Connect with us

Kabar Asik

Ketua PWI Pusat Hadiri Welcome Dinner HPN 2022 Dan HUT Ke-76 PWI di Siak

Published

on

Ketua PWI Pusat Atal S Depari saat memberikan sambutan. Foto Bekawan.com

Bekawan.com – Ketua PWI Pusat Atal. S Depari menghadiri Welcome Dinner Hari Pers Nasional (HPN) 2022 Tingkat Provinsi Riau dan HUT PWI Ke-76 PWI yang digelar di Kabupaten Siak, Jumat (18/3/2022) malam.

Hadir dalam acara yang digelar di Balairung Datuk 4 Suku Komplek Abdi Praja Siak ini Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang dan Pengurus Provinsi serta Pengurus PWI Kabupaten Kota se Provinsi Riau lainnya.

Rombongan PWI se Provinsi Riau ini disambut Wakil Bupati Siak H. Husni Merza, BBA didampingi Plt. Kadis Kominfo, dalam sambutannya Wabup Siak mengucapkan selamat datang kepada Insan Pers di Kabupaten Siak The Truly  Malay.

“Selamat datang di Kabupaten Siak, kami elu-elukan kedatangan bapak ibu, kehadiran bapak dan ibu kami sambut dengan muka yang jernih tangan terbuka dan hati yang lapang, silahkan nikmati Kota Siak,” ungkap Husni Merza.

Sementara itu Ketua PWI Pusat Atal mengapresiasi penyelenggaran HPN tingkat Provinsi Riau di Siak, ia juga memuji program-program yang digelar selama perayaan HPN di Siak.

“HPN itu berbicara tentang tiga hal, pertama tengang Pers makanya ada seminar-seminar juga, kedua berbicara kepentingan daerah, mulai dari wisata ekonomi dan potensi daerah lainnya dan yang ketiga tentang masyarakat,” papar Atal.

Penyelengaraan HPN Tingkat Provinsi Riau di Kabupaten Siak digelar 18 hingga 20 Maret 2022, rangkaian acara meliputi Pameran “UMKM Siak Bangkit”, bakti sosial di panti asuhan, eksplor wisata Siak, Workshop jurnalistik, seminar-seminar, peluncuran buku hingga gowes.

Continue Reading

Kabar Asik

Gubernur Sebut Sumbangsih Grup APRIL Besar Bagi Investasi Riau

Published

on

Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar, MSi. Foto : April

Bekawan.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau optimis target investasi yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat untuk Riau tahun 2022 sebesar 63 triliun rupiah bisa tercapai. Hal ini melihat realisasi investasi di awal tahun sudah mencapai 50 persen.

Investasi tersebut berasal dari Asia Pacific Resources International Limited (APRIL) Group yang mengucurkan dana sebesar Rp33,4 triliun untuk pembangunan pabrik kertas kemasan (paperboard) di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.

Gubernur Riau, Syamsuar mengatakan Pemprov Riau terus mendorong masuknya investasi baik yang berpotensi sumber daya alam, infrastruktur maupun pertanian. Pada tahun 2021 lalu, realisasi investasi Riau mampu melebihi target sebesar Rp53,08 triliun dari target Rp49,1 triliun. Capaian ini menjadikan Provinsi Riau sebagai peringkat pertama di Sumatera dan peringkat ke-5 secara nasional setelah Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur, Banten, Riau dan barulah kemudian disusul Jawa Tengah.

“Pemerintah pusat telah meningkatkan target investasi Riau tahun 2022 sebesar Rp63 triliun atau naik sekitar 24 persen dari tahun 2021 lalu,” ujar Gubri saat mendampingi Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian RI, Airlangga Hartarto meninjau realisasi investasi produk kemasan (Paperboard) PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), grup APRIL di Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau, Selasa (29/3/2022).

Syamsuar optimis pihaknya dapat memenuhi target tersebut terlebih saat melihat papan investasi dari grup APRIL. Sebab sebagian besar investasi yang tinggi ini merupakan sumbangsih dari APRIL Group.

“Untuk itu kami atas nama Pemprov Riau mengucapkan terima kasih kepada APRIL Group yang selama ini sudah berkontribusi besar terhadap capaian realisasi investasi di Provinsi Riau dan insya Allah target kita, tadi Pak Menko juga sudah menyampaikan, 50 persennya adalah sumbangsih dari APRIL Group. Jadi target kita kan Rp63 triliun, ini sudah Rp33 triliun jadi tinggal nambah Rp30 triliun saja, insyaAllah target bisa kita capai,” ujar Gubri optimis.

Bahkan Gubernur menjelaskan realisasi investasi ini juga berhasil menurunkan angka pengangguran terbuka di Provinsi Riau. Tingkat pengangguran yang sebelumnya 6 persen pada tahun 2020 turun menjadi 4 persen lebih atau telah menyerap sebanyak 61.338 orang tenaga kerja di tahun 2021.

Mantan Bupati Siak ini menambahkan pemerintah juga siap mendukung agar proyek besar ini dapat terwujud di tahun 2023 sehingga dapat menyerap tenaga kerja dan memberikan multiplier effect yang cukup banyak.

“Kami mengharapkan semoga dengan berhasilnya kita menciptakan investasi di Riau, semakin meningkatkan pertumbuhan ekonomi Riau di mana dalam sejarah 5 tahun ini, belum pernah pertumbuhan ekonomi mencapai 3 persen lebih. Tapi Alhamdulillah di tahun 2021 pertumbuhan ekonomi kita mencapai 3,31 persen. Ini semua tentunya berkat dukungan dan kerjasama kita semua sehingga target investasi bisa kita capai dan pertumbuhan ekonomi bisa kita capai dan angka pengangguran terbuka bisa menurun,” harapnya.

“Dan mudah-mudahan juga kita juga bisa menurunkan angka kemiskinan di Riau,” katanya.

Sebelumnya Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pabrik paperboard yang dibangun APRIL Group merupakan salah satu pabrik state-of-the-art dan terintegrasi. Pabrik ini diperkirakan akan mempekerjakan secara tidak langsung sebanyak 11 ribu orang. Kemudian, Menko menambahkan keberadaan pabrik kertas kemasan ini dapat menyokong komitmen zero net emission pemerintah di tahun 2060 karena pengelolaan yang sustainable atau berkelanjutan.

“Ini merupakan wujud nyata dari Green Economy dan Sustainable Forest Management, bisa dilihat dari pengelolaan sumber daya bahan bakunya berasal dari hutan tanaman industri, tentu ini berbasis hijau dan mengapa dia sustainable karena penanaman eucalyptus hanya butuh waktu 5 tahun untuk panen dibanding negara eropa yang memakan waktu hingga 25 tahun, jadi ini sangat kompetitif dari negara lain,” jelasnya.

Menko berharap keberadaan industri pulp dan kertas menjadi salah satu andalan ekspor, di mana sekarang Indonesia berada di peringkat 8 di dunia. Mendukung hal itu, pemerintah akan memberikan sejumlah insentif perpajakan, perizinan yang mudah dan yang terpenting pengusaha dapat merasakan tumbuhnya daya saing Indonesia di bidang pulp dan kertas.

Menko Airlangga menyambut baik investasi yang dilakukan oleh PT RAPP ini dengan harapan dapat menumbuhkan pusat ekonomi baru di daerah, khususnya di Provinsi Riau, sehingga dapat menyerap tenaga kerja yang dapat memajukan kesejahteraan masyarakat daerah setempat, dan pada akhirnya dapat mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

Pembangunan fasilitas baru yang berlokasi di Pangkalan Kerinci tersebut merupakan salah satu investasi manufaktur terbesar di Pulau Sumatra dalam kurun 10 tahun terakhir dan pembangunannya direncanakan akan selesai pada triwulan ketiga tahun 2023.

Pemerintah juga terus mendorong implementasi standar pengelolaan yang berkelanjutan sebagai bagian yang tak terpisahkan dari proses produksi pulp dan kertas. Menko Airlangga juga berharap industri pulp dan kertas turut berperan dalam upaya penurunan emisi gas rumah kaca dengan cara menerapkan standar-standar industri hijau, dan berkomitmen untuk menjaga lingkungan dan keamanan pada konsumen.

Direktur Utama PT RAPP, Sihol Aritonang mengatakan Direktur Utama RAPP, Sihol Aritonang mengatakan investasi ini merupakan tahap baru dalam perkembangan usaha APRIL di Riau, sekaligus mencerminkan komitmen perusahaan untuk melanjutkan investasi jangka panjang di Provinsi Riau.

“Ini adalah investasi terbesar APRIL sejak didirikan hampir 30 tahun lalu. Diversifikasi produk ini memperkuat komitmen kami untuk mengembangkan bisnis secara berkelanjutan seiring dengan komitmen keberlanjutan perusahaan dan visi APRIL2030,” katanya.

Seperti diketahui, di bulan November 2020 APRIL meluncurkan komitmen APRIL2030 yang bertujuan memberikan dampak positif kepada iklim, alam dan masyarakat sembari tetap tumbuh menjadi perusahaan yang senantiasa memperhatikan aspek keberlanjutan dalam satu dekade ke depan. Investasi ini hadir seiring dengan makin gencarnya upaya global untuk mengurangi penggunaan plastik, polyester dan material berbahan dasar fosil. (Rilis)

Continue Reading

Kabar Asik

RSTP Perkenalkan Potensi Inkubasi ke Calon Pengusaha Tangguh Pekanbaru

Published

on

Peserta entrepreneur camp saat berada di RSTP. Foto : Bekawan.com

 

Bekawan.com – Riau Science Techno Park (RSTP) memperkenalkan potensi riset, inovasi dan proses inkubasi kepada Calon Pengusaha Tangguh Pemko Pekanbaru yang digelar Kamis (17/3/2022).

Salah satu hasil riset inovasi yang telah dihasilkan oleh tenant di RSTP yaitu Kaolin, serbuk padat yang dapat menjernihkan air gambut. Hasil riset ini telah dipaparkan di Kabupaten Meranti pada tahun 2021.

Sekitar 50 orang peserta terlihat begitu antusias mengikuti entrepreneur camp, RSTP dinilai tempat yang sangat representatif untuk para pengusaha agar bisa mengembangkan usaha mereka termasuk hasil riset dan inovasi di RSTP.

“Disini terdapat banyak fasilitas yang dapat pendukung pelaku usaha untuk mendukung dan mengembangkan usaha tersebut,” ungkap Igo salah satu peserta.

Semangat para calon pengusaha di RSTP. Foto Bekawan.com

Kepala UPT. RSTP, Dr. Sopyan Hadi, SPi, MT berharap melalui kunjungan peserta entrepreneur camp, yang merupakan calon pengusaha yg ditaja Pemko Pekanbaru ini terpicu menjadi entrepreneur yang tangguh dan produknya memiliki daya saing di pasar melalui kerjasama dengan RSTP.

“RSTP memiliki berbagai fasilitas untuk riset, inovasi dan inkubasi bagi UMKM/tenant yang hendak mengembangkan bisnisnya agar siap bersaing di pasaran,” pungkasnya.

Continue Reading

Kabar Asik

Video Gajah Sumatera Lintasi Tol Pekanbaru -Dumai

Published

on

Potret Gajah Sumatera menyeberangi Tol Permai. Foto : bbksda_riau

Bekawan.com – Seekor gajah Sumatera terlihat melintas di Ruas Tol Pekanbaru-Dumai, Senin (14/2/2022), video penampakan hewan dilindungi ini diposting akun Instagram @bbksda_riau.

Tim Balai Besar KSDA Riau melakukan pemantauan udara (drone) pada terowongan perlintasan gajah pada TOL PERMAI kilometer 73 atau di daerah Pinggir, Kabupaten Bengkalis.

Di wilayah Riau, intensitas hujan beberapa hari ini cukup deras. Hingga membuat sungai di daerah pinggir kab.Bengkalis meluap dan membanjiri lintasan satwa berbadan tambun tersebut.

Dampak tersebut membuat kondisi Terowongan (Underpass) Tol Pekanbaru – Dumai (PERMAI) khususnya pada Lintasan Gajah tertutup oleh air. Sehingga gajah yang sebelumnya melewati terowongan tersebut mencari jalan yang lain untuk menyeberang.

“Air cukup tinggi, bahkan sudah menyentuh jalan tol, kejadian Senin 2 hari lalu,” ucap M.Mahfud – Kepala Bidang Teknis BBKSDA Riau,” dalam postingan tersebut.

#savegajahsumatera
#bersamakitabisa
#karenakonservasitakmungkinsendir

Continue Reading

Trending