Connect with us

Kabar Kampar

Meriahkan Festival Bagholek Godang, Disparbud Kampar Adakan Lomba Masak Lopek Bugi Kreatif

Published

on

Pemenang lomba masak lopek bugi kreatif. Foto : Bekawan.com 

 

Bekawan.com – Dalam rangka menyemarakkan Perhelatan Bagholek Godang yang digelar dalam rangka memeriahkan HUT Provinsi Riau yang ke-65 dan Hari Kemerdekaan RI ke-77 di Kabupaten Kampar, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar (Disparbud) yang di naungi Bidang Ekonomi Kreatif menggelar lomba “Masak Lopek Bugi Kreatif” yang diikuti 12 kelompok UMKM se-Kabupaten Kampar, Rabu (10/8/2022).

Sesuai dengan namanya, perlombaan ini mengharuskan semua peserta untuk membuat sajian lopek bugi yang berbeda dari biasanya mulai dari rasa, bahan hingga cara penyajian.

Dalam wawancaranya, Kasih Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar Era Noveryanti menjelaskan perlombaan ini di ikuti oleh 12 kelompok UMKM se-Kabupaten Kampar.

“Ini adalah event Bagholek Godang Kabupaten Kampar tahum 2022, pada kesempatan ini Dinas Pariwisata melalui bidang ekonomi kreatif menajah suatu acara yaitu masak lopek bugi kreatif, pesertanya itu dari seluruh kelompok UMKM yang pas awal di list ada 14 peserta namun yang datang hari ini adalah 12 peserta saja,” jelasnya.

Di sisi lain, Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Riau Dr. ir. Eni Sumiarsih, M. Sc mengatakan dirinya mendukung festival Bagholek Godang dan berharap melalui kegiatan ini nantinya dapat menjad tempat promosinyai prodak desa wisata yang ada di provinsi Riau.

“STP Riau sebagai mitra dalam pelaksanaan pendampingan desa wisata yang ada di provinsi riau termasuk di Kampar yaitu Desa Wisata Koto Masjid dan Desa wisata Pulau Belimbing yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini, dimana kami menampilkan prodak-prodak yang ada di desa wisata yang ada di Provinsi Riau dan di sini kita juga bekerja sama dengan Pertamina Hulu Rokan,” pungkas nya.

Dari pantauan Bekawan.com di lapangan, kelompok UMKM Desa Koto Mesjid berhasil ke luar sebagai terbaik satu di ikuti DKMP dan IPEMI yang masing-masing mendapatkan hadiah sebesar 1 juta Rupiah. (Aldi Irpan)

Continue Reading

Kabar Kampar

Plh. Sekda Kampar Pinta OPD Proaktif Terkait Laporan Keuangan 2023

Published

on

Plh. Sekda Ahmad Yuzar saat memberikan arahan kepada OPD.

Bekawan.com – Pelaksana Harian (PLH) Sekda Kampar Ahmad Yuzar membuka Pemeriksaan Terinci atau Entry Meeting atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar tahun 2023, Kamis (18/4/2024), dalam sambutannya Ahmad Yuzar meminta kepada seluruh Dinas atau OPD, kedepan agar proaktif dalam menanggapi permasalahan dalam laporan keuangan sehingga WTP masih bisa diraih oleh Pemkab Kampar.

“Untuk diketahui, bahwa selama tujuh tahun belakangan secara berturut-turut, Pemda Kampar meraih opini dengan prediket WTP, untuk itu, kami minta kepada seluruh Dinas atau OPD, kedepan agar proaktif dalam menanggapi permasalahan dalam laporan keuangan, sehingga opini tersebut nantinya dapat kita pertahankan,” ungkap Yuzar.

Ia merinci agar OPD yang belom menyampaikan dokumen kelengkapan, agar segera melengkapinya, ia meminta kerjasama melalui BPKAD agar semua OPD melengkapi data segera.

Sementara itu Ketua Tim pemeriksaan dari BPK-RI Perwakilan Riau Sherly Nanda menyebut bahwa tim BOK akan melakukan pemeriksaan laporan keuangan Pemda Kampar selama 28 hari kedepan dimulai 18 April s/d 16 Mei 2024.

Nantinya tim ini akan dipandu oleh penanggungjawab Jatiyatna, pengendali Teknis Edi Darman, Ketua Tim Sherly Nanda, Ketua Sub tim Muhammad Zakky Fathany, Anggota Ayu Dia Ramadhani dan beberapa anggota lainnya. (Ade)

Continue Reading

Kabar Kampar

Kampar Akan Tampilkan Kekayaan Budaya dan Produk Unggulan di MTQ Riau 2024

Published

on

Plh. Sekda Ahmad Yuzar memimpin rapat persiapan Kampar dalam mengikuti agenda MTQ Riau.

Bekawan.com – Pj Bupati Kabupaten Kampar, Hambali diwakili Plh. Setda Kampar Ahmad Yuzar memimpin rapat persiapan stand bazar dalam rangka keikutsertaan kafilah Kabupaten Kampar pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Riau ke-42 tahun 2024, yang akan diselenggarakan di Kota Dumai, Kamis (18/4/2024).

Plh. Setda Kampar Ahmad Yuzar menekankan pentingnya persiapan yang matang untuk memastikan keikutsertaan kafilah Kabupaten Kampar menjadi sukses dan juga meminta menampilkan potensi dan kekayaan budaya serta produk unggulan Kabupaten Kampar melalui stand bazar yang akan disiapkan.

Rapat persiapan ini dihadiri oleh Pj Ketua TP PKK Kampar sekaligus Ketua Dekranasda Kampar Ricana Djayanti Hambali beserta kepala dinas terkait kegiatan tersebut.

Adapun langkah-langkah konkret yang dibahas dalam rapat antara lain adalah penentuan konsep stand, pemilihan produk unggulan yang akan ditampilkan, serta perencanaan strategis untuk menarik minat pengunjung.

“Ada dua rangkaian yang harus dipersiapkan minggu pagi pada tanggal 21 nanti, pertama Pawai mobil hias, Yang kedua Stand bazar. Untuk mobil hias perlu dipersiapkan dengan matang karena Kampar mendapatkan urutan pertama dalam pawai mobil hias, dan stand bazar Kampar mendapatkan nomor tenda 12 dan untuk persiapan stand bazar sudah 70%,” ujar Yuzar.

Plh. Setda Kampar juga menyampaikan apresiasi atas semangat dan kerja keras seluruh pihak yang terlibat dalam persiapan acara ini, serta berharap agar kegiatan ini dapat menjadi momentum untuk memperkenalkan potensi dan keindahan Kabupaten Kampar kepada masyarakat Provinsi Riau.

Diharapkan dengan persiapan yang matang dan kerja sama yang solid dari semua pihak, keikutsertaan kafilah Kabupaten Kampar pada MTQ Provinsi Riau ke-42 akan menjadi sukses dan memberikan dampak positif bagi promosi pariwisata serta perekonomian Kabupaten Kampar. (Ade)

 

 

 

 

 

 

 

Continue Reading

Kabar Kampar

Pj. Bupati Hambali Dampingi Pj Gubri Ziarah Kubur di Desa Sipungguk 

Published

on

Pj. Bupati Hambali bersama PJ Gubri ikuti tradisi Aghi Ghayo Onam di Sepungguk.

Bekawan.com – Penjabat Bupati Kampar Hambali mendampingi Pj Gubernur Riau SF. Hariyanto ziarah kubur di Dusun I Teratak Desa Sipungguk Kecamatan Salo Mesjid An Nur, Rabu (17/4/2024).

Hadir mendampingi Pj. Bupati Kampar diantaranya Plh. Sekretaris Daerah kabupaten Kampar Ahmad Yuzar, S, sos, MT, Kabiro Kesra Setda Provinsi Riau, seluruh Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Provinsi Riau dns Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar.

Kegiatan itu digelar di Taman Makam Dusun I Teratak Desa Sipungguk Kecamatan Salo, usai melaksanakan ziarah kubur, Pj. Gubernur dan Pj. Bupati Kampar melakukan Sholat Dzuhur di Mesjid Al Nur Desa Sipungguk.

Dalam sambutannya Pj. Bupati Kampar menyampaikan ungkapan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemerintah Daerah Provinsi Riau melalui Penjabat Gubernur Riau SF. Hariyanto karena telah menunjuk Mesjid An Nur dusun I Teratak Desa Sipungguk sebagai penutup rangkaian ziarah Kubur Pemda Kampar.

Hambali juga menjelaskan ziarah kubur merupakan tradisi yang telah lama dilaksanakan masyarakat Kabupaten Kampar, Ia berharap adanya perhatian Pemerintah Provinsi Riau untuk menjadikan Iven ini sebagai salah satu Iven pariwisata di Provinsi Riau.

Disisi lain Hambali mengatakan makna dari ziarah kubur selain sebagai pengingat kita manusia akan kematian, juga sebagai ajang silaturahmi antara masyarakat yang telah merantau jauh dan pulang ke Kampar untuk melakukan ziarah kubur.

“Selain sebagai pengingat ajal, ziarah kubur juga sebagai sarana putera puteri daerah yang jauh merantau untuk pulang Kampung berziarah sekaligus bersilaturahmi,” ungkap Hambali.

Hambali juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada pengurus Mesjid dan masyarakat Dusun I Teratak Desa Sipungguk yang telah menyempatkan untuk berkumpul, bersilaturahmi untuk melaksanakan rangkaian ziarah kubur ini.

Sementara itu Penjabat Gubernur Riau FS. Hariyanto dalam arahannya menyampaikan bahwa ziarah kubur merupakan tradisi keagamaan yang telah lama ada di Kabupaten Kampar, untuk itu ia memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada masyarakat Kabupaten Kampar.

FS. Hariyanto juga mengungkapkan, tradisi Ziarah kubur merupakan amalan yang baik, disamping sebagai sarana mengingat akan kematian, karena yang hidup pasti mati, juga sebagai salah satu tradisi lebaran yang selalu dilaksanakan masyarakat Kabupaten Kampar.

“Pemerintah Provinsi Riau sangat mendukung kegiatan ini, karena kegiatan ini merupakan salah satu bentuk memperkokoh tali silaturahmi antar sesama masyarakat Kabupaten Kampar, Ia berharap tradisi lebaran enam atau ziarah kubur tetap dilaksanakan setiap tahunnya,” terang Pj. Gubri. (Ade)

Continue Reading

Trending