Connect with us

Kawan Ngopi

Forum Anak Sudah Terbentuk di 21 Kecamatan dan 39 Desa di Kampar

Published

on

Kampar.,Bekawan.com – Didalam program pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kabupaten Kampar selain membentuk Satuan Tugas (Satgas) Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) dan Satgas Pencegahan Kekerasan Dalam RumahTangga (PKDRT) Dinas PPKBP3A Kampar juga membentuk Forum Anak Kampar (FAK).

Forum Anak Kampar ini dibentuk mulai dari tingkat kabupaten hingga ke tingkat desa. Yang saat ini sudah terbentuk di 39 desa di 21 kecamatan sebagai wadah bagi anak – anak untuk menuangkan kreatifitasnya.

“Forum ini terbentuk atas instruksi Kementerian Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) tahun 2022, yang anggotanya anak – anak yang berusia dari 1 sampai 18 tahun,” ujar Kadis PPKBP3A Kampar Edi Aprizal melalui Kabid Perlindungan Perempuan dan Anak Satiti Rahayu, S.KM, M.KM, Kamis (16/11/2023) saat ditemui diruang kerjanya.

Forum Anak lanjut Satiti, mempunyai tugas dan fungsi sebagai Pelopor dan Pelapor diwilayah atau desa mereka masing – masing. Pelopor adalah bagaimana mereka menyuarakan hak anak seperti, hak hidup, hak tumbuh kembang, perlindungan dan hak partisipasi.

“Sebagai pelapor adalah mereka mempunyai tugas dan kewajiban untuk melaporkan setiap tindak tanduk dan hal – hal yang merugikan anak – anak misalnya, ada anak di satu keluarga yang tidak mendapatkan pelayanan Posyandu, maka forum anak ini akan melaporkan ke pihak terkait agar anak ini mendapat pelayanan kesehatan,” imbuh Satiti.

Dia mengatakan forum anak ini dibentuk juga dalam rangka menuju Kampar Kota Layak Anak, yang saat ini Kampar sudah mendapat predikat Madya sebagai sebagai Kota Layak Anak.

“Saat ini Forum Anak lagi melakukan seleksi Duta Anak yang akan mewakili Kampar ke tingkat provinsi dan nasional yang saat ini sedang berlangsung yang nantinya akan menyuarakan suara anak Kampar ditingkat nasional,” jelas Satiti.

Untuk kepengurusan Forum Anak periode 2024 – 2025 telah dilantik oleh Pj Sekda Kampar Ramlah pada bulam oktober kemarin. (Adv)

Continue Reading

Kabar Asik

Pemda Kampar Luncurkan Program Sakinah, untuk Pasangan yang Akan Menikah 

Published

on

Pj. Bupati teken MoU dengan Kemenag terkait Program SAKINAH. Foto : Par/Bekawan.com

Bekawan.com – Pemda Kampar melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kampar meluncurkan Program Pelayanan Sistem Administrasi Kependudukan Terintegritas Keluarga Harapan (Sakinah) di Aula Rumah Dinas Bupati Kampar, Kamis (23/11/2023).

Acara diawali dengan Penandatanganan Nota Kesepakatan antara Pj. Bupati Firdaus dengan Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Kampar H Fuadi Ahmad.

Pj. Bupati Kampar Mhd. Firdaus dalam kesempatan itu menjelaskan, bahwa melalui program Sakinah ini banyak keuntungan bagi pasangan yang baru menikah.

“Keuntungannya secara otomatis Dinas Catatan Sipil akan mengeluarkan langsung Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang baru dengan status baru kedua pasangan, Kartu Keluarga (KK) serta Buku Nikah.

Pj. Bupati bertindak sebagai Saksi dipernikahan Fajri dan Meri usai melaunching Program SAKINAH. Foto : Par/Bekawan.com

Sementara itu Kepala Kemenag Kampar Fuadi Ahmad menyampaikan bahwa sejauh ini pihaknya terus melakukan sosialisasi dan bimbingan terhadap pasangan yang akan menikah, termasuk soal masalah Stunting.

Fuadi juga mengapresiasi program SAKINAH dari Disdukcapil ini, dimana program ini juga sesuai atau sejalan dengan program Sakinah Mawadah Warahmah Kementrian Agama Kabupaten Kampar.

Selanjutnya usai MoU, dalam launching program Sakinah juga dilaksanakan akad nikah pasangan Khairul Fajri Bin (Alm) Tarmizi Aziz dari Salo dengan Meri Gusparsari Binti (Alm) Amiruddin dan Rosda dari Desa Tanjung Rambutan. (***)

Continue Reading

Kawan Ngopi

Repol Antar Langsung Formulir ke PKS, Bukti Keseriusan Maju Jadi Bakal Calon Bupati Kampar

Published

on

Repol Saat Mengantar Formulir Pendaftaran Bakal Calon Bupati Kampar ke PKS, Foto (Aldi Irfan) 

 

Kampar.,Bekawan.com – Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Kampar Repol,S.Ag., M. IP secara langsung mengembalikan formulir pendaftaran Bakal Calon (Balon) Bupati Kampar yang dibuka Dewan Pimpinan Tingkat Daerah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Kampar, Senin (20/11/2023) sore, di Kantor DPTD PKS, Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Bangkinang, Kecamatan Bangkinang Kota, Kabupaten Kampar.

Kehadiran Repol didampingi Sekretaris DPD Golkar Kampar Yuli Hendra, ST bersama Wakil Ketua Kaderisasi Emil Budiono, SH, Ketua Pemenangan Pemilu Wilayah Satu Nuradlin, Pengurus DPD Lainnya dan Pimpinan Kecamatan (PK) Golkar se-Kabupaten Kampar.

Saat tiba di Kantor DPTD PKS Kampar, Repol disambut langsung oleh Sekretaris Umum Selamat dan Wakil Ketua DPRD Kampar H. Fahmil Datuk Sati Nan Tuo, Anggota DPRD Kampar Edi Efrison dan Pengurus PKS lainnya.

Dalam wawancaranya, Repol Menyampaikan keseriusannya untuk maju menjadi Bakal Calon (Balon) Bupati Kampar.

“Sore ini kami memang sengaja datang ke PKS dalam rangka untuk mengembalikan Formulir Bakal Calon Bupati Kampar yang diambil sekretaris pada tanggal 15 November kemarin, keputusan ini kami ambil setelah melakukan rapat terlebih dahulu di DPD Golkar Kampar bersama fungsionaris dan Ketua PK se-Kabupaten Kampar, kami hadir disini sebagai bentuk keseriusan kami mendaftarkan diri menjadi Bakal Calon Bupati Kampar,” tegas Wakil Ketua DPRD Kampar ini.

Kemudian Repol juga memaparkan, untuk membangun Kampar secara maksimal kekuatan itu ada di eksekutif.

“Kami ini sudah Empat periode di DPRD Kampar, sudah 4 kepala daerah dan 2 Penjabat (Pj) yang kami berada di dalamnya. Tentunya ada plus minus yang kami tangkap dan kami jadikan baham pertimbangan, sehingga timbullah semangat untuk berbuat lebih. Karena untuk bisa berbuat lebih itu ada di eksekutif, kalau di legislatif ada batasan-batasannya, kalau ingin maksimal membangun ada di eksekutif agar bisa membangun lebih banyak untuk Kampar,” imbuhnya.

Continue Reading

Kawan Ngopi

Peduli Palestina, SMAN 3 Tapung Galang Dana Rp54.700.000

Published

on

Kepala Sekolah SMAN 3 Tapung Erni Haerani Bersama Perwakilan Siswa SMAN 3 Tapung Saat Menyerahkan Bantuan, foto (Aldi Irfan) 

 

Kampar., Bekawan.com – Dukungan masyarakat Kampar untuk Palestina terus berlanjut, kali ini sumbangan sebesar Rp54.700.000 berhasil dikumpulkan oleh SMAN 3 Tapung hanya dalam waktu 1 minggu saja.

Hal ini disampaikan langsung Kepala Sekolah SMAN 3 Tapung Erni Haerani, S.Pd., MM, dalam wawancaranya ia merincikan penyerahan bantuan ini.

“Hari ini kami mengantarkan sumbangan kemanusiaan untuk Palestina yang digalang SMAN 3 Tapung, Total dana yang terkumpul 54.700.000 yang diserahkan ke Baznas Kampar 18.700.000, kemudian diserahkan kepada Dinas Pendidikan Provinsi Riau Rp1.000.000 karena SMAN 3 Tapung berada dibawah naungannya, lalu PMI Provinsi Riau 34.300.000,” jelasnya, jum’at (17/11/2023).

Selanjutnya ia juga menambahkan bahwa selain penggalangan dana oleh SMAN 3 Tapung, dana yang berhasil digalang ini juga merupakan titipan dari beberapa pihak.

“Semua dana yang terkumpul murni dari anak-anak, tidak diambil sedikitpun oleh sekolah untuk biaya anak-anak menggalang dana. Selain itu ada juga titipan dari beberapa TK dan SD yang ada di Desa Petapahan Jaya, juga ada dana dari majelis taklim dan wirid pengajian di daerah Tapung Hulu yang dipercayakan kepada kami,” jelasnya.

Diakhir wawancaranya, Istri dari Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kampar Repol, S.Ag., M.IP ini mengucapkan terimakasih dan berharap agar bantuan ini bisa meringankan beban saudara kita di Palestina.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada semua siswa-siswi dan majelis guru atas sumbangannya, TK, SD dan wirid pengajian ibu-ibu yang berada disekitar SMA 3 Tapung atas kepercayaannya menitipkan penggalangan dananya kepada kami. Semoga kedepannya tragedi kemanusiaan ini cepat berakhir, tidak ada lagi peperangan dan dunia menjadi aman. Semoga semua pihak yang sudah memberikan sumbangannya bernilai pahala di sisi Allah SWT dan rezekinya semakin melimpah,” pungkasnya.

 

Continue Reading

Trending