Connect with us

Kawan Ngopi

Repol Gandeng UAS Jajal Motor Trail Ke Batu Tilam

Published

on

Bekawan.com – Wakil Ketua DPRD Kampar Repol, S.Ag, M.IP menggandeng Ustadz Abdul Somad (UAS) menjajal kawasan Kampar Kiri Hulu hingga ke Objek Wisata Batu Tilam bersama Trail Lipatkain Community (TLC).

Kunjungan yang berlangsung selama dua hari ini di mulai dengan peresmian Masjid Nurul Azhar di Desa Desa Kebun Tinggi yang di taja oleh Yayasan Tabung Wakaf Ummat (YTWU) dan berbagai organisasi lainnya sebelum akhirnya sekitar 80 orang bikers ini melanjutkan perjalanan kembali dengan jarak tempuh 80 Km dari Lipat Kain menuju salah satu destinasi wisata alam terbaik Kabupaten Kampar yaitu objek wisata Batu Tilam, Desa Kebun Tinggi Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Sabtu (13/8/2022).

Dalam ceramahnya, Ustadz H. Abdul Somad Batubara, Lc., D.E.S.A., Ph.D., menyinggung perhatian pemerintah daerah yang terkesan masih kurang terhadap dakwah di desa-desa terpencil.

“5 tahun bahkan 10 tahun kekuasaan di ujung jari bisa di pakai untuk dakwah ke pedalaman untuk desa terpencil, tapi kenapa itu tidak terwujud, saya husnudzon karena sibuk dengan birokrasi kita tau menjadi kepala daerah itu sibuknya luar biasa dan tidak pernah ada ustadz yang mengarahkan, jadi yang saya salahkan itu adalah kita kenapa kita tak mengarahkannya ke desa pedalaman,” jelas UAS.

Kemudian untuk kedepannya UAS mengajak untuk bersama-sama mengingatkan para pemangku jabatan daerah yang sekarang masih aktif menjabat supaya tidak melakukan kesalahan yang sama lagi.

“Jadi untuk kedepannya karena yang sudah terjadi tidak bisa kita ulang kembali, untuk bupati, wali kota, gubernur dan kepala daerah yang ada sekarang yang masih hidup, belum sakit, belum pensiun dan belum selesai masa jabatannya kita mesti datang menginginkan supaya kita tidak masuk ke dalam lubang yang sama 2 kali,” terang UAS.

Wakil Ketua DPRD Repol dalam wawancaranya menyampaikan terimakasihnya kepada UAS atas kunjungan dan bantuan yang telah diberikan UAS beserta rombongan.

“Terimakasih kepada Tuan Guru Ustadz Abdul Somad atas pembangunan masjid Nurul Azhar nya, terimakasih juga karena telah memboyong rombongan yang cukup besar ke Batu Tilam sehingga bisa meningkatkan UMKM di tengah masyarakat,” ungkap anat jati Kampar Kiri ini.

Kemudian Repol, juga menyampaikan bahwa dari hasil diskusi yang telah dilakukan bersama masyarakat, maka nantinya akan di bangun Madrasah Aliyah (MA) untuk menunjang proses pendidikan di Kecamatan Kampar Kiri Hulu.

“Hasil diskusi kami bersama UAS dan masyarakat, masyarakat menginginkan pembangunan MA yang setara dengan SMA yang insyaallah nantinya akan kita dirikan untuk menunjang pendidikan di Kecamatan Kampar Kiri Hulu ini,” pungkas Repol. (Aldi)

Continue Reading

Kabar Kampar

Pemkab Kampar Kembali Gelar Pasar Murah di Desa Siabu

Published

on

Sejumlah bahan pokok yang dijual Pemkab Kampar yang dijual di Pasar Murah.

Bekawan.com – Penjabat Bupati Kampar H. Hambali di dampingi Kadis Koperasi dan UMKM membuka pasar murah di Desa Siabu sebagai penunjang untuk penurunan angka stunting di Kabupaten Kampar, Senin (10/6/2024).

Hadir pada kesempatan tersebut, Plt. Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kampar Sasminedi Saleh, Camat Salo, Kepala Desa Siabu beserta seluruh perangkat desa, Para tokoh masyarakat dan tokoh agama serta seluruh warga Desa Siabu.

Pj. Bupati Hambali saat membuka pasar murah di Siabu.

Dalam sambutannya, Penjabat Bupati Kampar mengatakan bahwa Pasar murah yang adakan merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Kampar untuk menekan laju inflasi yang sedang terjadi. “Kita semua menyadari bahwa inflasi dapat berdampak langsung terhadap daya beli masyarakat, terutama masyarakat dengan ekonomi menengah ke bawah. Oleh karena itu, pemerintah berkomitmen untuk hadir di tengah-tengah masyarakat guna meringankan beban ekonomi masyarakat,” papar Hambali.

Ia menambahkan, pasar murah ini menyediakan berbagai kebutuhan pokok dengan harga yang lebih terjangkau. dengan harapan warga Desa Siabu dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari tanpa harus merasa terbebani oleh kenaikan harga yang signifikan.

“Kita juga berharap bahwa kegiatan ini tidak hanya menjadi langkah sementara, tetapi dapat berkelanjutan dengan kerjasama yang baik antara pemerintah, para pelaku usaha, dan masyarakat. dengan demikian, kita bisa menciptakan stabilitas ekonomi yang lebih baik di Kabupaten Kampar,” ungkap Hambali.

Ia juga ingin mengajak seluruh masyarakat untuk memanfaatkan pasar murah ini dengan sebaik-baiknya. Kita juga perlu mendukung dan berpartisipasi aktif dalam upaya-upaya pemerintah untuk menurunkan inflasi dan memperkuat perekonomian daerah.

“Dengan bergotong-royong dan saling membantu, kita yakin bisa melewati tantangan ekonomi yang ada, saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penyelenggaraan pasar murah ini. Semoga kegiatan ini membawa manfaat besar bagi kita semua dan menjadi langkah awal untuk menyejahterakan masyarakat Kabupaten Kampar,” pungkas Hambali. (Adv)

Continue Reading

Kabar Kampar

Pj Sekda Ahmad Yuzar Lepas 442 CJH Kloter Pertama Asal Kampar

Published

on

By

Pj. Sekda Ahmad Yuzar bersama CJH Asal Kampar saat acara pelepasan di Islamci Center Bangkinang.

Bekawan.com – Penjabat Bupati Kampar H. Hambali diwakili Pj. Sekda Kampar Ahmad Yuzar secara resmi melepas sebanyak 442 Calon Jema’ah Haji (CJH) asal Kampar yang tergabung dalam Kloter Pertama, Rabu (15/5/2024) pagi.

Ahmad Yuzar saat pelepasan di Markas Islamic Center Bangkinang itu menyampaikan ucapan selamat berangkat ketanah suci mekah kepada seluruh CJH kampar dan mendoakan para tamu Allah Asal Kampar ini selamat dalam perjalanan mulai dari berangkat dari Bangkinang, sampai di tanah suci dan kembali ke Kampar dengan prediket Haji yang Mabrur. Ahmad Yuzar juga meminta doa kepada jemaah agar Kampar menjadi negeri yang aman, maju dan sejahtera.

“Untuk kita ketahui, bahwa musim haji tahun 2024 kabupaten kampar mendapat kuota haji sebanyak 792 Jamah Calon haji. Semoga dari jumlah itu, bisa nantinya melaksanakan ibadah haji dengan sempurna di tanah suci mekah. Kami meminta kepada jamaah haji Kampar agar dapat mendoakan agar kabupaten Kampar menjadi negeri yang maju, aman, sejahtera negeri yang baldatun tayyibatun warabbun ghofur,” pinta Ahmad Yuzar.

Hal senada juga disampaikan Kepala Kementrian Agama Kabupaten Kampar H Fuadi Ahmad, melalui Plt Kepala Bagian Kesra Setda Kampar Syarif, ia juga menjelaskan bahwa CJH kabupaten kampar tahun ini berjumlah 792 orang dengan empat kelompok terbang (Kloter).

“Untuk kloter penuh pada pagi ini diberangkatkan dari Masjid Al-Iksan Markas Islamic Center Bangkinang 16 Mei 2024 menuju Batam, dan dari Asrama Haji Embar Kasih Batam sendiri akan diberangkatkan menuju Arab Saudi pada tanggal 17 Mei 2024,” jelasnya.

Selanjutnya penerbangan kedua kloter 10 pada tanggal 21 Mei 2024 sebanyak 192 CJH yang tergabung dengan CJH Kota Dumai. Kemudian Penerbangan berikutnya pada tanggal 22 Mei dari Bangkinang sebanyak 154 orang yang tergabung dengan CJH Kabupaten Kuantan Singingi, serta penerbangan Kloter campuran ada beberapa orang dari Kampar. (Aa)

Continue Reading

Kabar Kampar

Kadisdikpora Kampar Dampingi Plh. Sekda Buka Turnamen Voli Koto Mesjid

Published

on

Bekawan.com – Penjabat Sekda Kampar Ahmad Yuzar didampingi Disdikpora diwakili Kabid Kepemudaan yang juga Ketua PBVSI Kampar M. Saleh membuka turnamen voli antar suku di Kenegerian Pulau Gadang, Sabtu (13/4/2024).

Walau sudah dipisahkan oleh desa yakni Desa induk Pulau Gadang dan desa pemekaran Koto Mesjid, namun 4 suku di Kenegerian Pulau Gadang yakni suku Domo, Piliang, Pitopang dan Suku Melayu tetap menyatu dan saling menjaga silaturahmi salah satunya melalui olahraga.

“Dengan turnamen ini kita akan lebih mempererat jalinan silaturrahmi antar anak kemenakan dengan Ninik mamak begitu juga antar Persukuan yang ada di Kenegerian Pulau Gadang dengan menjunjung nilai-nilai sportifitas yang tinggi,” ungkap Yuzar saat mewakili Pj Bupati Kampar Hambali, saat membuka acara di Lapangan bola Voli Dusun Pelangi Indah Dusun I Pancuran Bilah Desa Koto Mesjid.

Ahmad Yuzar menyebut Pemkab Kampar sangat mengapresiasi kegiatan lomba olahraga antar suku dalam upaya melestarikan nilai-nilai adat dan budaya ditengah-tengah masyarakat, dalam upaya menjaga dikampung dari nilai yang yang tidak sesuai dengan adat istiadat.

“Selain itu menjadi ajang jalinan silaturrahmi yang lebih erat dan memperkokoh persaudaraan seluruh komponen Masyarakat. Kami berharap turnamen ini dapat digelar setiap tahunnya dan lebih meningkat lagi pelaksanaan Baik tari segi mutu maupun lingkupnya,” pinta Plh. Sekda Kampar Ahmad Yuzar.

Hadir pada kesempatan tersebut Anggota DPRD Riau terpilih H. M. Amal Fathullah, Lc, MA, Pucuk adat Kenegerian Pulau Gadang Syawir Dt. Tandiko beserta Pucuk adat Kenegerian Pulau Gadang, Kepala Desa Koto Masjid Arjunalis dan Kepala mewakili Kepala Desa Pulau Gadang serta para undangan ninik mamak dan anak kemenakan yang memenuhi lapangan bola Voli Koto Mesjid.

Continue Reading

Trending