Connect with us

Kabar Asik

Gubernur Sebut Sumbangsih Grup APRIL Besar Bagi Investasi Riau

Published

on

Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar, MSi. Foto : April

Bekawan.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau optimis target investasi yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat untuk Riau tahun 2022 sebesar 63 triliun rupiah bisa tercapai. Hal ini melihat realisasi investasi di awal tahun sudah mencapai 50 persen.

Investasi tersebut berasal dari Asia Pacific Resources International Limited (APRIL) Group yang mengucurkan dana sebesar Rp33,4 triliun untuk pembangunan pabrik kertas kemasan (paperboard) di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.

Gubernur Riau, Syamsuar mengatakan Pemprov Riau terus mendorong masuknya investasi baik yang berpotensi sumber daya alam, infrastruktur maupun pertanian. Pada tahun 2021 lalu, realisasi investasi Riau mampu melebihi target sebesar Rp53,08 triliun dari target Rp49,1 triliun. Capaian ini menjadikan Provinsi Riau sebagai peringkat pertama di Sumatera dan peringkat ke-5 secara nasional setelah Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur, Banten, Riau dan barulah kemudian disusul Jawa Tengah.

“Pemerintah pusat telah meningkatkan target investasi Riau tahun 2022 sebesar Rp63 triliun atau naik sekitar 24 persen dari tahun 2021 lalu,” ujar Gubri saat mendampingi Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian RI, Airlangga Hartarto meninjau realisasi investasi produk kemasan (Paperboard) PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), grup APRIL di Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau, Selasa (29/3/2022).

Syamsuar optimis pihaknya dapat memenuhi target tersebut terlebih saat melihat papan investasi dari grup APRIL. Sebab sebagian besar investasi yang tinggi ini merupakan sumbangsih dari APRIL Group.

“Untuk itu kami atas nama Pemprov Riau mengucapkan terima kasih kepada APRIL Group yang selama ini sudah berkontribusi besar terhadap capaian realisasi investasi di Provinsi Riau dan insya Allah target kita, tadi Pak Menko juga sudah menyampaikan, 50 persennya adalah sumbangsih dari APRIL Group. Jadi target kita kan Rp63 triliun, ini sudah Rp33 triliun jadi tinggal nambah Rp30 triliun saja, insyaAllah target bisa kita capai,” ujar Gubri optimis.

Bahkan Gubernur menjelaskan realisasi investasi ini juga berhasil menurunkan angka pengangguran terbuka di Provinsi Riau. Tingkat pengangguran yang sebelumnya 6 persen pada tahun 2020 turun menjadi 4 persen lebih atau telah menyerap sebanyak 61.338 orang tenaga kerja di tahun 2021.

Mantan Bupati Siak ini menambahkan pemerintah juga siap mendukung agar proyek besar ini dapat terwujud di tahun 2023 sehingga dapat menyerap tenaga kerja dan memberikan multiplier effect yang cukup banyak.

“Kami mengharapkan semoga dengan berhasilnya kita menciptakan investasi di Riau, semakin meningkatkan pertumbuhan ekonomi Riau di mana dalam sejarah 5 tahun ini, belum pernah pertumbuhan ekonomi mencapai 3 persen lebih. Tapi Alhamdulillah di tahun 2021 pertumbuhan ekonomi kita mencapai 3,31 persen. Ini semua tentunya berkat dukungan dan kerjasama kita semua sehingga target investasi bisa kita capai dan pertumbuhan ekonomi bisa kita capai dan angka pengangguran terbuka bisa menurun,” harapnya.

“Dan mudah-mudahan juga kita juga bisa menurunkan angka kemiskinan di Riau,” katanya.

Sebelumnya Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pabrik paperboard yang dibangun APRIL Group merupakan salah satu pabrik state-of-the-art dan terintegrasi. Pabrik ini diperkirakan akan mempekerjakan secara tidak langsung sebanyak 11 ribu orang. Kemudian, Menko menambahkan keberadaan pabrik kertas kemasan ini dapat menyokong komitmen zero net emission pemerintah di tahun 2060 karena pengelolaan yang sustainable atau berkelanjutan.

“Ini merupakan wujud nyata dari Green Economy dan Sustainable Forest Management, bisa dilihat dari pengelolaan sumber daya bahan bakunya berasal dari hutan tanaman industri, tentu ini berbasis hijau dan mengapa dia sustainable karena penanaman eucalyptus hanya butuh waktu 5 tahun untuk panen dibanding negara eropa yang memakan waktu hingga 25 tahun, jadi ini sangat kompetitif dari negara lain,” jelasnya.

Menko berharap keberadaan industri pulp dan kertas menjadi salah satu andalan ekspor, di mana sekarang Indonesia berada di peringkat 8 di dunia. Mendukung hal itu, pemerintah akan memberikan sejumlah insentif perpajakan, perizinan yang mudah dan yang terpenting pengusaha dapat merasakan tumbuhnya daya saing Indonesia di bidang pulp dan kertas.

Menko Airlangga menyambut baik investasi yang dilakukan oleh PT RAPP ini dengan harapan dapat menumbuhkan pusat ekonomi baru di daerah, khususnya di Provinsi Riau, sehingga dapat menyerap tenaga kerja yang dapat memajukan kesejahteraan masyarakat daerah setempat, dan pada akhirnya dapat mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

Pembangunan fasilitas baru yang berlokasi di Pangkalan Kerinci tersebut merupakan salah satu investasi manufaktur terbesar di Pulau Sumatra dalam kurun 10 tahun terakhir dan pembangunannya direncanakan akan selesai pada triwulan ketiga tahun 2023.

Pemerintah juga terus mendorong implementasi standar pengelolaan yang berkelanjutan sebagai bagian yang tak terpisahkan dari proses produksi pulp dan kertas. Menko Airlangga juga berharap industri pulp dan kertas turut berperan dalam upaya penurunan emisi gas rumah kaca dengan cara menerapkan standar-standar industri hijau, dan berkomitmen untuk menjaga lingkungan dan keamanan pada konsumen.

Direktur Utama PT RAPP, Sihol Aritonang mengatakan Direktur Utama RAPP, Sihol Aritonang mengatakan investasi ini merupakan tahap baru dalam perkembangan usaha APRIL di Riau, sekaligus mencerminkan komitmen perusahaan untuk melanjutkan investasi jangka panjang di Provinsi Riau.

“Ini adalah investasi terbesar APRIL sejak didirikan hampir 30 tahun lalu. Diversifikasi produk ini memperkuat komitmen kami untuk mengembangkan bisnis secara berkelanjutan seiring dengan komitmen keberlanjutan perusahaan dan visi APRIL2030,” katanya.

Seperti diketahui, di bulan November 2020 APRIL meluncurkan komitmen APRIL2030 yang bertujuan memberikan dampak positif kepada iklim, alam dan masyarakat sembari tetap tumbuh menjadi perusahaan yang senantiasa memperhatikan aspek keberlanjutan dalam satu dekade ke depan. Investasi ini hadir seiring dengan makin gencarnya upaya global untuk mengurangi penggunaan plastik, polyester dan material berbahan dasar fosil. (Rilis)

Continue Reading

Kabar Asik

Milad ke 67 UMSU, Raih Rekor MURI Orasi Ilmiah Dosen Terbanyak

Published

on

Rektor UMSU Prof. Agussani menerima piagam rekor MURI. Foto : humasUmsu

Bekawan.com – Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara sukses meraih penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) untuk Orasi Ilmiah dengan Dosen Terbanyak dari Satu universitas.

Orasi Ilmiah diisi oleh 100 dosen dari 44 bidang disiplin ilmu ini menjadi salah satu rangkaian milad ke-67 UMSU. Penghargaan ini merupakan pemecahan rekor yang ketiga kalinya didapatkan UMSU.

Sebelumnya, penghargaan rekor MURI Pengamatan Gerhana Matahari Cincin pada 26 Desember tahun 2019 dan pemecahan Rekor MURI Pembuatan Pantun Terbanyak tahun 2022.

Sertifikat MURI diberikan langsung kepada Rektor, Prof.Dr.Agussani, MAP usai pemecahan rekor yang digelar di Kampus UMSU di Jalan Kapten Mukhtar Basri, Medan, Selasa (27/2/2024).

Sertifikat penghargaan diserahkan oleh perwakilan Tim MURI, Triyono, SPt usai orasi pemecahan rekor. “Luar biasa, materi orasi ilmiah yang disajikan sangat beragam dengan materi yang aktual,” kata Triyono.

Menurut dia, UMSU berhak meraih Rekor MURI karena apa yang disajikan dalam orasi ilmiah berangkat dari topik-topik aktual.

Mewakili Rekor MURI, Triyono menyampaikan apresiasi karena apa yang disajikan para akademisi UMSU sangat menarik dengan topik- topik aktual yang bisa menambah wawasan dan pengetahuan.

“Lihat dari kemanfaatan kegiatan ini, dimana ini, menjadi simulasi mahasiswa, melihat para dosen kita, mereka berorasi semoga menjadi pembelajaran bagi kita semua, dalam menyebarkan informasi, akurat, faktual dan integritas sangat diperlukan,” kata Triyono.

Kemudian, perwakilan MURI tersebut memberikan saran, ke depannya UMSU dapat melakukan orasi ilmiah dalam beberapa bahasa agar berkontribusi untuk dunia.

Sementara itu, Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, MAP mengucapkan syukur atas diraihnya penghargaan dari MURI di milad ke-67 UMSU.

“Tentu UMSU sangat bersyukur, Ini sungguh menarik dari orasi ilmiah disiplin ilmu dan dapat menjadi refrensi di dunia pendidikan. Inilah hal yang berbeda dari milad-milad sebelumnya sebagai potret UMSU di dunia pendidikan,” kata Prof. Agussani.

Prof. Agussani mengucapakan terima kasih kepada panitia dan dosen yang mensukseskan orasi ilmiah, dia berharap kegiatan ini dapat menjawab tantangan dan menjadi contoh di dunia pendidikan. (Rls)

Continue Reading

Hiburan

Raih Suara Terbanyak, Komedian Komeng: Saya Lagi Ngopi di Senayan

Published

on

Komedian Komeng. Foto : IG_komengoriginal

Bekawan.com – Fenomena ikutnya Komedian Komeng di Pemilihan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Dapil Jawa Barat cukup menyita perhatian publik, mulai dari foto dirinya yang unik hingga meraih suara terbanyak.

Selain fenomena “suprise” karena tidak terdengar berkampanye, kemudian muncul di surat suara dengan foto unik, pemilik nama lengkap Alfiansyah Bustami ini juga berhasil mengocok perut netizen usai dugaan screenshot WA-nya dengan komedian Cing Abdel, dalam tangkapan layar obrolan Aplikasi WhatsApp itu, Abdel mengucapkan selamat atas banyaknya warganet yang ngaku milih Komeng.

Penampakan foto Komeng di surat suara DPD Dapil Jabar.

“Buset, gw nanya Twitter banyak yg milih lo pak, semoga beneran masuk Senayan, amin ,” tulis Abdel di pesan WA-nya ke Komeng.

Pesan itu langsung dibalas Komeng, “ini ane udah di Senayan Pa, Didaerah Patal, ngopi, Biar deket klo ada panggilan,” jawabnya.

Sontak postingan Cing Abdel di akun IG nya mendapatkan banyak komentar netizen. “Komeng menang, gedung DPR makin lawak,” komen galih mung*ar*n.

*Gimana guys.. bisa bayangkan gak gimana nanti tindak tanduk Komeng saat rapat di Senayan??!😅😅

Continue Reading

Kabar Asik

KBPA Luncurkan Buku Digital Profil Perjalanan Organisasi Pensiunan Kejaksaan

Published

on

Bekawan.com – Keluarga Besar Purna Adhyaksa (KBPA) meluncurkan Buku Digital Profil Perjalanan Organisasi Pensiunan Kejaksaan dalam bentuk ebook atau buku digital.

Buku Digital dengan jumlah halaman 210 itu, disusun oleh Setia Untung Arimuladi, Wakil Jaksa Agung RI Periode 2020-2022. Buku Digital dengan judul Perekat Silaturahmi, Makin Tua Makin Bahagia ini mengulas sejarah KBPA sejak 1966 hingga saat ini, ebook ini sejatinya untuk memudahkan bagi pengguna android atau handphone maupun komputer atau laptop.

Dengan kata pengantar dari Ketua Umum KBPA Nur Rachmad, mantan Jaksa Agung Muda Pidana Umum, dan Jamdatun, Buku Digital itu berisi sejarah berdirinya KBPA sejak 21 Desember 1966 sebagai ulang tahunnya, dan telah di luncurkan.

Buku profil KBPA diluncurkan pada ulang tahunnya ke 57 dihadapan Jaksa Agung Prof. ST. Burhanuddin serta para purnawirawan Kejaksaan.

KBPA awalnya bernama Persatuan Purnawirawan Kejaksaan RI (PERNAJA), kemudian bersulih nama menjadi Persatuan Purnakaryawan Kejaksaan RI dengan akronim yang tetap sama yaitu PERNAJA. Selanjutnya, pada Kongres Ke VI PERNAJA tanggal 16 – 18 April 2007, berubah nama menjadi Keluarga Besar Purna Adhyaksa (KBPA).

Selain itu, Buku Digital ini mengupas masa bakti kepengurusan, yang sebelumnya satu periode lima tahun sekali.

Namun, pada masa kepengurusan kali ini berlaku selama empat tahun, jika dihitung masa bakti kepengurusan PERNAJA, sejak berdiri sampai saat ini sudah berjalan 10 periode. Masa bakti periode pertama, tahun 1967-1972.

Perjalanan sejarah pengurusan organisasi para pensiunan pegawai Kejaksaan ini, awalnya dimulai sejak tahun 1967 hingga sekarang. Wadah ini telah banyak memberikan makna bagi Institusi Kejaksaan. Perjalanan wadah ini merupakan bukti legitimasi KBPA.

Kerennya buku profil ini diberi judul ”Profil KBPA: Perekat Silaturahmi, Makin Tua-Makin Bahagia”. Untuk mendukung kegiatan KBPA juga dibuat media informasi bernama rehatkopi.id. Media tersebut untuk mendukung dan mempublikasikan aktivitas KBPA.

Selain peluncuran website, juga diluncurkan media sosial yakni Instagram, Facebook dan Youtube, dengan tagline ”Perekat Silaturahmi, Makin Tua-Makin Bahagia”.

Bagi pensiunan Kejaksaan maupun jaksa aktif ingin mengetahui lebih dekat tentang KBPA bisa klik Buku Digital tersebut web Rehatkopi.id

 

Continue Reading

Trending