Connect with us

DPRD

Ribuan Warga Hadiri Tabligh Akbar dan Shalawat Bersama UAS

Published

on

Tablig Akbar dan Shalawat bersama UAS dalam rangkaian kegiatan Peringatan HUT Pengajian Al-Hidayah ke-44

 

Kampar.,Bekawan.com – Ribuan masyarakat sesaki tabligh akbar peringatan HUT ke-44 pengajian Al-Hidayah organisasi keagamaan partai Golkar yang diadakan di lapangan Merdeka, Bangkinang Kota, Rabu (25/10/2023).

Al-Hidayah dibentuk partai Golkar 5 Oktober 1979 silam. Sebelumnya, dalam rangka memperingati HUT yang ke-44, banyak perlombaan yang diadakan Al-Hidayah Kampar dimasa kepemimpinan Erni Haerani Repol.

Puncaknya, peringatan HUT ke-44 Al-Hidayah yaitu menggelar tabligh akbar yang mengundang ustadz kondang Abdul Somad sebagai pengisi tausiyah.

Acara yang dibuka Ketua DPD Golkar Kampar Repol itu, dihadiri lebih 5 ribu masyarakat memadati lapangan bersejarah di Kampar ini.

“Alhamdulillah, saat ini Al-Hidayah berusia 44 tahun. Puncak peringatan ini kami mengadakan tabligh akbar dengan mengundang UAS. Masyarakat begitu antusias memadati tabligh akbar ini, semoga siraman rohani UAS memberikan keberkahan bagi kita,” sebut Repol.

Repol menyebut, tabligh akbar yang diadakan Al-Hidayah ini perdana dengan mengundang UAS.

“Mungkin ini yang perdana UAS menghadiri tabligh akbar sebesar ini. Kami mengucapkan terima kasih atas kesempatan waktu yang diluangkan UAS untuk mengisi tabligh akbar ini,” ujarnya.

Dalam ceramahnya, UAS mengajak masyarakat untuk selalu bersholawat nabi, serta senantiasa menegakkan ibadah sholat.

“Tabligh akbar ini dibuka dengan bersholawat, makna bersholawat sangat penting bagi kita. Terutama mendahului dengan membaca bismillah. Setiap kegiatan, baik sholat, tidur, makan selalu diawali bismillah dan bersholawat. Contohnya sholat, jika tidak ada sholawat, maka tidak sah sholat,” tegas UAS.

Disela ceramah, UAS mengingatkan kepada pengajian Al-Hidayah untuk dapat menggelar kembali acara tabligh akbar ini.

“Kalau bisa dimasa yang akan datang, tabligh ini dapat diadakan pada Sabtu malam. Agar tidak ada lagi orang yang berpacaran di malam Ahad. Jadi mereka datang diacara tabligh akbar ini mendapatkan pahala,” kata UAS.

Selanjutnya, UAS juga mengajak masyarakat yang hadir untuk bersama-sama peduli dan mendoakan masyarakat Palestina yang tengah menderita diserang zionis Israel.

“Mari kita doakan masyarakat Palestina. Tidak perlu Islam untuk peduli dengan Palestina, tapi cukup menjadi manusia untuk melindungi masyarakat Palestina. Memanusiakan manusia itu hal yang mulia,” tuturnya.

Terlihat, beberapa tokoh penting di Kampar hadir Anggota DPD/MPR RI H Edwin Pratama Putra, Pj Sekda Kampar, mantan Ketua DPRD Kampar Ongah Ahmad Fikri, Kapolres, Dandim, Danyon.

Sebelum mengisi tabligh akbar, UAS terlebih dahulu mendatangi kediaman rumah dinas DPRD Kampar yang ditempati Wakil Ketua DPRD Kampar Repol.

Disana, UAS bersilaturahmi bersama para pengurus pengajian Al-Hidayah dan pengurus DPD Golkar Kampar. Selama dikediaman Repol, UAS melaksanakan ibadah sholat berjamaah dan makan malam.

Continue Reading

DPRD

Ketua Komisi I Zulfan Azmi Sayangkan Pemda Kampar Tidak Laksanakan Putusan MK

Published

on

Bekawan.com – Komisi 1 DPRD Kampar menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait permasalahan mengenai keputusan Mahkamah Agung (MA) awal tahun 2022, antara Habibun Nazar dan panitia pemilihan Kades Desa Ranah Tahun 2019 lalu, bertempat ruang rapat komisi 1 DPRD kampar, Senin (18/12/2023).

Dikatakan Ketua Komisi 1 DPRD Kampar Zulfan Azmi mengatakan, rapat perdana ini mendengarkan apa yang disampaikan oleh pemohon (Habibun Nazar) kepada komisi 1 untuk mengadakan rapat dengar pendapat.

Dalam rapat disampaikan bahwa yang bersangkutan sudah menerima salinan putusan MA sejak awal 2022 lalu serta sudah dilakukan tahapan – tahapan gugatan

Ketika pemohon mendaftarkan diri menjadi calon kepala Desa Ranah pada waktu itu.

“Namun sangat kita sayangkan hingga saat ini hampir du tahun setelah putusan MA, Pemda Kampar juga belum mengeksekusi atau melaksanakan putusan MA tersebut. Oleh karena itulah beliau mengadukan hal ini ke Komisi 1 DPRD Kampar untuk mencari keadilan,” tutur Zulfan.

Hal ini bermula saat Habibun Nazar tidak masuk dalam kategori yang bisa menjadi salah satu bakal calon Kepala Desa Ranah pada tahun 2019 lalu dengan alasan tidak memenuhi syarat, karena pemohon merasa dirinya memenuhi syarat tahapan yang di ikuti, akhirnya pemohon melakukan proses hukum.

Proses hukum adalah melakukan gugatan ke PTUN yang menggugat panitia dan Kepala desa yang pada waktu masih menjabat saat itu.

Continue Reading

DPRD

DPRD Kampar Agendakan 30 November Ketok Palu APBD 2024 

Published

on

Ketua DPRD Kampar M. Faisal. Foto : Ari/Bekawan.com

Bekawan.com – Ketua DPRD Kampar Muhammad Faisal, ST, MT mengungkapkan sesuai jadwal yang sudah disusun, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kampar Tahun Anggaran 2024 akan ketok palu pada 30 November mendatang.

“Sesuai jadwal yang disusun Bamus, bahwa hari ini sudah selesai Paripurna Jawaban Pemerintah Atas Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Terhadap Ranperda APBD Kabupaten Kampar Tahun Anggaran 2024, kita akan lanjutkan rapat badan anggaran dengan agenda berikutnya, selanjutnya, sesuai jadwal yang disusun tadi, 30 November besok sudah bisa kita lakukan ketuk palu,” papar Faisal usai memimpin rapat Paripurna Rabu (22/11/2023).

Ketua DPRD Kampar bersalaman dengan Pj. Bupati Kampar Mhd. Firdaus. Foto : Ari/Bekawan.com

Ia juga mencermati adanya narasi terkait turunnya PAD Kampar, Faisal menyebut, hal itu terjadi karena belum dianggarkannya alokasi dana transfer daerah, seperti DAK maupun Dana Bagi Hasil Sawit.

“Namun berdasarkan surat dari Mendagri kita dibolehkan menyusun RAPBD ini, nanti penyesuaiannya, untuk estimasinya sepertinya sama dengan tahun sebelumnya,” papar Faisal.

Politisi Gerindra Kampar juga berharap Dana Bagi Hasil Sawit bisa maksimal diterima Kampar untuk menambah kekuatan APBD mengingat Kampar sebagai daerah dengan kebun sawit terluas di Provinsi Riau.

Continue Reading

DPRD

Waka DPRD Kampar Repol Puji Dedi Heriawan Sebagai Salah Satu Atlet Atletik Terbaik Kampar

Published

on

Wakil Ketua DPRD Kampar Repol mengalungkan medali ke Sprinter Dedi Heriawan. Foto : Upan/Bekawan.com

Bekawan.com – Wakil Ketua DPRD Kampar yang juga Ketua Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kabupaten Kampar Repol, S.Ag., M.IP memuji Penampilan salah satu atlet Atletik Kampar yang kembali berhasil mengharumkan nama Provinsi Riau dalam perhelatan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera XI Riau 2023 Cabang Olahraga (Cabor) Atletik yang dipusatkan di Stadion Tuanku Tambusai Bangkinang Kota, Senin (6/11/2023).

Dalam wawancaranya, Repol yang juga merupakan Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) Porwil Sumatera XI Riau 2023 Cabor Atletik ini mengatakan bahwa Dedi Heriawan merupakan salah satu atlet Atletik terbaik yang dimiliki Kabupaten Kampar.

“Alhamdulillah, hari ini Kontingen Riau kembali menambah perolehan medali emasnya setelah salah satu atlit Atletik terbaik Kampar Dedi Heriawan berhasil menjadi yang terbaik pada Dasa Lomba Putra,” jelasnya.

Kemudian Repol juga berpesan agar para atlet yang bertanding selalu menjunjung tinggi sportivitas.

“Kemenangan adalah tujuan utama dalam pertandingan, tapi prosesnya harus tetap diperhatikan. Menjadi juara adalah tujuan, namun akan tetapi menjunjung tinggi sportivitas dalam pertandingan adalah jiwa olahraga yang sesungguhnya,” pungkas Repol.

Adapun daftar nama pemenang pada Dasa Lomba Putra ini adalah juara 1 diraih oleh Dedi Heriawan dari Riau, juara II diraih oleh Sumitro dari Bengkulu dan untuk Juara III diraih oleh Ardiansyah dari Jambi. (Adv)

Continue Reading

Trending