Connect with us

Kabar Rohil

Kondisi Lapas Memprihatinkan, Pemda Rohil akan Pindahkan Lapas ke Ujung Tanjung

Published

on

.

Bekawan.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) berencana memindahkan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Bagansiapiapi ke Ujung Tanjung.

“Kasian dengan kejaksaan yang setiap sidang bolak balik dari Bagansiapiapi ke Ujung Tanjung,” kata Bupati Rohil H. Suyatno saat memberikan kata sambutan pada acara Sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) yang digelar oleh Pemprov Riau di Gedung pertemuan Misran Rais, Selasa (6/11/2019)

Selain itu, alasan ingin dipindahnya lapas ke Ujung Tanjung adalah agar komunikasi antara kepolisian, pengadilan negeri dan Lapas lebih mudah.

“Sidang bisa lebih mudah,” ujarnya.

Bupati Suyatno saat Sidak di Lapas Bagansiapiapi.

Pada kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan saat ini Lapas Bagansiapiapi dalam status over kapasitas dimana dengan kondisi sempit diisi dengan 770 orang dengan 45% kasusnya narkotika.

“Penuhnya minta ampun, jadi kondisinya penghuni saat ini susah untuk tidur. Mereka tidur dengan bergantungan di ayunan yang dibuat sendiri. Jarak antara ayunan dengan plafon hanya 1 jengkal,” kata dia.

Tidak hanya itu, dihadapan Wakil Gubernur Riau Edi Natar, bupati mengatakan di Kabupaten Rohil banyak pelabuhan tikus, seperti yang ada di Pulau Halang, Panipahan dan Kubu.

Terkait dengan sosialisasi yang digelar oleh Pemprov Riau, Bupati Suyatno mengucapkan rasa syukur dan terimakasih karena katanya baru pertama kali digelar oleh Pemprov Riau di Rohil.

“Saya apresiasi buat Pak Wagubri selaku ketua, kami di daerah ini, inilah yang kami mau. Sejauh ini BNK terus lakukan sosialisasi, dorongan dari Riau sangat kami dukung, maupun dari pihak yang terkait,” ungkapnya . (ibnusina)

Continue Reading

Kabar Rohil

1 PDP Berasal dari Rohil Dirawat di RS Awal Bross Pekanbaru

Published

on


Bekawan.com – Jumlah PDP warga Rohil bertambah 1 orang yang saat ini di rawat di RS Awal Bros Pekanbaru. Namun awalnya pasien ini merupakan pasien rawat jalan memiliki riwayat penyakit jantung. Namun karena ada gejala mengarah tata laksana Covid 19 maka ditetapkan sebagai PDP.

Sehingga menjadi 19 PDP di Rohil dimana 18 diantaranya telah terkonfirmasi hasil swab negatif. Demikian hal ini ditegaskan oleh juru bicara tanggap Covid 19 kabupaten Rohil, H.Ahmad Yusuf, S.Sos,MH di Media center Gedung Datuk Batu Hampar Jalan Perwira Bagansiapiapi, Rabu (06/05/2020). Dia didampingi Plt Kadiskominfotiks Hermanto,S.Sos dan Kasubag DokPim Hasnul Yamin,SE.

Juru bicara tanggap covid 19 Rohil menyampaikan bahwa seperti biasa secara kumulatif jumlah ODP di Rokan Hilir (Rohil) terjadi kenaikan sedikit namun tidak terlalu signifikan. Hal ini terjadi karena masih ada masyarakat warga Rohil yang berdatangan dari daerah-daerah transmisi lokal ke Kabupaten Rokan Hilir.

“Namun ODP yang masih dalam pemantauan datanya selalu menurun. Hari ini sebanyak 1438 orang dimana kemaren mencapai 1581 orang,”katanya.

Lanjutnya menyampaikan secara kumulatif sampai hari ini ODP berjumlah 6647 orang dimana kemaren 6575 orang. Sedangkan ODP sudah bebas masa pantau selama 14 hari pada hari ini sebanyak 5209 orang, dimana kemaren 4994 orang.

“Progresnya sangat menguntungkan kita ketika jumlah orang dalam pemantauan itu semakin hari semakin kecil,”tuturnya.

Disampaikannya bahwa semakin kecil jumlah ODP maka semakin kecil resiko yang akan dihadapi. Sehingga beban kerja yang dihadapi oleh petugas-petugas yang berada di Garda terdepan seperti petugas kesehatan dan tenaga tenaga lainnya ini akan semakin ringan.

“Kemudian resiko kita untuk berhadapan dengan orang-orang yang berpotensi ini juga akan semakin kecil,”katanya.

Namun dengan menurunnya ODP ini tidak melunturkan semangat untuk mendisiplinkan diri sendiri, disiplin keluarga yang pada akhirnya mendisiplinkan masyarakat.

Sedangkan sementara kondisi PDP kita kemaren 18 orang dan nihil pasien dirawat namun pada hari ini jumlahnya PDP menjadi 19 orang.

“Karena kemaren sore setelah kita melakukan ekpose disini ada masuk di rawat pasien dari Bangko Pusako ke RS Awal Bros Pekanbaru,”ujarnya.

Pasien ini merupakan pasien yang sudah lama sebagai pasien rawat jalan di RS Awal Bross Pekanbaru dengan riwayat penyakit jantung.

“Tentu saja penyakit jantung ada sesaknya atau pnemoninya gejala-gejala lain yang sesuai dengan tata pelaksana Covid 19. Jadi apa bila gejala mengarah ke Covid maka ditetapkan sebagai PDP. Kita berharap dengan satu orang pasien PDP hari ini tidak membuat angka PDP menjadi kasus positif. Ini harapan kita,”katanya.

Karena hingga hari ini, sebutnya, wilayah kabupaten di provinsi Riau yang belum ada kasus positif Corona adalah kabupaten Meranti, kabupaten Kuansing dan kabupaten Rohil.

“Ada 5 kabupaten yang sudah diperintahkan oleh provinsi untuk melaksanakan PSBB. Kita harus bersyukur kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa karena kita dianugerahkan oleh Allah dengan kondisi pada saat ini belum ada positif kasus Covid 19. Sembari kita juga mendoakan agar kasus positif Covid 19 di daerah lain segera sembuh.,”ujarnya.

Kata ia, Pemerintah daerah melalui gugus tugas dan media selalu berupaya agar dapat memutus mata rantai Covid 19 ini.

Dikatakannya bahwa bupati Rohil menunggu instruksi rencana gubri melaksanakan PSBB di semua wilayah Riau.

“Saat ini masih dilakukan kajian dan pertimbangan-pertimbangan hingga saat ini kita belum menerima instruksi kapan dilaksanakan PSBB. Namun kita yakin dan percaya ketika kita sudah terbiasa mendisiplinkan diri bukan suatu hal yang asing bagi kita untuk melakukan tata laksana atau protokol kesehatan. Oleh sebab itu, tetap laksanakan anjuran pemerintah sesuai protokol kesehatan untuk mengurangi resiko, kalau bisa mentiadakan resiko Covid 19 pada diri kita, keluarga dan masyarakat kita,” pungkasnya.

Continue Reading

Kabar Rohil

Bupati Suyatno Serahkan Sembako dari Warga Tionghoa Rohil ke Masyarakat

Published

on

Bupati Suyatno menyerahkan bantuan sembako kepada tukang becak.


Bekawan.com – Yayasan Multy Marga Tionghoa Indonesia Bagansiapiapi Kabupaten Rokan Hilir membagi-bagikan paket sembako sebanyak 1.500 kepada warga masyarakat yang terdampak Covid-19. Sebanyak 600 paket sembako diserahkan khusus kepada para tukang becak dan gerobak.

Bupati Rohil Suyatno secara simbolis menyerahkan paket sembako kepada para tukang becak di kantor Multy Marga Tionghoa Indonesia Jalan Aman Bagansiapiapi, Selasa (5/5/2020)

Bupati Rohil Suyatno menyampaikan terima kasih banyak kepada pihak yayasan yang telah peduli kepada masyarakat, khususnya terhadap dampak dan penanggulangan bahaya Covid-19.

Dalam kesempatan itu, Bupati meminta kepada masyarakat dapat bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam mencegah penularan virus corona.

“Karena daerah Rohil sampai hari ini masih zona hijau, artinya belum ada kasus positif virus corona tapi kita jangan lengah. Oleh sebab itu, kami minta pengertian masyarakat agar selalu menggunakan masker ke mana saja. Kemudian menjaga jarak sesama kita dengan menerapkan social distancing dan physical distancing. Kemudian selalu mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir,” terangnya.

“Kemarin kita bagi-bagi masker dan sebagainya. Untuk masker ini banyak gunanya. Keluar rumah harus pakai masker, tidak boleh tidak. Kalau cinta diri sendiri dan daerah ini, maka selalulah menggunakan masker jika keluar rumah,” tuturnya.

Dia juga berpesan kepawa warga agar jaga jarak sesuai protokol kesehatan dalam pencegahan Covid-19 ini.

Dia berharap kerja sama yang baik antara pemerintah daerah dengan masyarakat, tokoh-tokoh masyarakat dan yang lainnya dalam penanganan virus Corona di Rokan Hilir.

“Jika virus Corona sudah masuk ke Rokan Hilir, atau terpapar satu orang saja maka tidak ada ampun bagi kita. Karena akan bertambah disebabkan penularannya melalui orang ke orang. Oleh sebab itu, diharapkan bersama-sama menjaga kondisi Rohil saat ini,” pungkasnya. ibnusina

Continue Reading

Kabar Rohil

Bupati Rohil Suyatno Tinjau Pekerjaan Rehabilitasi Pembangunan

Published

on

Bupati Rohil H. Suyatno dan rombongan saat meninjau pembangunan.

Bekawan.com – Bupati Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) H.Suyatno meninjau perkembangan pekerjaan rahabilitasi jalan yang ada di Rokan Hilir salah satunya di Kecamatan Bangko dan Pekaitan.

Tinjuan pembangunan jalan oleh Bupati H. Suyatno.

Orang nomor satu di Rokan Hilir tersebut melihat secara langsung ke lapangan terhadap perkembangan rehabilitasi jalan yang sedang pelaksanaan pemadatan jalan dengan pasir dan batu (sirtu) menggunakan alat berat motor grader.

Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hilir.

Informasi yang didapat dari pengumuman yang ditayangkan oleh layanan pengadaan secara elektronik (LPSE) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), sejumlah program rehabilitasi jalan telah selesai di lelang bahkan sedang dikerjakan diantaranya rehabilitasi jalan Pusara Hilir menuju simpang 200.

rehablitasi Jalan pinggir sungai rokan, rehabilitasi jalan poros pekaitan, rehabilitasi jalan H .Anas Makmun, dan peningkatan jalan lintas Bagan Batu-Tanjung Medan serta Pembangunan jalan poros Kubu.

Salah satu ruas jalan yang ditinjau Bupati.

“Saat ini kita melihat langsung pekerjaan pembangunan jalan Pusara Hilir menuju ke simpang 200 agar berjalan dengan baik dan lancar sehingga masyarakat cepat menikmatinya,” tandasnya. (Ibnusena /ADV)

Continue Reading

Pos-pos Terbaru

Trending