Connect with us

Kabar Rohil

Alisasi Bidang Kerohanian, Bupati Suyatno Bangun Masjid Cheng Ho dan Bagikan Sertifikat Rumah Ibadah

Published

on

Bekawan.com – Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) dibawah kepemimpinan Bupati H. Suyatno bertekad merealisasikan pembangunan dibidang kerohanian sarana dan prasarana ibadah di wilayahnya.

Salah satu yang akan dibangun adalah Masjid Muhammad Cheng Ho yang rencananya dibangun di area Pujasera Bagansiapiapi, tak hanya sebagai tempat ibadah, masjid ini rencananya dibangun untuk mendukung pariwisata sejarah religi di Rokan Hilir.

Bupati Suyatno menyebut rencana pembangunan Masjid Muhammad Cheng Ho sudah disepakati bersama dalam rapat dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Rohil, Dewan Masjid Indonesia (DMI) Rohil, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda serta ormas Islam yang digelar di Gedung Daerah Datuk Batu Hampar, Bagansiapiapi Rabu (20/3/2019) lalu.

“Insya Allah tahun ini juga kita akan membangun Masjid Muhammad Cheng Ho berada di Kota Bagansiapiapi,” ujarnya kala itu dalam rapat.

Pembangunan Masjid dengan nama Muhammad Cheng Ho bukan tanpa alasan, Bupati Suyatno menyebut penamaan Cheng Ho tak lepas dari sejarah pembangunan Kota Bagan Siapiapi yang dibuka pertamakali oleh etnis Tionghoa.“Setelah mereka membuka kota Bagan Siapiapi lalu mereka turun temurun, sehingga tak heran banyak Tionghoa di Kota Bagansiapiapi, dan bahkan banyak juga yang sudah masuk agama Islam,” jelas Suyatno. Ia juga menyebut Pembangunan Masjid Muhammad Cheng Ho seluas 2 hektare itu rencananya akan dimulai sebelum acara Bakar Tongkang.

Tak hanya sebatas pembangunan Masjid Muhammad Cheng Ho, Bupati Suyatno bersama Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar M.Si membagikan sertifikat tanah wakaf dan rumah ibadah dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Penghulu dan Lurah se- Kabupaten Rokan Hilir, bertempat di Gedung Serbaguna H Misran Rais Bagansiapiapi, Senin (15/4/2019).

Pembagian sertifikat tanah bersama Gubri.

Acara pembagian sertifikat rumah ibadah oleh Bupati Suyatno bersama Gubri. Sertifikat tanah yang diserahkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rohil kepada masyarakat, yakni sertifikat tanah wakaf dan sertifikat rumah ibadah tanah gereja, vihara, musollah dan masjid.

Program ini dinilai sangat positif, sehingga dengan adanya kepastian atas hak tanah dan rumah ibadah, diharapkan masyarakat semakin tenang beribadah, dan menghindarkan rumah ibadah dari objek sengketa. (Adv/ibnusina)

Continue Reading

Kabar Rohil

Diikuti 159 Desa, PMD Rohil Gelar Pelatihan Perdes

Published

on

Bekawan.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Rokan Hilir Rohil melaksanakan pelatihan pembuatan Peraturan Desa (Perdes). Acara yang dipusatkan di salah satu hotel di Kota Bagansiapiapi itu dibuka oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Setdakab Rohil Drs H Ferry Hendra Parya MSi dan diikuti 159 desa.

Kepala Dinas PMD Rohil, H Jasrianto SSos mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk memberi semacam pelatihan kepada aparatur kepenghuluan.

“Sebelumnya pelatihan ini untuk Datuk Penghulu, namun karena pelatiham Perdes ini lebih menonjol ke Sekretaris Desa (Sekdes) maka kita alihkan,” katanya.

Ia berharap dengan pelatihan ini kedepannya bisa mendapatkan hasil yang lebih baik dan paham membuat peraturan desa serta kegunaannya.

“Dalam pelatihan kali ini kita mendatangkan instruktur dari Provinsi Riau, Inspektorat Rohil, dan dari pihak hukum. Hal ini agar nanti dalam pelaksanaan bisa berjalan dengan baik sesuai ketentuannya,” harapnya.

Pelatihan Perdes ini sebutnya memang sudah sering dilaksanakan bagi desa. Namun tentunya harus dipertajam dan ditambah dengan ilmu agar kecepatannya bisa berjalan lebih baik.

“Hari ini para Sekdes diwajibkan membawa laptop dan diuji cara membuat Perdes. Karena kalau Perdesnya sudah dibuat wajib dijalankan, kalau dilanggar tentunya akan mendaptkan sanksi,” kata Jasrianto.

( IBNUSINA) 

Continue Reading

Kabar Rohil

22 Pejabat Administrator dan Pengawas Rohil Dilantik

Published

on

Bekawan. com – Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan administrator dan pengawas dilingkungan pemdakab Rokan Hilir (Rohil) dilaksanakan di Aula lantai IV kantor BKAD Rohil jalan Merdeka Bagansiapiapi, Senin (11/11/2019).

Tampak hadir Bupati Kabupaten Rohil H.Suyatno, ketua DPRD Rohil Maston dan pejabat tinggi pimpinan pratama  BKSDM Rohil Roy Azlan dan sejumlah pimpinan tinggi pratama OPD serta para ASN. Orang nomor satu di Rohil dalam kesempatan ini melantik 22 pejabat di lingkungan pemdakab Rohil tersebut.

Dalam sambutannya,  orang nomor satu di Rohil menyampaikan selamat kepada pejabat yang telah dilantik.  Kemudian itu, Ia menginginkan pajabat yang dilantik dapat bekerjasama dengan pimpinan sehingga program OPD dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Suyatno juga mengharapkan kepada para pejabat dapat mempertahankan prestasi yang telah diraih  Kabupaten Rokan Hilir saat ini.

“Pertahankan prestasi, jika perlu ditingkatkan prestasi tersebut,”ujarnya.

Untuk itu,  orang nomor satu di Rohil ini menegaskan kepada ASN di lingkungan Pemda Rokan Hilir agar dapat menyelesaikan persoalan-persoalan.  

“Keharmonisan di dalam itu perlu. Kalau tidak harmonis antara pimpinan dengan bawahan, maka mulailah bongkar-membongkar, buka- membuka, foto kopi memfoto copi bahkan  kemana mana,”kata Suyatno.

Oleh sebab itu, diharapkan kepada pimpinan tidak ada terjadi pilih kasih dengan mempercayai hanya satu orang saja. Tetapi percayalah kepada bawahan sesuai dengan bidang yang dijabatnya.

“Kita percaya sama satu orang itu tak boleh. Karena kita masing masing berada di porsinya masing-masing,” tutur Suyatno.

Bupati Rokan Hilir ini menginginkan agar para ASN di lingkungannya dapat menjalankan apa yang disampaikan  demi kemajuan daerah Rokan Hilir.

“Saya minta apa yang saya sampaikan tadi itu coba renungkan kembali, jadi kita sudah bagus ini dengan banyak prestasi prestasi yang kita raih jangan sampai menurun tingkatnya,”pungkas Suyatno. 
( ibnusina )

Continue Reading

Kabar Rohil

Bacalon Bupati Rohil Afrizal Kembalikan Berkas Formulir Penjarigan ke Parpol

Published

on

Bekawan.com – Bakal Calon Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong didampingi istri Sanimar S.Pd serta tim militan emak emak dan rombongan melakukan pengembalian formulir penjaringan ke partai Demokrat di Bagansiapiapi, Kamis (7/11/2019).

Formulir yang diambil tanggal 22 Oktober itu, dikembalikan dan langsung diterima Sekretaris Penjaringan Fauzi Gunawan SE didampingi dua Anggota Fraksi Demokrat Elfa Rinda,S. Pd dan Padhli.

Dalam sambutannya, Sekretaris panitia penjaringan partai Demokrat Fauzi Gunawan mengatakan, bagi bakal calon yang mendaftar dan mengembalikan formulir di Demokrat, masih ada beberapa tahapan yang harus dilalui sebagaimana arahan dan aturan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Demokrat yang sampai ke Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Demokrat Rokan Hilir.

Bacalon Bupati Rohil Afrizal Sintong disambut jajaran pengurus DPC Demokrat Rohil.

Salah satunya, Demokrat akan melaksanakan tahapan konvensi pada 7-8 November dengan melakukan konsolidasi kepada calon kandidat yang mendaftar di Demokrat.

“Kita akan sampaikan bahwa pada konvensi nanti ada syarat yang harus diikuti bakal calon,” ungkapnya.

Adapun syarat yang harus dipenuhi lanjut Fauzi, Bacalon harus harus melakukan penggalangan dukungan pada tanggal 9 desember sampai 28 Februari. Dukungan itu berupa dukungan PAC Demokrat minimal 30 persen atau 6 PAC kepada calon kandidat.

“Selain itu, Bacalon juga harus memiliki dukungan dari tokoh masyarakat harus secara tertulis yang ditandatangani, baik dukungan Ormas maupun dukungan perorangan,” jelasnya.

Sementara itu, Elfa Rinda S.Pd mengatakan, dengan mengembalikan formulir Bacalon Afrizal, ia berharap hal ini bisa berkelanjutan membawa Afrizal sampai kejenjang pemilihan.

“Namun kami DPC hanya melaksanakan penjaringan, penentuan tetap di DPP. Tapi kami menyambut baik kepercayaan pak Epi meminang partai kami, mudahan kedepannya ditetapkan sebagai calon bupati dari Demokrat,” harapnya.

Mantan Anggota DPRD Rohil Afrizal Sintong juga berharap sama agar dapat menggunakan perahu Demokrat menuju Rohil 1. Sebab, keseriusannya mengembalikan formulir ke Demokrat dikarenakan ia memiliki niat dan keinginan besar bersama Demokrat untuk membangun Rokan Hilir kedepannya.

Dikatakan Afrizal, bahwa saat ini dirinya tidak bisa berbuat banyak untuk membangun Rokan Hilir tanpa adanya jabatan. Oleh sebab itu, dia sangat berharap kepada Demokrat untuk bisa bergandengan bersama. Terlebih lagi nanti 2021-2022 APBD Rohil meningkat mencapai 5T tentunya akan banyak program sesuai visi misi nya yang akan dibangun untuk kesejahteraan rakyat.

“Kami berharap sekali bisa bersama Demokrat, Insha Allah, apapun persyaratan yang ditetapkan oleh Demokrat, dengan segala upaya akan kita penuhi semuanya,” ujarnya.

( ibnusina)

Continue Reading

Trending