Connect with us

Kabar Rohil

Penghijauan, Polres Rohil Tanam 2000 Pohon

Published

on

Bekawan.com – Polres Rokan Hilir (Rohil) melakukan penghijauan dengan menanam 2000 bibit pohon di sekitar areal Polres Rohil, Kelurahan Banjar XII, Ujung Tanjung, Jumat (10/1/2020).

Pada penghijauan ini ditanam 2.000 pohon.

Kapolres Rohil, AKBP M Mustofa SIK MSi melalui Kasubag Humas, AKP Juliandi SH, menyebut penanaman yang terdiri dari 8 jenis ini kebanyakan buah-buahan ini merupakan kegiatan Polres Rohil yang peduli dengan lingkungan.

Kegiatan penghijauan itu dipimpin langsung oleh Kapolres Rohil dan dihadiri Wakapolres Rohil Kompol James I. S Rajagukguk SIK MH, Forkopimda Rohil, Para Pejabat Utama Polres Rohil, Bhayangkari Cabang Rohil, perwakilan organisasi kepemudaan, perwakilan perusahaan, dan para pelajar.

Dalam amanatnya Kapolres Rohil mengatakan, program penghijauan ini merupakan wujud pengabdian Polri dalam mendukung dan menjaga kelestarian lingkungan.

“Selain itu juga merupakan komitmen Pimpinan Polri bersama masyarakat bersatupadu untuk melakukan antisipasi permasalahan lingkungan dengan melakukan penanaman “Satu Juta Pohon”,” ungkap Kapolres.

Adapun pohon yang ditanam berjumlah 2.000 pohon dengan delapan jenis yakni Pohon Mangga 309 Pohon, Kelengkeng  302 Pohon, Rambutan 379 Pohon, Sawo 341 Pohon, Jambu biji 279 Pohon, Mahoni 200 Pohon, Ketapang 110 Pohon, dan Durian Montong 80 Pohon.

( Ibnusina )
  

Continue Reading

Kabar Rohil

ODP Covid-19 di Rohil Mulai Menurun

Published

on



Bekawan.com – Upaya maksimal Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hilir melalui tim gugus tugas dalam pencegahan Covid 19 mulai membawakan hasil, menurut data yang di himpun, Kamis (2/4/2020) sekira pukul 15, 00 Wib jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) menurun signifikan.

Pasalnya semalam data ODP berjumlah 1.975 orang, sedangkan hari ini data OPD 1.517 orang, data ini membuktikan bahwa kinerja Pemerintah Daerah dalam upaya pencegahan Covid 19 Ini maksimal, selain itu data selesai pemantauan semalam berjumlah 161 orang, sementara hari ini selesai pemantauan 581 orang. Namun Pesien Dalam Pengawasan (PDP) tetap 2 orang. (ibnusina)

Continue Reading

Kabar Rohil

Wabup Jamiludin Hadiri Pelantikan PAW Anggota DPRD Rohil

Published

on

Bekawan.com – Wakil Bupati Rohil Drs. H. Jamiludin, mewakili Bupati Rohil H Suyatno, menghadiri rapat Paripurna DPRD Rohil Pergantian Antar Waktu (PAW) sisa masa bhakti 2019-2020 Drs H Syarifuddin MM.

Pria yang biasa disapa Om Udin, dan masih tercatat sebagai Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Rohil, di PAW disebabkan meninggal dunia pada 2019 silam usai dilantik sebagai Anggota DPRD Rohil 2019-2024.

Wabup Rohil H Jamiludin menyampaikan selamat kepada Jumadi SP, yang dilantik sebagai Anggota DPRD Rohil sisa masa bhakti 2019-2020.

Pelantikan Jumadi SP sebagai Anggota DPRD Rohil .

Posisi almarhum Om Udin di DPRD Rohil digantikan rekan satu partai dari Daerah Pemilihan (Dapil) V Rohil, yakni Jumadi SP. yang merupakan pensiunan Lurah di Kecamatan Balai Jaya.

Pelantikan Jumadi SP sebagai Anggota DPRD Rohil sisa masa bhakti 2019-2024 dilakukan Wakil Ketua DPRD Rohil Basiran Nur Efendi, mewakili Ketua DPRD Rohil Maston. Ditandai dengan pembacaan SK Gubri H Syamsuar, penyematan pin emas tanda anggota DPRD Rohil, serta penyerahan SK.

“Kita mengucapkan selamat jalan kepada Drs Haji Syarifuddin MM. Terimakasih kepada yang baru dilantik, Pak Jumadi. Beliau adalah pensiunan dari pegawai negeri, sebagai lurah di kecamatan Balai Kecamatan Balai Jaya,” kata Wabup Rohil H Jamiludin.

Dikatakan Wabup H Jamiludin, almarhum Drs H Syarifuddin MM adalah salah satu tokoh pejuang Kabupaten Rohil, dan tiga periode menjadi Anggota DPRD bersama-sama dengan H Jamiludin. Almarhum, kenang Jamiludin, sempat satu komisi dengannya di DPRD Rohil.

“Makanya sepantasnya kita mengucapkan terimakasih kepada almarhum, dan mudah-mudahan apa-apa yang beliau sumbangsihkan, pikiran-pikiran terhadap Rohil ini menjadi amal ibadah di sisi Allah subhanahu wa ta’ala,” tutur Wabup Jamiludin.

Dikesempatan itu, Wabup Rohil H Jamiludin, atas nama Pemkab Rohil menyampaikan terima kasih kepada DPRD Rohil 2019-2020 yang bersamaan menyerahkan hasil laporan keuangannya.

Selain itu, Wabup juga menyampaikan Pemkab Rohil mengajak Anggota DPRD Rohil untuk meningkatkan rasa kebersamaan.

“Situasi kita yang saat ini diterpa virus corona mohon disampaikan kepada warga masyarakat agar bertindak seperti biasa-biasa saja. Janganpanik, dan tolong awasi keluarga dan warga masyarakat kita dari bahaya ini. Mudah-mudahan apa yang kita lakukan mengantisipasi wabah corona, menjadi amal ibadah, dan kita mendapatkan hidayah dari peristiwa ini,” pungkas Jamiludin. (Ibnusina)

Continue Reading

Kabar Rohil

Antisipasi Virus Corona, Rohil Tunda Bakar Tongkang

Published

on

Bupati Rohil H. Suyatno didampingi wabup H. Jamiludin usai rapat bersama OPD dan masyarakat Tionghoa.

Bekawan.com – Untuk mengantisipasi virus corona (Covid-19), dua agenda besar di Kabupaten Rohil yakni perayaan Cheng Beng (Sembahyang kubur) dan Ritual Bakar Tongkang (RBT) kemungkinan besar akan ditunda pelaksanaannya.

Bupati Rokan Hilir H Suyatno, Rabu (18/3/2020) malam saat memimpin rapat bersama OPD dan tokoh masyarakat meminta pengertian dari warga Tionghoa untuk menunda sementara kegiatan tradisi Cheng Beng dan Ritual Bakar Tongkang yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Usulan penundaan itu bukan hanya berasal darinya, akan tetapi merupakan hasil konsultasi dengan Kementrian Pariwisata saat melakukan kunjungan dinas ke Jakarta baru-baru ini.

Menurut Suyatno, situasi sekarang tidak begitu kondusif karena penyebaran virus corona. Jika event ini tetap ada, pihaknya akan melakukan antisipasi dengan menyiapkan seluruh posko di setiap Puskesmas serta mendirikan pos tenda untuk memeriksa seluruh pengunjung dengan menggunakan alat mendeteksi suhu tubuh.

“Kita semua dalam keadaan trauma dan ketakutan. Setelah melalui pertimbangan dan diputuskan bahwa wabah corona ini sebagai force majeure yang tidak dikontrol sehingga untuk saat ini menunda menjadi opsi yang paling realistis,” terangnya.

Sementara itu, tokoh masyarakat Tionghoa, Rendi Gunawan alias Kopeng menyebutkan, sudah ada laporan kepadanya bahwa kebanyakan warga Bagansiapiapi yang tinggal di Jakarta menunda pulang saat tradisi Cheng Beng dan Ritual Bakar Tongkang serta membatalkan booking hotel yang sudah mereka pesan sebelumnya.

“Mereka yang bisa hadir hanya yang tinggal di kota-kota terdekat di Bagansiapiapi seperti Medan dan Pekanbaru,” sebut Kopeng. (Ibnusina)

Continue Reading

Pos-pos Terbaru

Trending