Connect with us

Kabar Kampar

Penjabat Bupati Kampar Hadiri Munas Perpaksinas Ke-1 Tahun 2023

Published

on

Bekawan.com – Penjabat Bupati Kampar H.Muhammad Firdaus menghadiri acara Perkumpulan Penyuluh Anti Korupsi Nasional (Perpaksinas) menggelar Musyawarah Nasional ke-1 di SKA Co-Ex Pekanbaru, kamis (23/11/2023) malam.

Hadir Dalam Acara Tersebut Plt.Gubernur Riau Brigjen TNI (Purn) H.Edy Natar Nasution.S.IP, Pimpinan KPK RI yang Diwakili Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat, KPK RI Wawan Wardiana, Kakanwil Kemenkumhan Riau Berserta Divisi, Kapolda Riau yang Diwakili Dirkrimsus Polda Riau Tegu wididodo . Pj.Walikota yang Diwakili Sekda Kota Indra Pomi, Inspektur Kabupaten Kampar Febrinaldi.

Edi Natar menyampaikan aprsesiasi kepada pimpinan KPK dan seluruh penyuluh anti korupsi. Dalam munas ini, semoga nantinya berjalan lancar dapat memilih ketua dan pengurus.

Dengan terbentuknya Forum ini, semoga kedepan juga dapat memberikan bimbingan kepada penyuluh Kabupaten/Kota yang ada di seluruh Indonesia.

“Jangan pernah berlindung dibalik namanya KPK, efektifitas yang saudara lakukan dilapangan akan terlihat nantinya. Untuk itu kita harus bergandeng tangan untuk memberantas korupsi dengan 300 lebih penyuluh anti kotupsi tersebar di indonesia,” ucap Edi.

Hal senada juga disampaikan Pj Bupati Kampar H Mhd. Pirdaus menyampaikan apresiasi kepada KPK melalui Forum penyuluh untuk terus memberikan penyuluhan disetiap daerah khususnya kabupaten kampar.

“Untuk diketahui, bahwa Forum Perpaksinas nantinya pada jum’at, 24 November 2023 akan mengadakan kunjungan guna melakukan penyuluhan di Kabupaten Kampar,” ungkap Edi.

Dalam kunjungan itu, diperkirakan akan diikuti seluruh peserta Munas sebanyak 41 orang yang tergabung dalam forum penyuluh antikorupsi nasional se-Indonesia dari 34 Provinsi, dan 7 dari kementrian dan lembaga.

Sedangkan pimpinan KPK RI yang diwakili Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK RI, Wawan Wardiana, dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan bahwa kerja KPK tidak hanya bergantung pada satu orang dalam melaksanakan tugas dalam membantu pemberantasan korupsi.

Ia memaparkan bahwa korupsi adalah kejahatan yang sangat luar biasa, jika seorang membunuh yang dibunuh hanya satu orang dan yang korban cuma satu keluaga, akan tetapi korupsi akan merugikan ribuan bahkan jutaan orang yang akan menerima dampaknya.

“Untuk itu, yang luar biasa harus dilawan dengan luar biasa. Bangaimana mewujudkan nilai anti korupsi agar pada 100 tahun Indonesia merdeka atau pada tahun 2045 nantinya. Indonesia benar-benar menjadi Bangsa Emas, atau Negara yang bebas dari korupsi.

Penting juga untuk memperkuat sistem pengawasan dan pemberantasan korupsi di berbagai sektor. Transparansi, akuntabilitas, dan partisipasi publik perlu ditingkatkan. Mari bersama-sama mengawal pelaksanaan kebijakan anti-korupsi dan mendukung lembaga-lembaga yang berperan dalam upaya tersebut.

“Dalam menjalankan tugas ini, mari tinggalkan ego sektoral dan bersatu sebagai satu bangsa. Kita semua memiliki tanggung jawab untuk melindungi kehormatan dan masa depan negara kita dari ancaman korupsi. Dengan tekad dan kerjasama yang kokoh, kita bisa membangun masa depan yang bersih, adil, dan sejahtera,” ajaknya. (Pan)

Continue Reading

Kabar Kampar

Penjabat Bupati Kampar Lantik Dewan Hakim dan Lepas Pawai Ta’aruf Peserta MTQ

Published

on

Pj. Sekda Yusri melantik dewan hakim MTQ ke-53 Tingkat Kabupaten Kampar. Prodokpim

Bekawan.com – Penjabat Bupati Kampar diwakili Pj. Sekda Kampar Drs. Yusri melantik 120 Dewan Hakim dan melepas Pawai Ta’aruf Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-53 tingkat Kabupaten Kampar di Kecamatan Perhentian Raja, Kamis (29/2/2024).

Hadir dalam kesempatan pelantikan dan pelepasan Pawai Ta’aruf diantaranya Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Perhentian Raja, Ketua TP-PKK Kabupaten Kampar Ricana Dyanti Hambali, Anggota DPRD Kabupaten Kampar Iib Nursaleh, seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar, seluruh Camat, serta 120 dewan Hakim.

Sekda Yusri mengatakan pelantikan Dewan Hakim Musabaqah Tilawati Qur’an Tingkat Kabupaten Kampar ke-53 Tahun 2024. Pelantikan Dewan Hakim ini merupakan bagian terpenting dari setiap rangkaian kegiatan MTQ yang kita laksanakan. Hal ini karena Dewan Hakim merupakan salah satu komponen utama serta penentu dalam pelaksanaan kegiatan ini.

Ia juga berharap kepada Dewan Hakim yang terhormat untuk dapat melaksanakan tugas penilaian sesuai dengan keahliannya serta dapat memberikan penilaian yang objektif berdasarkan kepada hati nurani tanpa dipengaruhi oleh siapapun dan pihak manapun.

“Disamping itu Sekda juga berharap setelah pelaksanaan MTQ ini, Dewan Hakim kembali melanjutkan pembinaan ditempat masing-masing, karena kami mengetahui para Dewan Hakim yang bertugas saat ini rata-rata adalah para guru di tempatnya masing-masing.

“Mari kita kita kembalikan syiarkan dan kita gemakan ayat-ayat suci Al Qur’an di negeri kita, bangkitkan kembali kecintaan terhadap Al Qur’an melalui kegiatan Magrib Mengaji di Kampung kita, sehingga surau-surau dan masjid-masjid kembali hidup dengan kegiatan para remaja, anak-anak generasi penerus bangsa dengan membaca Al Quran,” ungkapnya.

Dalam teks sambutan Pj. Bupati Kampar yang dibacakan Pj. Sekda Kampar juga menyampaikan bahwa Pawai Ta’aruf merupakan proses awal dari pelaksanaan MTQ disamping untuk memeriahkan pelaksanaan MTQ dan penyemangat para kafilah, awai ta’aruf juga sebagai ajang silahturahmi diantara semua kafilah, masyarakat dan pihak Pemerintah.

Yusri juga menjelaskan bahwa Musabaqah Tilawatil Qur’an yang dilaksanakan ini juga merupakan sarana para kafilah Kabupaten Kampar dalam berlomba dan meraih prestasi yang bisa dibanggakan, baik itu orang tua dan masyarakat di kecamatan masing-masing sehingga kedepan dapat mewakili dan mengharumkan Kabupaten Kampar di tingkat Provinsi maupun Nasional.

Ia juga menghimbau agar menautkan hati dalam berkarya dan melangkah bersama menuju ridho Illahi, dengan tetap memegang teguh nilai-nilai Al Qur’an dan budaya luhur Bumi Serambi Mekahnya Provinsi Riau ini. Dalam pawai ta’aruf MTQ ke-53 tingkat Kabupaten Kampar ini diikuti seluruh 21 Kecamatan se-kabupaten Kampar dan diikuti seluruh kafilah kecamatan.

Continue Reading

Kabar Kampar

Bawaslu Kampar Teruskan Temuan dugaan Tindak Pidana Pemilu oleh Oknum Kades ke Polres

Published

on

Ketua Bawaslu Kampar Sawir Abdullah bersama jajaran dan tim Sentra Gakkumdu membahas laporan dugaan pelanggaran Pemilu. Foto : Humas Bawaslu Kampar

Bekawan.com – Bawaslu Kabupaten Kampar meneruskan temuan dugaan tindak pidana Pemilu 2024 ke Polres Kampar yang dilakukan seorang Kepala Desa. Ketua Bawaslu Syawir Abdullah menyebut temuan tersebut berdasarkan hasil pengawasan Bawaslu di Media sosial pada saat tahapan Kampanye.

Menurut Syawir, penerusan dugaan tindak pidana pemilu ini sebagaimana hasil pembahasan pada Sentra Gakkumdu dan disepakati bersama antara Bawaslu Kabupaten Kampar, Polres Kampar dan Kejaksaan Negeri Kampar.

“Penerusan temuan ini tentu tidak terlepas dari kerja sama unsur-unsur dalam Sentra Gakkumdu yang terdiri dari Bawaslu, Penyidik Polres dan Kejaksaan yang senantiasa memberikan masukan dan pendampingan dalam proses penanganan pelanggaran di Bawaslu,” papar Syawir, Rabu (28/2/2024) sore.

Sementara itu Kordiv Penanganan Pelanggaran Pemilu Bawaslu Kabupaten Kampar, Miki AB, menyampaikan bahwa dugaan Pelanggaran Pidana Pemilu yang diteruskan ke Polres Kampar tersebut adalah Temuan dugaan Pelanggaran Pemilu Nomor: 001/Reg/TM/PL/Kab/04.06/II/2024, yang diduga dilakukan oleh oknum Kades di Kecamatan Tambang yang diduga melakukan tindakan menguntungkan salah satu peserta Pemilu dengan membagikan sembako untuk warga terdampak banjir di Kecamatan Tambang.

“Dalam bentuk tentengan tas atau Goody bag warna biru berlogo partai dan bertuliskan mohon dukungannya untuk salah seorang Caleg, Kades berinisial JN diduga melanggar Pasal 490 undang-undang nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu,” paparnya.

Sebelumnya Bawaslu Kampar juga telah melakukan penelusuran dua dugaan pelanggaran Pemilu dan telah melakukan kajian berdasarkan pasal-pasal yang disanksikan kepada terduga berdasarkan Undang-Undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

Continue Reading

Kabar Kampar

Pj. Bupati Hambali Buka Musrenbang RKPD Tingkat Kabupaten Kampar

Published

on

PJ. Bupati Kampar Hambali meneken RKPD Kabupaten Kampar Tahun 2025. Foto : Prodokpim

Bekawan.com – Penjabat Bupati Kampar Hambali membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2024 di Balai Bupati, Rabu (28/2/2024), kegiatan ini dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Kampar Tahun 2025.

Dalam arahannya Pj. Bupati Kampar menyebut dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Kampar tahun 2025, pemerintah melaksanakan Musrenbang dengan tema menjadikan Kampar yang berdaya saing, sejahtera, bermasyarakat, unggul, dan berkelanjutan di Provinsi Riau, dengan prioritas peningkatan pembangunan di bidang ekonomi, infrastruktur, pendidikan, kesehatan, sosial dan lingkungan hidup.

Hambali mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam rangkaian acara, mulai dari pelaksanaan Pra-Musrenbang sampai dengan Musrenbang Kabupaten Kampar ini.

“Kita berharap pada acara Musrenbang ini, mampu menghadirkan proses perencanaan pembangunan yang efisien, efektif, partisipatif, dan akuntabel, sehingga bermuara pada tercapainya dokumen perencanaan yang semakin berkualitas,” katanya.

Selain itu Hambali menjelaskan Musrenbang ini menjadi forum disepakatinya tujuan dan sasaran pembangunan kabupaten Kampar untuk tahun 2025 bersama dengan pemangku kepentingan yang ada di Kabupaten Kampar.

“Manfaatkan secara maksimal, serta menjadi ruang diskusi konstruktif dalam melahirkan berbagai gagasan solutif untuk menjawab berbagai isu strategis pembangunan,” pesannya

Hambali juga mengajak kepada seluruh pemangku kepentingan pembangunan di Kabupaten Kampar, untuk selalu optimis dalam upaya menghadirkan kesejahteraan masyarakat yang menyeluruh dan berkeadilan, mempersiapkan kualitas dan kompetensi sumber daya manusia sebagai modal dasar untuk maju dan berdaya saing, serta penerapan prinsip-prinsip keseimbangan lingkungan dalam melaksanakan pembangunan.

Continue Reading

Trending