Connect with us

SOSOK

Perjuangan Aulia Rizqo: Dari Pinjam Laptop Untuk Seleksi hingga Mendapatkan Beasiswa PHR

Published

on

Aulia Rizqo salah seorang penerima Beasiswa PHR. Foto : Rls

Bekawan.com – Ketekunan, keberanian, dan semangat tak kenal lelah Aulia Rizqo, seorang siswa lulusan SMA Negeri 1 Rambah, Rokan Hulu, membawanya meraih mimpi yang tak pernah ia duga sebelumnya. Kabar bahagia sebagai salah satu penerima Program Beasiswa Prestasi Program Sarjana (S-1) PT. Pertamina Hulu Rokan (PHR) tahun 2023 telah merubah hidupnya. “Saya bahagia dan terharu sekali. Saya dan ibu sempat menangis saat diberi tahu. Akhirnya perjuangan panjang tercapai,” kata Aulia.

“Saya sangat bersyukur dapat lolos jadi penerima beasiswa. Sejak awal saya ingin sekali meringankan beban kedua orang tua,” tuturnya. Prestasi itu pun tak datang dengan mudah bagi Aulia. Pendidikan hingga perguruan tinggi merupakan tekad bulatnya, namun ia sadar bahwa beban finansial keluarganya tak mudah. Dengan gigih, ia mengikuti seleksi program beasiswa PHR, tetapi tantangan tak terelakkan muncul.

Aulia terpaksa harus berjuang keras agar bisa mengikuti tes TPA karena ia tidak memiliki laptop. “Saya harus pinjam sana-sini agar bisa ikut tes TPA,” ia bekisah. Bahkan, untuk menghadapi tahap wawancara tatap muka di Pekanbaru, Aulia dan keluarganya harus berusaha mendapatkan pinjaman mobil agar ia bisa mengikuti proses seleksi. “Orang tua harus cari pinjaman mobil agar saya bisa ikut tes wawancara,” tukasnya. Semangatnya yang besar melebihi segala rintangan yang datang, membuatnya berhasil lolos bersaing dengan ribuan peserta dan menjadi salah satu dari sepuluh penerima beasiswa PHR.

Keberhasilan Aulia tak lepas dari dedikasinya dalam prestasi akademik dan organisasi siswa di SMA. Dia selalu berada di peringkat sepuluh besar selama di SMA, aktif di OSIS, bahkan pernah menang dalam lomba baris berbaris dan menjadi anggota Paskibraka. Dalam dunia akademiknya, “Sejak sekolah saya senang dengan Fisika. Jurusan Teknik Elektro sangat luas termasuk berkaitan dengan kelistrikan. Di mana kita tahu listrik adalah sumber energi bagi kehidupan,” katanya, yang akhirnya membentuk tekadnya untuk memilih Jurusan Teknik Elektro di Universitas Pertamina.

Kini, mimpi Aulia menjadi kenyataan. Dengan beasiswa dari PT. PHR, ia bisa mengenyam pendidikan di Universitas Pertamina dan mengambil Jurusan Teknik Elektro yang sesuai minatnya. Dia berjanji untuk terus mengembangkan potensinya, bahkan meraih prestasi sebanyak-banyaknya selama perkuliahan.

Sepuluh putra dan putri terbaik Riau telah terpilih untuk mendapatkan Beasiswa Prestasi Pertamina Hulu Rokan. Beasiswa Prestasi PHR memberikan beragam manfaat selama menjalani kuliah. Para penerima akan mendapatkan bantuan biaya pendidikan SPP/UKT, biaya hidup dan dukungan lainnya serta biaya program pengembangan kapasitas dan Aksi Sobat Bumi.

“Program Beasiswa Prestasi PHR ini merupakan wujud komitmen PHR bersama Pertamina Foundation untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Riau dalam mencetak generasi pemimpin masa depan yang berdaya saing,” kata Corporate Secretary PHR WK Rokan Rudi Ariffianto.

Kisah inspiratif Aulia Rizqo mengajarkan kita tentang keteguhan, semangat, dan kesungguhan dalam meraih impian, bahkan ketika dihadapkan pada berbagai rintangan. Semoga prestasinya menjadi pemicu semangat bagi generasi muda lainnya untuk meraih cita-cita dan menginspirasi dunia dengan prestasi mereka. (Rls)

Hiburan

Raih Suara Terbanyak, Komedian Komeng: Saya Lagi Ngopi di Senayan

Published

on

Komedian Komeng. Foto : IG_komengoriginal

Bekawan.com – Fenomena ikutnya Komedian Komeng di Pemilihan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Dapil Jawa Barat cukup menyita perhatian publik, mulai dari foto dirinya yang unik hingga meraih suara terbanyak.

Selain fenomena “suprise” karena tidak terdengar berkampanye, kemudian muncul di surat suara dengan foto unik, pemilik nama lengkap Alfiansyah Bustami ini juga berhasil mengocok perut netizen usai dugaan screenshot WA-nya dengan komedian Cing Abdel, dalam tangkapan layar obrolan Aplikasi WhatsApp itu, Abdel mengucapkan selamat atas banyaknya warganet yang ngaku milih Komeng.

Penampakan foto Komeng di surat suara DPD Dapil Jabar.

“Buset, gw nanya Twitter banyak yg milih lo pak, semoga beneran masuk Senayan, amin ,” tulis Abdel di pesan WA-nya ke Komeng.

Pesan itu langsung dibalas Komeng, “ini ane udah di Senayan Pa, Didaerah Patal, ngopi, Biar deket klo ada panggilan,” jawabnya.

Sontak postingan Cing Abdel di akun IG nya mendapatkan banyak komentar netizen. “Komeng menang, gedung DPR makin lawak,” komen galih mung*ar*n.

*Gimana guys.. bisa bayangkan gak gimana nanti tindak tanduk Komeng saat rapat di Senayan??!😅😅

Continue Reading

Kabar

Pj. Bupati Kampar Hambali, Tunjuk Drs. H. Yusri Sebagai Plh Sekda Kampar

Published

on

Drs. Yusri, MSi Dt. Bandaro Mudo

Bekawan.com – Penjabat Bupati Kampar Hambali menunjuk Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Setda Kabupaten Kampar Drs. H. Yusri Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kampar, Kepastian itu berdasarkan Surat Keputusan Penjabat Bupati Kampar No. 800.1.11.1/BKPSDM-MP/227 yang ditandatangani Hambali.

Penunjukan Mantan Sekda Kampar itu sebagai Plh Sekda dilakukan setelah Hambali yang sebelumnya menjabat sebagai Sekda devenitif dilantik sebagai Pj Bupati Kampar pada 22 Desember 2023 oleh Gubernur Riau.

Kabar penunjukan Ketua Lembaga Adat Kampar (LAK) Drs. Yusri sebagai Plh. Sekda juga dibenarkan Kepala BKPSDM Kampar Sarifuddin.

” Ya benar, Staf Ahli Bupati Kampar Drs Yusri, M. Si di tunjuk sebagai Plh Sekda Kampar oleh Pj Bupati Kampar terhitung sejak tanggal 22 Desember 2023 sesuai dengan SK yang sudah di keluarkan” terangnya.

 

Continue Reading

SOSOK

Sekda Kampar Dikukuhkan Sebagai Pengurus Forsesdasi Komwil Riau Tahun 2023

Published

on

Bekawan.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Hambali dikukuhkan sebagai Pengurus Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Forsesdasi) Komisariat Wilyah (Komwil) Kabupaten /Kota se-provinsi Riau tahun 2023.

Hadir dalam pengukuhan Forsesdasi Provinsi Riau diantaranya Sekretaris Jenderal Kemendagri DR. H. Suhajar Dewantoro, M, Si, Plt. Gubernur Riau yang diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Riau SF Haryanto, seluruh Sekretaris Daerah Provinsi Riau. Kegiatan itu digelar di Ballroom Hotel Grand Elite Pekanbaru, Jumat (24/11) untuk Ketua umum Forsesdasi dijabat oleh Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Indra Pomi.

Sekretaris Daerah Kampar Hambali yang menjabat Bidang Hukum dan Politik Forsesdasi ketika ditemui usai dikukuhkan menjelaskan bahwa Komisariat Wilayah Firsesdasi Provinsi Riau telah dibentuk melalui Rapat Pembentukan Pengurus Komwil Forsesdasi Provinsi Riau.

“Hambali melanjutkan Rapat pembentukan itu dilaksanakan pada 13 Juli 2022 yang lalu dan telah ditetapkan dengan Surat Keputusan Gubernur Riau selaku Dewan Pengawas Provinsi Riau, tentunya dengan organisasi baru ini dapat memperjuangkan kepentingan yang berkaitan tugas dan fungsi selaku Sekretaris Daerah untuk mewujudkan kemajuan dan kepentingan Kampar sendiri serta menjadi komunikasi yang efektif dalam membangun daerah,” papar Hambali.

Pengukuhan Sekda Hambali. Foto : Prodokpim

Dalam arahannya Sekretaris Jenderal Kemendagri DR. H. Suhajar Dewantoro, M, Si, menyampaikan Pengurus Komisariat Wilayah Forum Sekretariat Daerah Seluruh Indonesia (Forsedasi) dibentuk sebagai wadah strategis bagi seluruh Sekretaris Daerah berpartisipasi aktif dalam perumusan kebijakan nasional yang terkait dengan pemerintahan daerah, sekaligus menjadi sarana saling bertukar pengalaman dan bertukar Informasi dalam rangka melaksanakan Visi Misi Kepala Daerah.

Ia juga menambahkan sebagai kepala daerah kebijakan dan program- programnya, DR. H. Suhajar Dewantoro, M, Si, juga mengungkapkan bahwa yang utama tugas Sekda salah satunya adalah merumuskan dan menjamin terlaksananya kebijakan kepala daerah, artinya kebijakan program-program yang sifatnya politis

“Itu dirumuskan ke dalam langkah kerja konkrit di birokrasi, tentu ini sangat sinergi yang kuat kepala daerah baik Gubernur, Bupati / Walikota kedepan. Sekalipun kita tahu 2024/ 2025 ini adalah masa transisi untuk Pilkada, tetapi siapapun pejabat ataupun yang masih mengemban itu tentunya ini berkontribusi terhadap kebijakan – kebijakan kepala daerah di daerah masing- masing dan juga secara umum Kaltim,” ungkapnya. (Pan)

Continue Reading

Trending