Connect with us

Kabar Kampar

Hadiri Pengukuhan Bunda Asuh Anak Stunting, ini Kata Kadis PPKBP3A Kampar

Published

on

Kepala DPPKBP3A Kampar Edi Afrizal saat menghadiri pertemuan pengukuhan bunda asuh stunting. Foto : Dir/Bekawan.com

Bekawan.com – Guna percepatan penurunan Stunting di Kabupaten Kqmpar, Ketua Tim Penggerak Persatuan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Riau Hj. Misnarni Syamsuar mengukuhkan Bunda Asuh Anak Staunting Kabupaten Kampar Deswita Kamsol.

Pelantikan tersebut digelar di gedung Serindit Kompleks Gubernur Provinsi Riau di Pekanbaru. Rabu (16/11/2022).

Hadir dalam pelantikan Sekretaris Utama BKKBN Republik Indonesia Tavip Agus Rayanto,Ketua TP-PKK Provinsi Riau Misnarni Syamsuar, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau Mardalena Wati Yulia, seluruh Ketua TP-PKK Kabupaten/Kota se-provinsi Riau dan juga tanpak hadir Kadis PPKBP3A Kampar Edi Afrizal.

Dalam arahannya Gubernur Riau Drs. Syamsuar, M,Si mengatakan target dari Pemerintah Republik Indonesia untuk kasus Staunting di Provinsi Riau adalah 14 persen, dengan dukungan seluruh stakeholder, Ketua TP-PKK Kabupaten, Ikatan Bidan Indonesia dan Kepala Desa, kita optimis kasus Staunting di Provinsi Riau dapat dicapai dibawah 14 persen.

Selanjutnya Gubernur Riau juga menyampaikan kegiatan ini sebagai langkah untuk meningkatkan gizi pada anak-anak yang mengalami masalah dalam tumbuh kembang. Maka dengan begitu, Pemerintah Provinsi Riau melalui Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) memiliki komitmen untuk selalu mencegah anak yang beresiko stunting.

“Semoga stunting ini menjadi langkah baik dan kita semua semakin bersinergi untuk mencegah resiko stunting,” ujarnya.

Selain itu, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau Mardalena Wati Yulia menjelaskan bahwa hal tersebut dapat sebagai upaya penanganan stunting agar penurunan prevalensi stunting dapat dipercepat dan dapat terjadi secara merata di seluruh Provinsi Riau.

“ini sebagai salah satu bentuk komitmen untuk mempercepat penurunan stunting. Karena, pemerintah pun telah menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting,” ucapnya.

Sementara itu Kadis PPKBP3A Kampar Edi Afrizal menyambut baik dengan dikukuhkannya Bunda Asuh Anak Stunting Kabupatrn Kampar,

Selanjutnya, kata Edi Afrizal pengukuhan bunda Asuh Anak Stunting ini akan dilanjutkan ditingkat kecamatan hingga ke desa yang ada di Kabupaten Kampar.

“Ini bertujuan untuk percepatan penanganan dan penurunan Stunting di Kabupaten Kampar,” jelas Edi.

Lanjut Edi, selain pengukuhan bunda Asuh Anak Stunting kita juga menghadiri PKK KB Kes tingkat Provinsi Riau.

“Hal ini untuk membantu BKKBN dalam pelayanan KB terhadap masyarakat, berupa MOP, IUD, MOW, inplant,Suntik dan Pil. Kita berharap kedepannya pelayanan KB ini bisa berjalan baik dan maksimal di Kanupaten Kampar,” tutupnya.

Continue Reading

Kabar Kampar

Bahas Kesiapan Kampar Tuan Rumah HKIN 2023, Kamsol Jumpai Ketua KI Pusat

Published

on

Pj. Bupati Kamsol didampingi Ketua KI Pusat saat diskusi terkuat HKIN

 

Bekawan.com – Penjabat (Pj) Bupati Kampar Dr. Kamsol, MM melakukan kunjungan kerja dan silahturahmi dengan Ketua Komisi Informasi Pusat (KIP) Republik Indonesia Donny Yoesgiantoro di ruang rapat kantor KI Pusat lantai 9 Wisma BSG Jalan Abdul Muis No 40. Gambir Jakarta, Kamis (26/1/2023).

Kunjungan Bupati Kamsol didampingi Pengurus KIP Provinsi Riau ini juga dihadiri Asisten I Bidang Pemerintahan Ahmad Yuzar, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Kampar Yuricho Efril, Kabag Kerjasama Zaki Helmi, Kabid infratruktur dan kewilayahan Ridwan, Subkor Perhubungan dan Kominfo BAPPEDA Kabupaten Kampar Herman Joni dan Kabag Protokol Irwan AR.

Dalam kesempatan itu, Pj. Bupati Kampar menyampaikan kunjungan dan silahturahmi kali ini dalam rangka menunjukkan bahwa Kabupaten Kampar siap menjadi tuan rumah pelaksanaan peringatan Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HKIN) tahun 2023. Direncanakan pelaksanaan perhelatan HKIN ini digelar pada April 2023 mendatang.

“Pemerintah Kabupaten Kampar mendukung dan siap mensukseskan agenda Nasional ini,” ujar Kamsol didampingi Ketua KI Riau Zufra Irwan.

Menurut Bupati dengan adanya kegiatan nasional ini akan banyak keuntungan dan kemajuan yang didapat oleh daerah, diantaranya adalah kemajuan di bidang keterbukaan informasi dan pariwisata, sosialisasi pemilu dan sebagainya.

Pj. Bupati Kampar juga berharap kegiatan ini nanti bisa dihadiri oleh Bapak Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan para Menteri . “Harapan kita Bapak presiden bisa menghadiri kegiatan ini,” harap Bupati.

Ketua KI Pusat Donny Yoesgiantoro pada kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi kepada Bupati Kampar Kamsol yang begitu peduli dengan keterbukaan informasi,” kita bangga dengan semangat pak Bupati ini yang langsung hadir pada kesempatan ini,” ujar Donny.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini akan mampu menyebarkan virus keterbukaan informasi di daerah. Kemudian dengan ditunjukkannya Kampar sebagai tuan rumah juga diharapkan Kampar bisa membentuk KI Kabupaten pertama di Sumatera.

Continue Reading

Kabar Kampar

Pj. Bupati Kamsol Resmikan Gedung UGD 24 Jam Puskesmas Kuok

Published

on

PJ. Bupati Kampar Dr. Kamsol memotong Pita diacara peresmian Gedung UGD Puskemas Kuok. Foto:Kom/Belawan com

Bekawan.com – Pj.Bupati Kampar, Dr.H Kamsol meresmikan Gedung UGD 24 jam Puskesmas Kuok Kecamatan Kuok, Rabu (25/1/2023), selain peresmian UGD Puskesmas Kuok yang ditandai dengan penandatanganan prasasti, dalam kesempatan tersebut Dr Kamsol juga meresmikan  Elektronik Jaring Pengaman Stunting (e-JPs).

Dikatakan Kamsol, dengan dibangunnya UGD yang baru ini, dirinya berharap kedepan Puskesmas Kuok akan terus meningkatkan pelayanan kesehatan untuk masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, Kamsol juga memberikan apresiasi kepada Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Kampar dalam penurunan stunting di Kampar. Kamsol juga menjelaskan bahwa kampar telah mengalami penurunan angka stunting, bahkan telah mendapat apresiasi langsung dari Presiden RI Joko Widodo.

“Dalam penurunan angka stunting ini, Pemda kampar telah menggandeng lebih kurang 200 perusahan yang tergabung dalam Forum CSR sebagai orang tua asuh pencegahan stunting,” jelasnya.

Selanjutnya terkait e-JPs, Mantan Kadisdik Riau ini juga mengapresiasi aplikasi tersebut, bahkan ia menjelaskan bahwa setiap Puskesmas harus siapkan satu orang operator, karena melalui aplikasi ini akan memudahkan dalam memantau pelaksanaan pemberian dan pembuatan Makanan Tambahan (PMT) dari komoditi lokal, dan Puskesmas dapat memastikan setiap ibu hamil Kekurangan Energi Kronik (KEK ) dan Balita gizi kurang dapat di intervensi.

Selain itu, sesuai dengan tema hari gizi nasional Ke-63, ” Isi piringku kini kaya protein hewani”, protein hewani cegah Stunting”. Maka Dr. Kamsol juga berharap agar masyarakat mulai menjaga pola makanan bergizi seimbang mulai dari kandungan.

“Kami sangat mengapresiasi  petugas kesehatan dan seluruh elemen yang terkait atas penurunan stunting, terus tingkatkan pelayanan kesehatan bayi, apalagi dengan menggunakan aplikasi kita dapat melakukan pemantauan setiap hari,” pesan Kamsol.

Ia juga menghimbau untuk dapat memanfaatkan Pekarangan untuk menanam makanan lokal, umbi-umbian, sayur-sayuran dan peternakan maupun perikanan untuk memenuhi gizi keluarga, karena untuk pemenuhan tidak perlu mahal, ini juga untuk membentuk ketahanan pangan.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau yang diwakili Kasi Promkes Rozita SM,  dalam arahannya menyampaikan apresiasi kepada Pemda Kampar termasuk Puskesmas Kuok sendiri.

Sebab dalam aksi bergizi pada Oktober 2022 yang lalu, kampar bersinar ditingkat Nasional dengan menerima Penghargaan dari Kementrian Kesehatan. Selain itu, dalam Aksi Ibu Hamil Sehat, Puskesmas Kuok Kabupaten Kampar juga sukses juara III Nasional.

Kadiskes Kampar Zulhendra Das’at didamping Kapus Kuok dr Rita Anggraini, Zulhendra juga menjelaskan bahwa data anak stunting di kampar sesuai data TPPS berjumlah 880 anak, kemudian di validasi menjadi 162 anak stunting.

Continue Reading

Kabar Kampar

Wakil Ketua DPRD Kampar Fahmil, Dt. Sati Nan Tuo Ikut Dilewakan Gala di Milad IKLA Riau

Published

on

Wakil Ketua DPRD Kampar Fahmil, SE, ME Datuak Tuo Nan Sati diacara Milad IKLA Riau.foto : Di/Bekawan.com.

Bekawan.com -Wakil Ketua DPRD Kampar Fahmil, SE, ME Datuk Sati Nan Tuo ikut Dilewakan Gala atau memperkenalkan gelar baru Datuak atau Ninik Mamak dalam acara Peringatan hari lahir (Yaumul Milad) ke-22 Ikatan Keluarga Luhak Agam (IKLA) Provinsi Riau Gedung Olah Raga (GOR) Tri Buana, Jl Dipotong, Pekanbaru, Sabtu (21/1/2023). Selain Fahmil Datuak Sati Nan Tuo, dalam acara juga diperkenalkan gelar baru Sekjen IKMR Provinsi Riau Marjoni Hendri Angku Rajo Mangkuto.

Sementara itu, Puncak Ulang Tahun IKLA Riau ditandai dengan pemotongan ayam singgang oleh Ketua Umum IKLA Riau H. M. Hanafi. Lalu, potongan ayam tersebut diserahkan kepada Aristo, Bupati Agam, Sekda Bukittinggi, Asisten II Kota Pekanbaru, Prof Alaidin Koto dan Anggota DPRD Riau Makarius Anwar.

Ketua Umum IKLA Riau Hanafi mengatakan momen Milad dijadikan untuk mengevaluasi jalannya organisasi sosial kemasyarakatan ini. Apakah sudah sesuai dengan yang diinginkan ketika organisasi ini lahir atau belum.

“Namun yang pasti, IKLA Riau terus berbenah dan mengembangkan organisasi ke kabupaten/kota, bahkan kecamatan. Organisasi sayap seperti Bundo Kanduang, Panglimo Agam lain-lain juga digiatkan,” ujarnya.

Hadir sebagai tamu jemputan Bupati Agam, Andri Warman. Sekda Kota Bukittinggi Martias Wanto, Asisten II Setda Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut, dan Mantan Bupati Agam Aristo Arismunandar, yang juga pendiri IKLA Nusantara.

Hadir juga pendiri IKLA Riau Asrizal Amir, Dewan Pembina IKLA Riau Marjoni Hendri dan Fendri Jaswir dan Dr. dr. Zulmaeta, Ketua Dewan Pakar IKLA Riau Prof. Alaidin Koto. Selain itu, Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Riau Auni M. Noor dan pengurus, serta pengurus paguyuban Minang lainnya.

Continue Reading

Trending