Connect with us

Kabar Kampar

Gandeng Disdik, Bunda Paud Kampar Buka Workshop Penyusunan Silabus MPLS

Published

on

Bekawan.com – Bunda Paud Kabupaten Kampar Ricana Djayanti Hambali bersama Forum Paud Kabupaten Kampar yang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kepemudaan Dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kampar laksanakan giat Workshop Penyusunan Silabus Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Bagi Guru Paud Dan SD Kelas Awal se-Kabupaten Kampar yang dilaksanakan di Balai Bupati Kampar, Sabtu (8/6/2024)

Kegiatan ini dinilai wajib dilaksanakan mengingat pentingnya mengasah dan menjaga kemampuan pondasi yang harus dibangun pada masa transisi PAUD-SD Kelas awal.

“Disinilah banyak letak miskomunikasi antara pengajar, peserta didik dan para wali murid dan akan menyebabkan masalah yang lebih serius di masa-masa selanjutnya.”ujar Ricana saat memberikan sambutan.

Ikut hadir dalam pembukaan Workshop ini Kepala Dinas Dikpora Kabupaten yang diwakilkan kepada Kabid PAUD Mariani yang juga bertindak selaku narasumber, dan Taufiq Wahyudisyah, SPd. M.Si Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Paud dan PNF yang juga selaku Ketua Pelaksana kegiatan ini.

“Workshop ini kita laksanakan agar Para pendidik PAUD dan SD dapat mengenal lebih dalam tentang target perubahan perilaku yang ingin dicapai melalui gerakan Transisi PAUD ke SD yang dimulai pada Tahun 2023 lalu dan dapat lebih mengerti untuk memaknai penguatan Transisi ini sebagai bentuk pemenuhan hak anak” kata Ricana saat menyampaikan pengarahannya,” beber Bunda PAUD Kabupaten Kampar ini.

Ia memaparkan bahwa Kemampuan pondasi kesiapan peralihan Paud ke SD sangat masuk akal dengan merancang kegiatan yang tidak menimbulkan beban bagi murid.

Pembelajaran yang tidak hanya sekedar menghafal dan tidak mengunakan tes Asesmen tertulis yang berpotensi menimbulakan stress murid pada saat memulai memasuki jenjang SD, karena tidak semua anak mengikuti PAUD sebelum masuk kejenjang SD ini. Namun demikian setiap anak berhak mendapatkan pembinaan pondasi.

Dijelaskannya bahwa Ada enam pondasi yang perlu dikembangkan terlebih dahulu sebelum anak diperkenalkan konsep atau keterampilan yang lebih kkomplek. Program masa PAUD-SD ini merupakan program pemerintah ,sebagai upaya penguatan karakter Profil Pelajar Pancasila di awal sekolah jenjang SD.

“Secara sederhana, MPLS dapat diartikan sebagai sebuah kegiatan yang diselenggarakan oleh sekolah dalam rangka memperkenalkan para siswa baru terhadap semua hal yang berhubungan dengan sekolah. Perkenalan yang dilakukan tersebut tidak hanya sebatas antar siswa baru saja atau hanya dengan kakak kelas saja, namun juga disertai oleh pengenalan terhadap guru-guru di sekolah tersebut dan juga komponen-komponen lainnya” terang Ricana.

Peserta Workshop ini diikuti sebanyak 100 orang guru dari 21 Kecamatan di Kabupaten Kampar, yang terdiri atas guru PAUD dan guru SD dan semua peserta akan diberi sertifikat.

Kegiatan Workshop ini juga mendatangkan narasumber dari BPMP Provinsi Riau yaitu Lelik Hidayati, S.Sos, MM dan Dr. Molly Wahyuni, S.Si, M.Pd yang juga merupakan Sekretaris di Forum Pauda Kabupaten Kampar.

 

Kabar Kampar

DPRD Kampar Gelar Paripurna Laporan Banggar Terhadap Ranperda Pertanggungjawaban APBD 2023

Published

on

Ketua DPRD Kampar M.Faisal didampingi Wakil Ketua dan Pj. Bupati Hambali.

Bekawan.com – Dewan Kampar menggelar Paripurna dengan Agenda Laporan Badan Anggaran terhadap Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan Tahun Anggaran APBD 2023 yang pimpin langsung Ketua DPRD Kampar, M. Faisal, Rabu (19/6/2024).

Dalam Rapat paripurna, Faisal menyampaikan pentingnya laporan pertanggungjawaban ini sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas pemerintah daerah kepada masyarakat. Ketua DPRD juga menekankan bahwa evaluasi terhadap pelaksanaan APBD 2023 menjadi acuan penting untuk perencanaan dan pengelolaan anggaran di tahun-tahun berikutnya.

Dalam rapat paripurna tersebut, juru bicara Badan Anggaran DPRD Kabupaten Kampar IIb Nursaleh memaparkan laporan mengenai pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2023, “laporan ini mencakup berbagai aspek, mulai dari realisasi pendapatan daerah, belanja daerah, hingga pembiayaan yang telah dilakukan selama tahun anggaran berjalan,” papar Iib.

Dalam laporannya, Ketua Badan Anggaran juga mengapresiasi pencapaian positif yang telah diraih namun juga menggarisbawahi beberapa catatan dan rekomendasi untuk perbaikan di masa mendatang.

Sementara itu, Pj. Bupati Kampar Hambali dalam pidatonya menyampaikan terima kasih atas kerja keras seluruh anggota DPRD dan jajaran pemerintah daerah dalam pelaksanaan APBD tahun anggaran 2023.

“Kami atas nama pemerintah Kabupaten Kampar dengan hati yang tulus mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada Ketua DPRD, Wakil Ketua dan seluruh anggota DPRD Kampar yang terhormat, semoga upaya yang telah dilaksanakan menjadi amal ibadah untuk kita semua,” ucap Hambali.

“Kami berharap kerjasama yang telah dibangun selama ini dapat ditingkatkan sehingga pembahasan Ranperda Perubahan APBD tahun anggaran 2024 dan Ranperda APBD tahun anggaran 2025 dapat kita selesaikan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan,” pungkasnya.

 

 

 

 

 

 

Continue Reading

Kabar Kampar

Pj. Bupati Hambali Sembelih Langsung Hewan Qurban Miliknya

Published

on

PJ. Bupati Hambali menyembelih langsung qurban miliknya di rumah dinas.

Bekawan.com – Penjabat Bupati Kampar Hambali menyembelih sendiri hewan qurban miliknya seekor kerbau seberat 750 Kg di Halaman Parkiran Rumah Dinasnya, Selasa (18/6/2024) disaksikan langsung Pj. Ketua TP-PKK Kampar Ricana Djayanti.

Untuk ketiga kalinya, pada Idul Adha 1445 H kali ini Pj. Bupati Kampar turun langsung sebagai penyembelih hewan Qurban yang merupakan Qurban dirinya beserta keluarga, yang merupakan bentuk ketaatan kepada perintah Allah SWT dan kepedulian antar sesama terhadap masyarakat.

Hambali mengatakan Idul Adha 1445 H kali ini telah menyerahkan beberapa ekor hewan Qurban berupa kerbau yang masing-masing berbobot 1 ton dan 750 Kg. Hewan Qurban dari Pj. Bupati Kampar beserta keluarga ini diketahui merupakan ternak terbaik dari usaha ternak Ocu Bakar yang mana hewan tersebut menurut informasi didatangkan dari Kabupaten Kuantan Singingi dan Kecamatan Kampar Kiri.

“Ada dua hal yang patut diambil dalam kegiatan Hari Raya Idul Adha ini, Yang pertama adalah ikhtiar berkurban dan melaksanakan rukun Islam kelima yaitu ibadah haji, dua hal itu dimaknai sebagai satu hal yang tercermin dalam kehidupan sehari-hari. Menjadi pedoman hidup untuk terus berikhtiar dalam beribadah. Juga dalam melaksanakan segala perintah dan menjauhi segala larangan Allah SWT” ungkap Hambali.

Pj. Bupati Kampar beserta Pj. Ketua TP PKK Kabupaten Kampar juga menggelar makan bersama dengan mengundang semua organisasi yang bernaung di bawah kepemimpinan PJ Ketua TP PKK Kabupaten Kampar seperti TP PKK Kabupaten Kampar, LK2S Kabupaten Kampar dan lainnya sebagai bentuk terpeliharanya silahturahmi antar sesama anggota organisasi. (Ade)

Continue Reading

Kabar Kampar

Pj. Sekda Kampar Silaturrahmi dengan Masyarakat Desa Sibiruang 

Published

on

PJ. Sekda Ahmad Yuzar saat bersilaturahmi dengan warga Sibiruang.

Bekawan.com – Penjabat Sekda Kampar Ahmad Yuzar didampingi Camat Koto Kampar Hulu Ahmad Begab silaturahmi dengan Masyarakat Desa Sibiruang Kecamatan Koto Kampar Hulu dalam suasana Hari Raya Idul Adha, Senin (17/6/2024).

Dalam Sambutan Pj. Sekda menyampaikan bahwa Hari Raya Idul Adha adalah momen yang penuh makna dan hikmah. “Ini adalah waktu dimana kita diajak untuk mengingat dan meneladani keteguhan iman Nabi Ibrahim AS dan kesabaran Nabi Ismail AS, semangat pengorbanan dan keikhlasan ini hendaknya menjadi contoh dalam kehidupan kita sehari-hari,” paparnya.

Dalam kesempatan tersebut Ahmad Yuzar mengajak masyarakat untuk mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama, serta menjadikan momen Idul Adha sebagai waktu untuk saling berbagi dan peduli, terutama kepada mereka yang membutuhkan.

“Saya juga ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh panitia dan masyarakat Sibiruang Koto Kampar Hulu yang telah bekerja keras sehingga acara ini dapat terselenggara dengan baik. Kebersamaan kita hari ini merupakan wujud nyata dari semangat gotong royong dan persatuan,” paparnya.

Ia juga berharap silaturahmi yang terjalin tidak hanya berhenti momen lebaran Idul Adha saja, tetapi dapat terus terjalin dengan erat di masa-masa yang akan datang, “mari kita bersama-sama membangun Kabupaten Kampar yang lebih baik, sejahtera, dan berkeadilan,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Ahmad Begab mengucapkan terimakasih kepada Pj. Sekda yang sudah hadir ditengah-tengah masyarakat Sibiruang Kecamatan Koto Kampar Hulu. (Aa)

Continue Reading

Trending