, ini di buktikan dengan ditemukannya cadangan baru dr sumur eksplorasi Nuri 1x yg diperkirakan produksi mencapai 500 – 700 BOPD keberlanjutan operasi perusahaan,” ungkap Direktur BSP Iskandar.

Keberhasilan gemilang di tingkat nasional diraih BSP dalam ajang top BUMD Award yang digelar warta ekonomi , sebagai 13 besar top BUMD seluruh indonesia. Penghargaan internasional dalam 3rd IOG conventions di Bali sebagai KKKS zero claim insurance.

Dalam paparannya mantan manajer External Affair BOB ini menyebut, BSP akan memiliki tugas yang cukup berat kedepannya, selain mendukung capaian target 1 juta BOPD negara, tentu komitmen kerja pasti selama 5 tahun sebagai komitmen perpanjangan kontrak BSP bersama negara akan terus menjadi perhatian beliau kepada seluruh jajaran manajemen, sebagai salah satu BUMD yang mengelola lapangan Migas ini harus terus menjadi kebanggan masyarakat Riau dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

PT BSP juga mendapatkan apresiasi dari SKK Migas terhadap capaian target produksi pada april 2023 ini sebesar 107 % dari WP&B merupakan satu-satunya KKKS di wilayah Sumbagut yang berhasil melebihi target produksi.

“Pencapaian laba bersih yang cukup fantastis ini sangat di apresiasi oleh seluruh pemegang saham BSP terhadap kinerja direktur dan manajemen, ini merupakan pencapain tertinggi sepanjang sejarah BSP, tercatat PT BSP pernah mencatatkan laba bersihnya tahun 2008 sebesar 348 milyar lebih. Terakhir tahun 2008 laba bersih BSP tertinggi,” ungkap Bupati Siak Alfedri selaku pemegang saham utama BSP. Ia juga meminta BSP tetap fokus dan menjadi BUMD kebanggan masyarakat Riau.

Kabar Asik

Dilepas Pj. Bupati, Pawai Obor dan Mobil Hias Semarakkan Takbiran di Kampar

Published

on

Pj. Bupati Hambali melepas pawai takbiran Idul Adha.

Bekawan.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar menggelar pawai takbir mobil hias keliling Pada malam takbir Hari Raya Idul Adha 1445 H tahun 2024 M yang dilepas Pj. Bupati Kampar Hambali, Ahad (16/6/2024) malam di Jalan Prof. M Yamin depan Balai Bupati Kampar.

Nampak hadir dalam acara ini Pj. Sekda Ahmad Yuzar, Pj. Ketua TP-PKK Kampar Ricana Djayanti Hambali, Forkopimda Kampar, para Asisten, Staf Ahli dan kepala Dinas.

Pawai Obor tingkat Kabupaten Kampar ini tidak hanya dimeriahkan oleh mobil hias dari setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tapi juga diikuti peserta pawai obor yang dilakukan oleh anak-anak sekolah.

Pj Bupati Kampar Hambali dalam arahannya menyampaikan selamat hari raya Idul Adha 1445 H, mohon maaf lahir dan batin, dan menyebut bahwa pawai takbiran merupakan tradisi dalam menyambut kemenangan.

“Pawai takbiran sendiri mengajarkan kita untuk menghormati perbedaan, menjaga persatuan, dan untuk menyebarkan cinta dan kasih sayang kepada sesama, sebuah tradisi yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita dalam setiap menyambut hari kemenangan,” sebut Hambali.

Ia juga menghimbau agar semua pengguna jalan khususnya peserta pawai untuk berhati-hati dan utamakan keselamatan, pada pawai kali ini mengambil rute, Bundaran Balai Bupati Jl. M Yamin, kemudian berbalik arah menuju jalan Dt. Tabano – Jalan Sudirman – Jalan Sisingamangaraja dan finis kembali di Bundaran depan Rumah Dinas Bupati Kampar.(Ade)

 

 

 

 

 

 

Continue Reading

Kabar Asik

Ketua PAPDESI Riau : Mantan Asintel Kejati Mbah Jo Berpeluang Jadi Cawagubri

Published

on

Moment Mbah Jo masih aktif menjabat sebagai Asintel Kejati Riau dalam sebuah acara.

 

Bekawan.com – Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (PAPDESI) Riau Syofian Datuok Majosati menilai sosok Mantan Asintel Kejati Riau Rahardjo Budi Kisnanto alias Mbah Jo sangat berpeluang digandeng para Bacalon Gubernur Riau.

Hal tersebut diutarakannya saat dimintai pasangannya perihal Pilgubri Riau 2024, Kades Pulau Gadang ini memaparkan pandangannya dengan sejumlah alasan, termasuk soal keterwakilan suku dan sepak terjang Budi Kisnanto semasa menjabat Asintel Kejati Riau.

“Ini merupakan pandangan politik saya selaku Ketua DPD PAPDESI Riau, alasannya karena setelah Melayu, suku Jawa menempati populasi yang terbanyak di Riau baik yang tersebar di Riau daratan maupun di Riau pesisir,” paparnya, baru-baru ini di Bangkinang kota.

Ia memaparkan bahwa populasi Suku Jawa di Riau menempati posisi kedua dengan jumlah 1 juta lebih atau dengan persentase 25 persen setelah suku melayu yang berjumlah 2 juta lebih dengan persentase 37,4 persen, berdasarkan data sensus penduduk di Tahun 2020.

Selain faktor jumlah populasi, pria yang meraih penghargaan Desa Anti Korupsi tahun 2023 dari KPK RI ini juga menilai Mantan Asintel Kejati Riau yang akrab di sapa dengan Mbah jo ini dikenal sangat dekat dengan komunitas suku Jawa di Riau.

“Hampir seluruh organisasi etnis Jawa di Riau kenal baik dengan beliau dan selalu jadi penasehat, selain hal itu Mbah jo sangat dekat juga dengan para kepala desa di Riau, banyak kepala desa dibantu beliau dalam hal penyuluhan hukum maupun dalam bentuk lain nya,” pungkas Majosati.

Dari sejumlah fakta tersebut, Syofian Majosati menilai sosok jo menjadi pilihan yang sangat tepat untuk dipinang sebagai Kandidat Wakil Gubernur Riau baik oleh Parpol maupun oleh para Bacalon Gubernur Riau.

Continue Reading

Kabar Asik

Komitmen Pemkab Kampar Majukan BPR Sarimadu 

Published

on

PJ. Bupati Hambali berbagi cendera mata dengan Sekda Kulon Progo.

Bekawan.com – Penjabat Bupati Kampar Hambali didampingi Pj. Sekda Ahmad Yuzar dan tim Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Sarimadu melakukan studi banding ke BPR Kulon Progo dan BPR Sleman, Selasa (4/6/2024), kunjungan ini sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Kampar dalam mengembalikan kejayaan BPR Sarimadu.

Medio 2009 hingga 2014, Bank plat merah Kampar ini pernah berada dimasa kejayaan dan meraih sejumlah capaian, seperti “Prediket Sangat Bagus” kinerja keuangan selama Tahun 2009 dari Info Bank BPR AWARD 2010.

Hingga meraih sejumlah kategori di BUMD Awards 2010, seperti The Best 5, The Best Finance 2010, The Best 2, The Best BPR 2010, The Best 3, Human Capital Management Sistem Alignment dan The Best 2, Bupati Terbaik dalam Pembinaan BPR.

Seperti mengangkat Batang terendam, Penjabat Bupati Kampar, Hambali menunjukkan komitmennya untuk kembali memajukan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Sarimadu.

Kedatangan Pj. Bupati Hambali dan rombongan disambut langsung oleh Sekda Kulon Progo, Triono. Pada kesempatan tersebut Pj. Bupati Hambali mengungkapkan keinginannya untuk mengetahui, trik dan langkah apa saja yang telah dilakukan BPR Kulon Progo sehingga bisa maju dan berkembang.

“Dulunya BPR pernah jaya pada masanya, namun pada saat ini sangat mengalami kemunduran bahkan hampir failed dan tentunya Pemerintah Kabupaten Kampar sebagai pemegang saham, tidak ingin itu terjadi,” papar Hambali.

Ia mengungkapkan, bahwa BPR Kampar dulu besar namun saat ini sudah tidak ada progres, “kalau tidak cepat kita tangani maka akan hancur, untuk itu kami melakukan studi banding kesini, ini merupakan bentuk keseriusan kita mengembalikan nama besar BPR Kampar, kehadiran kami disini ingin belajar, ingin bangkit lagi dan memulai semuanya dari awal,” jelas Hambali.

Pada kesempatan tersebut Hambali juga menekankan kepada Komisaris, Dirut dan seluruh tim dari BPR untuk benar-benar serius dan maksimalkan semu potensi.

“Kunjungan ini sudah banyak mendapatkan inspirasi bagi kami, kepada kita semua, mari kita bersama-sama bangkit lagi, kedepan, semangat kita yang terpenting, kita harus memulai, kalau tidak kita siapa lagi, kita harus bersaing memberikan kenyamanan, banyak terobosan yang sudah dilakukan oleh Pemda Kulon Progo untuk pengembangan BPR mereka, itulah yang harus kita aplikasikan agar bisa bangkit dari keterpurukan,” ingatnya.

Sementara itu Sekda Kulon Progo, Triono mengatakan bahwa, Pemerintah daerah memberikan kepercayaan kepada BPR Kulon Progo untuk mengelola beberapa bentuk bentuk penyaluran dana, seperti untuk Gaji PNS pada dinas pendidikan dan guru SMP, tunjangan profesi guru ASN dan PPPK, Honorarium GTT, Bansos dan Dana Hibah, ADD, gaji PPPK, TPP, pembayaran proyek APBD dan penyaluran dana lainnya.

“Dengan adanya penyaluran dana tersebut, tentunya akan dapat menghidupkan BPR yang salah satu contohnya dengan memberikan pinjaman kepada ASN melalui pemotongan TPP, mungkin ini bisa diaplikasikan di Kabupaten Kampar,” terang Triono.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kampar, Toni Hidayat, Komisaris BPR Sarimadu Ramlah, Asisten II Setda Kampar Suhermi, Kabag Adpem Nanik Suryani dan Plt. Kabag Perekonomian Purwoko.

Continue Reading

Trending