Connect with us

Kabar Kampar

Dinkes Gelar Koordinasi Lintas Program P2TB Tingkat Kabupaten Kampar

Published

on

Bekawan.com – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar yang diwakili Sekretaris Arianto, SKM, MPH menggelar koordinasi dengan team work Seksi P3M Dinas kesehatan Kabupaten Kampar dan seluruh Para Pengelola Program P2TB Puskesmas Se-Kabupaten Kampar serta dihadiri seluruh Ibu-Ibu Kader TB Desa.

Dalam kesempatan itu Ketua pelaksanaan Pertemuan Koordinasi Lintas Program P2TB Tingkat Kabupaten Kampar Jhoni Hidayat, SKM melaporkan Pertemuan Koordinasi Lintas Program Tingkat Kabupaten Kampar Tahun 2023 yang diikuti oleh 22 orang dokter dari 22 Puskesmas di Kabupaten Kampar, 5 orang Pengelola Program TB dari 5 Puskesmas, 5 orang Pengelola Program HIV/AIDS dari 5 Puskesmas serta 2 orang kader dari 5 Puskesmas yang terpilih di Kabupaten Kampar.

Sementara itu Sekretaris Dinas Kesehatan Arianto menyampaikan Tuberkulosis (TBC) adalah penyakit yang disebabkan bakteri Mycobacterium tuberculosis (Mtb). Indonesia termasuk Negara dengan beban TBC tingi dimana saat ini Indonesia menduduki peringkat ke DUA di dunia, dengan insiden sebesar 945.000 atau sebesar 330/100.000 penduduk dengan angka kematian sebanyak 98.000 atau sebesar 40/100.000 penduduk dan 4/100.000 penduduk TBC-HIV. Ia juga menyampaikan Beban ILTB di dunia pada tahun 2014 diperkirakan sebanyak 1.700.000.000 orang dimana 35% diantaranya berasal dari wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia.

“WHO pada tahun 2018 menyelenggarakan pertemuan tingkat tinggi pertama yang membahas tentang TBC. Dalam pertemuan tersebut seluruh pimpinan negara yang hadir menyepakati dan menegaskan kembali target SDG tahun 2030 adalah menurunkan angka kematian akibat TBC hingga 90% dan menurunkan angka insidensi TBC hingga 80%,” paparnya dalam acara yang digelar Rabu (22/11/2023).

 

Disamping itu lanjutnya, ditetapkan pula 4 target global untuk mencapai target SDG, dimana salah satunya memberikan Terapi Pencegahan Tuberkulosis (TPT) kepada setidaknya 30 juta orang dalam kurun waktu 5 tahun yang sebelumnya dikenal dengan Pengobatan Pencegahan INH (PP INH) .

Berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan Program tahun 2022 capaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) Program P2TB Kabupaten Kampar sudah mampu melampaui target Nasional dengan capaian absolut sebanyak 14.464 orang anggota masyarakat yang dinyatakan sebagai suspect TBC telah dilakukan pemeriksaan dahak dengan menggunakan alat Tes Cepat Molekuler (TCM). Jumlah ini bahkan telah mampu melampaui Target SPM yang sudah ditetapkan pemerintah, yaitu sebesar 14.405 orang.

Sementara itu, jumlah kasus TBC yang ditemukan tahun 2022 baru mencapai 1.230 kasus (37%) dari 3.352 target penemuan kasus yang ditetapkan Kemenkes, artinya masih sekitar 63% kasus lagi yang belum ditemukan. Hal ini perlu kita garis bawahi sebagai pekerjaan yang harus terselesaikan menjelang tahun 2030.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan gambaran bagi kita semua tentang pekerjaan besar yang harus kita selesaikan menjelang tahun 2030,” harap Sekretaris Dinkes Kampar.

Continue Reading

Kabar Kampar

Penjabat Bupati Kampar Lantik Dewan Hakim dan Lepas Pawai Ta’aruf Peserta MTQ

Published

on

Pj. Sekda Yusri melantik dewan hakim MTQ ke-53 Tingkat Kabupaten Kampar. Prodokpim

Bekawan.com – Penjabat Bupati Kampar diwakili Pj. Sekda Kampar Drs. Yusri melantik 120 Dewan Hakim dan melepas Pawai Ta’aruf Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-53 tingkat Kabupaten Kampar di Kecamatan Perhentian Raja, Kamis (29/2/2024).

Hadir dalam kesempatan pelantikan dan pelepasan Pawai Ta’aruf diantaranya Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Perhentian Raja, Ketua TP-PKK Kabupaten Kampar Ricana Dyanti Hambali, Anggota DPRD Kabupaten Kampar Iib Nursaleh, seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar, seluruh Camat, serta 120 dewan Hakim.

Sekda Yusri mengatakan pelantikan Dewan Hakim Musabaqah Tilawati Qur’an Tingkat Kabupaten Kampar ke-53 Tahun 2024. Pelantikan Dewan Hakim ini merupakan bagian terpenting dari setiap rangkaian kegiatan MTQ yang kita laksanakan. Hal ini karena Dewan Hakim merupakan salah satu komponen utama serta penentu dalam pelaksanaan kegiatan ini.

Ia juga berharap kepada Dewan Hakim yang terhormat untuk dapat melaksanakan tugas penilaian sesuai dengan keahliannya serta dapat memberikan penilaian yang objektif berdasarkan kepada hati nurani tanpa dipengaruhi oleh siapapun dan pihak manapun.

“Disamping itu Sekda juga berharap setelah pelaksanaan MTQ ini, Dewan Hakim kembali melanjutkan pembinaan ditempat masing-masing, karena kami mengetahui para Dewan Hakim yang bertugas saat ini rata-rata adalah para guru di tempatnya masing-masing.

“Mari kita kita kembalikan syiarkan dan kita gemakan ayat-ayat suci Al Qur’an di negeri kita, bangkitkan kembali kecintaan terhadap Al Qur’an melalui kegiatan Magrib Mengaji di Kampung kita, sehingga surau-surau dan masjid-masjid kembali hidup dengan kegiatan para remaja, anak-anak generasi penerus bangsa dengan membaca Al Quran,” ungkapnya.

Dalam teks sambutan Pj. Bupati Kampar yang dibacakan Pj. Sekda Kampar juga menyampaikan bahwa Pawai Ta’aruf merupakan proses awal dari pelaksanaan MTQ disamping untuk memeriahkan pelaksanaan MTQ dan penyemangat para kafilah, awai ta’aruf juga sebagai ajang silahturahmi diantara semua kafilah, masyarakat dan pihak Pemerintah.

Yusri juga menjelaskan bahwa Musabaqah Tilawatil Qur’an yang dilaksanakan ini juga merupakan sarana para kafilah Kabupaten Kampar dalam berlomba dan meraih prestasi yang bisa dibanggakan, baik itu orang tua dan masyarakat di kecamatan masing-masing sehingga kedepan dapat mewakili dan mengharumkan Kabupaten Kampar di tingkat Provinsi maupun Nasional.

Ia juga menghimbau agar menautkan hati dalam berkarya dan melangkah bersama menuju ridho Illahi, dengan tetap memegang teguh nilai-nilai Al Qur’an dan budaya luhur Bumi Serambi Mekahnya Provinsi Riau ini. Dalam pawai ta’aruf MTQ ke-53 tingkat Kabupaten Kampar ini diikuti seluruh 21 Kecamatan se-kabupaten Kampar dan diikuti seluruh kafilah kecamatan.

Continue Reading

Kabar Kampar

Bawaslu Kampar Teruskan Temuan dugaan Tindak Pidana Pemilu oleh Oknum Kades ke Polres

Published

on

Ketua Bawaslu Kampar Sawir Abdullah bersama jajaran dan tim Sentra Gakkumdu membahas laporan dugaan pelanggaran Pemilu. Foto : Humas Bawaslu Kampar

Bekawan.com – Bawaslu Kabupaten Kampar meneruskan temuan dugaan tindak pidana Pemilu 2024 ke Polres Kampar yang dilakukan seorang Kepala Desa. Ketua Bawaslu Syawir Abdullah menyebut temuan tersebut berdasarkan hasil pengawasan Bawaslu di Media sosial pada saat tahapan Kampanye.

Menurut Syawir, penerusan dugaan tindak pidana pemilu ini sebagaimana hasil pembahasan pada Sentra Gakkumdu dan disepakati bersama antara Bawaslu Kabupaten Kampar, Polres Kampar dan Kejaksaan Negeri Kampar.

“Penerusan temuan ini tentu tidak terlepas dari kerja sama unsur-unsur dalam Sentra Gakkumdu yang terdiri dari Bawaslu, Penyidik Polres dan Kejaksaan yang senantiasa memberikan masukan dan pendampingan dalam proses penanganan pelanggaran di Bawaslu,” papar Syawir, Rabu (28/2/2024) sore.

Sementara itu Kordiv Penanganan Pelanggaran Pemilu Bawaslu Kabupaten Kampar, Miki AB, menyampaikan bahwa dugaan Pelanggaran Pidana Pemilu yang diteruskan ke Polres Kampar tersebut adalah Temuan dugaan Pelanggaran Pemilu Nomor: 001/Reg/TM/PL/Kab/04.06/II/2024, yang diduga dilakukan oleh oknum Kades di Kecamatan Tambang yang diduga melakukan tindakan menguntungkan salah satu peserta Pemilu dengan membagikan sembako untuk warga terdampak banjir di Kecamatan Tambang.

“Dalam bentuk tentengan tas atau Goody bag warna biru berlogo partai dan bertuliskan mohon dukungannya untuk salah seorang Caleg, Kades berinisial JN diduga melanggar Pasal 490 undang-undang nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu,” paparnya.

Sebelumnya Bawaslu Kampar juga telah melakukan penelusuran dua dugaan pelanggaran Pemilu dan telah melakukan kajian berdasarkan pasal-pasal yang disanksikan kepada terduga berdasarkan Undang-Undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

Continue Reading

Kabar Kampar

Pj. Bupati Hambali Buka Musrenbang RKPD Tingkat Kabupaten Kampar

Published

on

PJ. Bupati Kampar Hambali meneken RKPD Kabupaten Kampar Tahun 2025. Foto : Prodokpim

Bekawan.com – Penjabat Bupati Kampar Hambali membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2024 di Balai Bupati, Rabu (28/2/2024), kegiatan ini dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Kampar Tahun 2025.

Dalam arahannya Pj. Bupati Kampar menyebut dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Kampar tahun 2025, pemerintah melaksanakan Musrenbang dengan tema menjadikan Kampar yang berdaya saing, sejahtera, bermasyarakat, unggul, dan berkelanjutan di Provinsi Riau, dengan prioritas peningkatan pembangunan di bidang ekonomi, infrastruktur, pendidikan, kesehatan, sosial dan lingkungan hidup.

Hambali mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam rangkaian acara, mulai dari pelaksanaan Pra-Musrenbang sampai dengan Musrenbang Kabupaten Kampar ini.

“Kita berharap pada acara Musrenbang ini, mampu menghadirkan proses perencanaan pembangunan yang efisien, efektif, partisipatif, dan akuntabel, sehingga bermuara pada tercapainya dokumen perencanaan yang semakin berkualitas,” katanya.

Selain itu Hambali menjelaskan Musrenbang ini menjadi forum disepakatinya tujuan dan sasaran pembangunan kabupaten Kampar untuk tahun 2025 bersama dengan pemangku kepentingan yang ada di Kabupaten Kampar.

“Manfaatkan secara maksimal, serta menjadi ruang diskusi konstruktif dalam melahirkan berbagai gagasan solutif untuk menjawab berbagai isu strategis pembangunan,” pesannya

Hambali juga mengajak kepada seluruh pemangku kepentingan pembangunan di Kabupaten Kampar, untuk selalu optimis dalam upaya menghadirkan kesejahteraan masyarakat yang menyeluruh dan berkeadilan, mempersiapkan kualitas dan kompetensi sumber daya manusia sebagai modal dasar untuk maju dan berdaya saing, serta penerapan prinsip-prinsip keseimbangan lingkungan dalam melaksanakan pembangunan.

Continue Reading

Trending